Visitor Keramik88


View My Stats

Grosir PIN

PIN

Mesin Press Kaos & MUG

Flat-Heat-Press-Machine-CE

Slider

[cycloneslider id="slider1"]

About

Tentang saya?

Nama saya Frans Hartanto, lulusan Seni Rupa IKIP negeri Surabaya lulusan th. 1978

Keramik adalah salah satu mata kuliah di Seni rupa. Kebetulan adik saya menawarkan kerja di pabrik keramik SAKI ( pengembangan dari pabrik keramik JOYOLUMINTU ), bersama-sama melukis keramik. Sejak itu saya tidak bisa lepas dari Keramik.  di pabrik piring IKI Mutiara saya sebagai plant manager selama 20 tahun, di PT. Kaibon Indah sampai sekarang hampir 10 tahun, sebagai plant manager. Jadi pengalaman saya di bidang Keramik sudah hampir 35 tahun.  Setelah saya mengenal internet, belajar membuat web, pengalaman saya selama itu rasanya sayang bila terpendam. Saya berharap dengan saya menulis di website, saya bisa belajar lebih banyak mengenai keramik, mungkin ada teman-teman yang bisa tukar pengalaman, atau menanyakan masalah dibidang keramik, sehingga memori saya bisa di refresh.

Saya berharap ada yang mengkritik, atau membetulkan kalau ada yang salah, agar website ini bisa berguna bagi orang lain.  Mungkin kalau ada ide bisa ditulis di bagian komentar, saya akan masukkan kedalam postingan saya dari sumber anda misalnya sumber dari nama anda, alamat email anda dsb.

Terima kasih bila ada yang mau urun rembug atau tukar pikiran.




80 Responses to About

  • Anonymous says:

    Salam kenal Bp. Handoyo, bisakah bapak kirim contohnya? untuk saya test di laboratorium kami? tidak perlu yang baru, yang rusak juga boleh.

  • Yul says:

    Salam Kenal pak Frans.
    Saat saya membaca buku membuat clay (tanah liat) dari tepung, saya tertarik membuat USA harga relatif cukup mahal dan proses pembuatannya, setelah dibentuk lalu dibakar 10 menit dengan suhu 150 derajat celcius. Sebenarnya clay ini terbuat dari apa ya pak ? Bisakah kita membuatnya untuk, seperti halnya clay dari tepung kue ?.
    Sekian dulu pak Frans terima kasih atas infonya dan website cukup menarik.
     

    • keramik88 says:

      Terima kasih anda berkunjung di blog saya, clay memang tanah liat. seperti tanah liat sawah, lempung dsb. tetapi papaer clay dibuat menggunkan tanah liat putih, bisa juga memakai kaolin ( berwarna putih ) . Pada prinsipnya adalah plastis, liat. Karena prinsipnya liat, bahan apa saja bisa dibuat untuk papaer clay termasuk dari tepung. Pertama larutkan dulu tepung tapioka ( kanji ) . 500 ml ( 500gr ) air dicampur tepung kanji sebanyak 50 gram, diaduk merata, panskan diatas komnpor diaduk terus, sampai pasta tampak transparant ( bening), diangkat, dinginkan, campurkan dengan tepung terigu. kalau akan disimpan lagi tambahkan pengawet makanan, dan tutup rapat dengan plastik. Cara mencampur, pasta kanji diambil secukupnya, campurkan tepung terigu sampai kenyal, dan mudah dibentuk, tidak harus dipanasi 150C, cukup keringkan dan supaya tidak menjamur, setelah diwarna dengan warna air, atau acrilyc, lapisi dengan varnis supaya terlihat menkilap seperti keramik.

      • Yul says:

        Terima kasih atas jawabannya pak.
        Bagaimana dengan produk dari Marie Segal yang dibuat dari clay ? Apakah produk ini kira-kira dari clay tepung  ? Saya ingin membuat produk dari clay untuk sovenir dan asesories seperti di Web marie clay yang bapak postingkan gambarnya di web ini. Cantik dan sangat menarik. Adakah bahan lainnya ? Terima kasih ya pak atas infonya.

        • keramik88 says:

          Marie Segal memakai polymer clay, cara membuatnya sudah saya posting di cara membuat paper clay, coba cari deh. yang diterangkan disana, cara membuat hiasan bunga itu dari polymer clay, sekarang bisa mbak download di http://keramik88.com/free-ebooks. dengan bahan tepung mestinya juga bisa seperti itu, tetapi tidak tahan terhadap air, dan lebih rapuh. Tetapi tidak ada jeleknya mencoba, dan mencoba.

  • Andrie says:

    mas..handoyo
    Saya ada keramik selama ini saya beli dari australia..fungsinya sebagai cetakan, dimasukkan ke furnace suhu 1000-1010 derajat celcius..mohon petunjuk tempat pembuatan keramik di indonesia
    Best Regards
    Andrie

  • Yul says:

    Maaf ya masih mau nanya lagi.
    Bahan clay / kaolin beli dimana ya ?
    Paper Clay ini perlu  pembakaran ?
    Sekian dulu ya pak lain kali disambung lagi.
    Terima kasih banyak atas respon dan informasinya.

    • keramik88 says:

      Nanti saya posting tempat jual clay dan kaolin. atau anda bisa lihat ebook saya ( anda sudah download?) disana ada alamatnya. Paper Clay tidak perlu dibakar, udah kuat asal memakai cara saya yang sudah saya posting, coba di search ” paper clay “

  • Yul says:

    Pak Hans Mau nanya lagi.
    Saya dapat resep dari internet, yang istilahnya bagi pemilik resep “Porselen Dingin” :
    -A Teflon pot. To be used only for this intention
    -A wooden spoon. To be used only for this intention
    -250ml lydiacol
    -150gm corn starch
    -2tsp estearine
    -1tsp Vaseline
    -A pinch of citric acid This is very delicate ingredient, so it must be really very little, but it must be. If you put to much, the clay will turn very dry.
    -1tsp porcelanizador. It makes the clay more opaque, white and translucent to make the flowers.
    -1tsp liquid parafine
    -1tsp nivea cream
    -2tsp hot water in order to dilute the estearine.
    Semua bahan di masak dengan api kecil selama 30 s/d 60 menit.
    Yang igin saya tanyakan :
    -porcelanizador itu apa ya ?
    – Dimana kita bisa membelinya ?
    Terima kasih banyak pak Hans.

    • keramik88 says:

      porcelanizador, mungkin artinya seperti porcelain. Cold porcelain bahan dasarnya tepung jagung atau maizena.
      Maizena dicampur dengan lem, pengawet, krim waterbase seperti Nivea ( untuk wanita). tunggu artikelnya, ya?
      Terima kasih atas masukkannya

  • Hariyadi says:

    Pak handoyo maaf nih mau nanya: Saya bergerak dlm bidang home industri memproduksi papan2 u.lisplang dan pagar2 rmh minimalis dari bahan keramik.Bahan yg kami pakai adalah 1.Clay 2.Magnesium Chloride 3. (saya tdk tau nama bahannya) berupa serbuk berwarna putih. Proses produksinya tidak perlu pembakaran dan pengeringannya cuma di-angin2 kan saja.Sekarang ini saya kesulitan memproduksi karena tdk mendapatkan pasokan bahan dari pemasok tunggal. Yang ingin saya tanyakan : 1.Sebenarnya jenis keramik apa yg menggunakan bahan2 yg kami sebutkan diatas ? 2. Nama bahan no.3 itu apa ? 3.Dimana saya dapat membeli bahan2 tsb diatas ? terima kasih pak atas perhatiannya

    • Saya sudah membalas email anda, kalau tidak ada tolong dibuka folder spam. Kalau masih belum ada, tolong email ke admin@keramik88.com.
      Tetapi saya jawab disini: 1. Magnesium Cloride adalah bahan untuk mengentalkan bahan campuran, dan membuat campurannya tahan terhadap perubahan panas. 2. Clay adalah bahan pengikat, dan mengeraskan campuran kalau kering, sedang bahan ke 3. kemungkinan Aluminium Oxide, Alumina, atau kaolin, yang membuat plat tahan panas dan tidak mudah pecah kalau dibakar.
      Semoga bisa membantu

  • Hariyadi says:

    terima kasih pak atas penjelasan bpk semoga dpt menjadikan masukan berguna bagi saya.Tapi pak dimana saya dapatkan bahan2 tsb dipasaran bebas secara eceran terutama untuk bahan bernama klay ini,tolong pak karena saya kesulitan untuk mendapatkannya

  • admin says:

    Bapak tempat tinggalnya dimana?

  • Hariyadi says:

    Posisi saya berada di surabaya pak,tx atas penjelasan bpk

  • admin says:

    coba hubungi Purnomo
    031-7887756, 031-71094952
    Desa Tawangsari RT-5, RW-1 No. 26
    Karang Pilang. Surabaya
    bisa beli jumlah sedikit.

  • abu rachman says:

    Terima kasih saya menulis di Keramik88.com, nama saya abu rachman saya bekerja diperusahaan Distributor mesin printing , kebetulan salah satu produknya bisa print diatas media rigit atau dtar sampai ketebalan 4 cm , yang saya mau tanya di keramik yang dijual kadang ada gambar gambar  yang hasilnya bagus sekali, sedangkan saya coba print dimesin saya beda, terima kasih sebelumnya

  • admin says:

    makasih, mesinnya jenis apa, hasil printingnya jenis apa. kalau bapak ingin mempromosikan masinnya, krim email ke admin@keramik88.com, beserta brosur dan fotonya. nanti saya letakkan di artikel. ( gratis )

  • dadang says:

    Salam kenal Pak!buku ini sangat bermanfaat khususnya bagi kami orang awam, akan tetapi mengenai bahan baku yang sempat dikemukakan barangkali perlu disampaikan bagaimana spesifikasi yang dibutuhkan seperti feldspar, feldspar jenis apa yang dibutuhkan kemudian zeolit, perlit dsb, barangkali tidak semua mineral tersebut bisa dipakai di Industri keramik khususnya, sehingga akan ada orang yang tertarik untuk mengolahnya. Trims

  • Edwin Sihotang says:

    Dear Pak Frans,

    Terus terang saya kaget ada website yang berisikan ilmu-ilmu tentang keramik. Saya sangat senang keramik tetapi ilmunya masih sedikit. Saya juga ingin bisa memasarkan keramik dengan sistem online dan saya punya website indoguci.com. Mungkin bapak bisa berikan no hp ke email saya. Nanti bapak, saya hubungi. Thx a lot.

    Regards,
    Edwin Sihotang

    • admin says:

      Salam kenal, boleh kaget tapi jangan pingsan.Toko onlinenya pakai wp-ecomerce aja. karena anda pakai wordpress. Kalau mau hubungi saya kirim email ke direct contact aja, ya.
      Terima kasih

  • sigit says:

    Salam kenal pak..maaf saya mau tanya klw membuat cetakan buat alumunium bahannya pakai apayah,,saya sudah coba pakai bahan keramik yang di sebut gypsum tapi hasilnya kasar,,saya mohon penjelasannya pak..trima khasih email saya gitsboting@yahoo.com

    • admin says:

      kalau cetak aluminium, saya belum pernah. cuman katanya pakai cetakan die cast yang selain dicor juga diberi tekanan yang besar, ada yang pakai cetakan silika plus pengeras. mungkin dicampur resin sedikit? maaf saya kurang mengerti, mungkin anda pengunjung lain yang mau berbagi?

  • Anton says:

    Terima kasih pak kalau boleh numpang jualan. Sejak th 2000 sampai sekarang saya memproduksi oven pembakaran keramik, kick wheel dan electric wheel yang bisa berputar 2 arah (kiri dan kanan). Selain itu saya juga menyediakan thermocouple type R (PR) dan K (CA) baru dengan harga kompetitif. Kebetulan saya saya sendiri paham tentang keramik, jadi sering kali yang membeli peralatan tersebut minta diajarkan sekalian tehnik putar, tehnik glasir dan tehnik pembakaran. Saya juga dapat menyediakan pigmen glasir, plat mulid dan glasir dengan harga sangat terjangkau karena tahu material keramik sangat mahal. Semua peralatan saya bergaransi selama setahun. Alamat blog saya lenteraceramicsequipment.blogspot.com email saya anton hernawan8@gmail.com dan antonhernawan@ymail.com Sekali lagi terima kasih Pak.

    • admin says:

      Silahkan, blog saya terbuka untuk pemasok keramik, agar bisa membantu pengunjung yang mencari informasi. Saya hanya pesan harganya jangan mahal, agar keramik di Indonesia bisa maju, timbal baliknya dagangan anda juga akan laku.

  • Email Sondra says:

    This website is the leading web site.

  • evi says:

    salam kenal…
    Saya baru mencoba membakar keramik untuk pertama kalinya, yg saya tanyakan bagaimana mengatur tekanan gas dan burner pada saat suhu sudah diatas 1000 celcius.
    Makasih….

    • admin says:

      Mungkin yang dimaksud sudah mencoba membakar sampai temp. 1000, setelah itu bagaimana? kalau sudah sampai temp 1000 tidak bisa naik, bisa disebabkan karena tabung LPJ nya membeku. Untuk mengatasi hal tersebut, sebelum membakar pakailah tabung lebih dari satu, untuk pergantian ke tabung lain bila membeku, atau pakai air pemanas dibagian bawah tabung. Bila memakai element listrik, pariksa amper meter, kalau menurun berarti salah satu kawatnya putus,

  • GES says:

    DEAR PAK FRANS

    SALAM KENAL, DI DAERAH SAYA BANYAK BAHAN2 KERAMIK UTK LANTAI PAK FRANS NAMUN SAAT INI BELUM TERSENTUH OLEH PENGUSAHA KERAMIK. APAKAH PAK FRANS TAHU PENGUSAHA KERAMIK YG BISA KAMI HUBUNGGI DAN MUNGKIN APAKAH PAK FRANS SENDIRI BERMINAT UTK MENGOLAHNYA, MUNGKIN KAMI JUGA TIDAK KEBERATAN. SEBELUMNYA KAMI UCAPKAN TERIMA KASIH N KAMI TUNGGU INFO SELANJUTNYA

    • admin says:

      lokasi dimana? lebih baik saya dikirim sample dulu paling sedikit 2 kilo untuk diuji coba, kalau memang baik, mungkin ada yang mau mengerjakan atau kerja sama.

  • m-amin says:

    Salam kenal Pak Frans…saya baru ketemu sama tokok keramik yang sesungguhnya nich…saya hanya junior pecinta keramik pak…bisa belajar banyak nich dari blog bapak…sekali lagi makasih Pak frans, salam….

  • Tony says:

    saya Tony pak dari Kalbar. Saya sudah puter-puter cari info tentang bagaimana membuat keramik dan apa saja bahannya serta alat yang digunakan untuk mencetak, membakar dan finishingnya. Disini saya semakin ingin tahu banyak sebab saya punya keinginan membuat keramik di tempat saya. Bisakah bapak membantu saya untuk hal ini. Jika bisa mohon informasinya dikirim ke email saya pak di suarabuluh@yahoo.co.id
    Alamat bapak dimana?
    atau mungkin jika ada yang bisa buat kita kerjasama saja pengembangannya. Desain dari saya cetak ditempat pembuatannya, untuk harga bisa kita bahas bersama sesuai dengan harga pasar berdasarkan ukuran keramiknya.
    Oh ya pak keramin yang saya maksudkan buat lantai pak (porselin).

    • admin says:

      Terima kasih, pelajari semua yang ada disini, bila ada yang tidak mengerti, silahkan hubungi saya melalui direc contact yang sudah saya sediakan dibagian atas blog ini

  • yudi says:

    apa kabar pak, saya baca permasalah tentang pad printing dan saya tertarik untuk bisa membuat dan menerapkannya. dengan membaca saja saya kurang paham, bagaimana kira-kira caranya supaya saya bisa belajar dengan praktek langsung, pak. makasih

    • admin says:

      Kalau praktek langsung, saya sudah tidak ada mesinnya untuk praktek. Dulu saya memang menyontek dari inggris. Kalau mau bikin yang manual mungkin masih bisa untuk konsultasi lisan, kalau automatic, sanbgat rumit karena harus mengerti hydrolic, pneumatic, PLC dan lainnya.

  • michael says:

    salam kenal pak Frans,saya michael dari surabaya sangat tertarik dengan artikel
    http://keramik88.com/uncategorized/make-ceramic-kiln-using-drums.html
    saya sebenarnya ingin sekali memiliki kiln seperti yang pak Frans maksudkan di arikel tersebut;tetapi karena keterbatasan pengetahuan saya tentang teknik pembuatan kiln tersebut maka saya bermaksud memesan jadi.Apakah pak Frans dapat memberikan referensi orang yang bisa membuat kiln sederhana seperti yg pak Frans maksud di artikel?
    Terimakasih pak untuk jawabannya,

    Salam,

    Michael

    • admin says:

      Terima kasih, Semua artikel yang saya tulis, sudah saya coba sendiri, jadi kiln itu saya yang buat. Yang sudah saya coba untuk mug decal, terracotta dan fused glass, untuk keramik masih belum. mestinya juga bisa karena hanya membutuhkan penambahan suhu dengan menambah waktu bakar dan bukaan regulator. Harusnya bisa bikin sendiri,
      Biaya yang dikeluarkan :

      Drum 50000
      ceramic fiber 120000
      pressure gauge 25000
      regulator 60000
      burner 300000
      selang 60000
      belum termasuk plat, penyangga yang dibuat sendiri

  • michael says:

    mohon maaf pak Frans sebelumnya,..saya salah mencantumkan link dipertanyaan saya sebelumnya
    http://keramik88.com/ceramic-kiln/make-a-small-electric-ceramic-kiln.html
    yang saya maksudkan adalah tentang membuat kiln elektrik kecil seperti yang pak Frans tulis diartikel tersebut diatas.
    oleh karena keterbatasan pengetahuan saya tentang pembuatan kiln,dalam hal ini kiln elektrik;dapatkah pak Frans memberikan saya referensi orang yang dapat menolong saya membuatkan kiln elektrik kecil?
    terimakasih banyak pak Frans atas balasannya

    Salam,
    Michael

  • wisnu says:

    Salam kenal Pak Frans, Saya Wisnu dari Purwakarta. Saya punya bahan baku clay (tanah liat) yang sudah siap pakai untuk pembuatan keramik tableware, porselein dan keramik souvenir. Tapi saya bingung memasarkannya baik harganya maupun tujuan pemasarannya. Melalui Blog ini barang kali bapak bisa membantu saya memberikan informasi mengenai harga dan daerah pemasarannya.
    Atas informasi dan bantuannya saya ucapkan banyak terima kasih

    • admin says:

      kirimkan dulu samplenya, setelah saya test, kalau bagus mungkin saya bisa menentukan harganya. dan sample yang sudah saya bakar bisa anda gunakan untuk menawarkan ke pabrik lain. alamat kirim: jl. raya ponorogo, km 4,5 desa kaibon, kecamatan geger, madiun, telp. 0351-458888

  • wisnu says:

    Terima kasih atas jawabannya pak. Nanti akan saya kirimkan sample ke tempat bapak.

  • Rofi Rahadian says:

    Selamat Pagi Pak Frans Hartanto,

    Perkenalkan nama saya Rofi Rahadian, saya dari Probolinggo-Jawa Timur. Saya tertarik untuk bisnis keramik karena ada teman yg mau kasih modal. Terus terang saya awam masalah keramik dan memang tidak ada dasar alias 0 (nol) besar. Yang ingin saya tanyakan adalah ;
    1. Dimana tempat pelatihan membuat keramik dan berapa biaya pelatihannya Pak?
    2. Berapa modal yang harus kami siapkan ?

    Atas jawabannya, kami mengucapkan terima kasih banyak. Kami tunggu informasi selanjutnya dari Bapak.

    Salam,

  • mustopa says:

    selamat siore bapak Frans.
    nama saya Mustopa asal dari Jatiwaringin,Pondok gede Bekasi Jawa barat

    Blog ini sangat bermanfaat bagi saya yang tidak mengetahui teknik dan cara atau proses pembuatan kerakik dari A s/d Z, saya jadi tertaik dengan bisnis keramik untuk barang promosi,
    boleh saya bertanya :
    1. untuk keramik dekel yang di bakar dengan suhu diatas 1,000C yang menggunakan kertas water transfer dekel, nama cat dan mediumnya nya apa?saya bsa bli dimana?minta info toko klw ada yang didalan negri aja,
    2. klw kertas inkject water transfer bisa dibakar sengan suhu tinggi tdk,
    3. di mana kami bsa mendapatkan mug nya,mug yang di gunakan harus yang sudah di lapisin coating atau msh polos(non coating)

    terima kasih atas jawabanya.

  • Jhony says:

    bravo n slm sukses slalu buat p.frans. , ! jhony d Malang Jatim

  • asep maryono says:

    trimakasih , untuk infonya, apakah bila mau beli ,cavercoat, di toko on line keramic88, bisa beli 1kg, dulu untuk sample?,terimakasih sukses selalu

  • komizah says:

    pak, punya material fitroflux atau petalite nggak u sample riset

  • noro says:

    Salam kenal pak, sebetulnya kami butuh printing decal utk kerajinan kami (ekspor ke UK) biasanya produk kami seluruhnya hand painted, tapi kebetulan ada order utk souvenir peringatan 60 tahun Queen Elizabeth menjadi ratu Inggris, motifnya terlalu rumit untuk hand painted.

    Mudah2an bapak bisa menerima jika kami pesan decal yang siap diaplikasikan ke produk kami. Nantinya produk yang akan diberi decal ini sudah kami cat dan top coat, setelah decal diaplikasi akan kami top coat kembali.

    Terimakasih sebelumnya,
    Noro – PT. Rikati Unique Art

  • Indra Tirta says:

    Salam Pak..
    Saya mau nanya apakah Bapak mengadakan pelatihan tentang enamel..? Jika ada saya mau mendaftarkan diri..
    Salam..

  • delonge says:

    Pak, apa bapak jual bahan water slide decal paper untuk tinta eco solvent? terima kasih

  • ael says:

    Contentnya keren bravo pa frans. . .
    Salam kenal pa frans, saya perlu banyak pewarna keramik (pigment) untuk memulai bisnis aksesoris dan suvenir keramik.
    Kira kira saya bisa beli dimana ya pa.

  • maman fathurohman says:

    salam kenal pak..

  • maman fathurohman says:

    salam kenal pak.sya mau menanyakan,misal kita bakar keramik maroon,kadang ada bintik putih,itu biasanya knpa y pak?trims

  • maman fathurohman says:

    salam kenal Pak.sya mau menanyakan,cooling crack itu terjadi karna kiln nformula aja,atau ada hal lainnya?trim

  • ramly abudi says:

    Ass.wr.wb
    Salam Kenal Pak, saya salah seorang pendidik yang lagi mengupayakan anak bimbingan saya tau membuat kloset, tetapi hambatannya di lapangan kloset produk kami tidak seperti di pasaran, kami ingin memoles kloset tersebut dengan porselen kira kira bagaimana caranya pak agar kloset cetakan kami yang terbuat dari semen dapat dilapisi porselen dan untuk mendapatkan porselen dimana tempatnya kalau dapat kami diberi alamat untuk memesannya pak. terima kasih atas tanggapannya dan ilmunya pak.

    • admin says:

      Porcelain, prosesnya melalui pembakaran yang tinggi, sedang semen tidak bisa dibakar setinggi porcelain, satu-satunya jalan agar bisa menghasilkan permukaan yang mengkilap adalah dengan melapisi dengan resin, yang kemudian dipoles. Mungkin bisa membantu? Terima kasih.

  • selamat malam Pak Hartanto, saya usaha bergerak dibidang digital printing dan pmebuatan anaka macam marchandise, saat ini saya sedang mengembangkan produksi aneka produk promosi seperti berbagai kereamik yang bisa dijadikan media promosi dan saya sedang mencoba menggunakan water decal karena media transfer ini mampu menjangkau permukaan yang sulit dijangkau alat hot press. setelah membaca artikel tentang action color saya tertarik untuk mencobanya, pada kesempatan ini saya ingin tau lebih jauh mengenai produk tersebut, bisakah bapak memberikan informasi berapa harganya dan minimal pembelian berapa? sekalian untuk harga decal russel yang kompatibel untuk protection tsb. atas atensinya saya haturkan terima kasih

    Dadi

    • admin says:

      Terima kasih Bpk. Dadi Daryawan,
      Saya memang awalnya juga tertarik karena tidak memerlukan pemanasan
      yang tinggi. serta hasil yang hampir setara dengan decal keramik. Bila
      memenuhi persyaratan yang ditentukan, daya rekatnya tidak perlu
      diragukan, saya sudah aplikasikan ke mangkok makan saya dan tiap hari
      saya pakai. Sampai artikel pertama saya tulis sampai saat ini tidak
      berubah. Kelemahannya tidak tahan digores dengan benda tajam spt
      pisau.
      Protection ada yang utk suhu 180 dan ada yang hanya dipanasi sinar
      matahari saja.
      Demikian penjelasan pendek saya, bila bapak membeli produk tersebut
      saya sertakan sample cetakan yang menggunakan Action color.
      Harganya bisa Bpk lihat di
      http://shop.keramik88.com/products-page/warna-keramik-180-c
      Terima kasih atas perhatiannya

      Frans Hartanto

  • Rheno Purna Darmantya says:

    Salam kenal Pak, sy ada lahan pasir silika di Tuban. pasir silika katanya jg bahan baku keramik… saya kesulitan untuk memasarkannya, mungkin bapak ada referensi untuk saya pasarkan pasir silika saya. terima kasih

    • admin says:

      Coba aja anda kirim contoh 1 kg aja ke PT. Kaibon Indah Jl. Raya Ponorogo km 4,5 Ds. Kaibon, Kec. Geger. Madiun. Jawa Timur. Telp. 0351-458888

  • heli says:

    maaf pak mau tanya, saya pernah diberi penjelasan kalau untuk mangkok mempunyai bahan dan cara pembuatan yang berbeda-beda katanya? krn tergantung kegunaannya dulu. Apa itu betul? contohnya mangkok cap ayam jago..penjelasannya seperti apa pak? lalu tahu tempat produksi mangkok cap ayam jago ga pak (mohon info-nya pak). Terima kasih banyak pak

    • admin says:

      prosesnya sama aja, bahannya juga sama. Cuman setiap pabrik mempunyai campuran bahan yang berbeda. Mangkok ayam awalnya diproduksi oleh China, skr di Indonesia mungkin bisa beli di pabrik Lucky keramik di tangerang

  • HOTIB/CHUDEL says:

    SALAM KENAL PK…!!
    saya mau tanya? cara membuat cetakan untuk tanah liat dari apa bahanya dn campuran apa supaya si tanah liat cepat mengeras saat di cetak
    trimakasih

  • HOTIB says:

    pk caranya gimana membuat cetakan mug…?? termaksih

  • saepull says:

    pk bata isolator itu fungsinya untk apa yah…?? terimakasih

    • admin says:

      Bata isolator ya sesuai namanya meng isolasi ruangan panas supaya tidak banyak keluar. sehingga kalau bata isolatornya bagus, bisa menghemat bahan bakar. Bagian luar oven bisa tidak panas.

  • yanuar says:

    selamat malam pak frans.. saya punya kaolin yang ingin saya ubah menjadi metakaolin yaitu dengan cara kaolin di oven 700derajat C, proses ini saya lakukan untuk mengurangi kadar H2O dalam kaolin. apakah bapak tau tempat jasa oven di daerah surabaya?

  • ngurah ginarsa says:

    Bolehkan saya minta daftar harga untuk kertas decal, cairan etsa dll. Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel

Artikel baru akan selalu dikirim ke Email anda bila mendaftar, isi alamat Email yang benar, klik Daftar. Setelah itu cek Email anda untuk konfirmasi dengan klik link yang dikirim. Untuk lebih jelasnya, lihat "Cara Daftar" diatas

Masukkan alamat Email:

Delivered by FeedBurner

Video keramik88