Visitor Keramik88


View My Stats

Grosir PIN

PIN

Mesin Press Kaos & MUG

Flat-Heat-Press-Machine-CE

Slider

[cycloneslider id="slider1"]

Make a small electric ceramic kiln

Advertisment

Setelah membuat tungku drum, kali ini saya membuat Tungku yang sangat sederhana dan kecil. Cocok untuk Foto Mug Keramik yang memakai sablon keramik . Mengapa akhir-akhir ini saya lebih banyak membahas urusan tungku? Ya….karena memang paling penting dalam pembuatan keramik adalah tungku. Bagaimana bisa anda membuat keramik tanpa melalui proses pembakaran? dan termasuk kebutuhan yang harganya tidak murah. Tetapi sebetulnya saya memang lagi senang membuat tungku yang kecil-kecil dan murah. Supaya anda tidak takut belajar keramik hanya karena kesulitan memiliki tungku keramik.

Sebetulnya tujuan saya membuat tungku listrik ini untuk membuat Fused Glass, tetapi setelah saya coba hingga 60 menit, pecahan kaca tidak meleleh sedikitpun. Saya perkirakan pasti dibawah 900C. Tetapi bagaimana mengetahui bila saya tidak menggunakan Thermocouple dan Thermocontrol?

OK, untuk mengetahuinya dan memperkirakan berapa suhu selama 60 menit, saya melakukan pengetesan memakai Ceramic Decal 580C dan 780C. Setelah 60 menit Ceramic Decal 580C terlihat Over firing sedikit, sedang yang 780C kurang mengkilap sedikit.

Bila saya bersabar dengan menambah waktu bakar, kemungkinan bisa mencapai 900C, atau menambah satu lagi elemen ( tetapi listrik rumah tidak cukup ).

Saya membeli gulungan kawat neklin yang sudah jadi. Sebetulnya saya akan membeli kawat yang meteran, tetapi saat itu saya agak malas untuk menggulung sendiri, dan menanyakan apakah ada yang sudah jadi untuk kompor masak listrik? ternyata ada. Harganya Rp. 12.500,- untuk 600 Watt. Diameter gulungan 6 mm, panjangnya lupa tidak saya ukur sebelum dipasang, karena gulungan itu harus ditarik bila dipasang. Fotonya dibawah ini :

 

Saya membutuhkan 4 buah bata isolasi, satu buah digunakan untuk membuat alur untuk kawat neklin ( kanthal ), yang sudah ada. Alur yang saya buat seperti dibawah ini, tetapi ada kesalahan dalam membuat alur sehingga waktu dinyalakan jatuh kebawah.

Tetapi masih bisa dibenahi dan dipakai lagi dengan mengalihkan ke alur yang diatas . Seperti foto dibawah ini.

Advertisment

Atur letak bata isolasi seperti gambar dibawah, yang dua buah bata saya jepit dengan penjepit, yang dua hanya saya rapatkan, sebagai dasar saya memakai Ceramic Fiber, dibawahnya saya memakai dasar plat drum. Jangan memakai meja kayu karena dibawah panas sekali supaya tidak panas lapisan ceramic fiber bisa dibuat dua lapis. Sebagai penutup juga dari ceramic fiber, kemudian ditutup dengan plat dari terracotta yang saya buat dulu.

Ketahanan kawat neklin sampai berapa kali pembakaran, saya masih belum tahu, biasanya tergantung dari:

Semakin lama pemanasan, berarti suhu akan lebih tinggi, usia kawat lebih pendek.

Jangan keburu membuka tutup selagi masih panas, pendinginan mendadak akan merusak kawat neklin.

Saran : Lebih rata bila dibuat dikedua sisi.

Hati-hati bila bekerja dengan listrik, konsultasikan kepada orang yang berpengalaman mengenai listrik.

Selamat mencoba, semoga berguna.

 

 

 

 

Advertisment

5 Responses to Make a small electric ceramic kiln

  • yosep kurniawan says:

    Halo Pa Frans

    Sudah lama, baru sekarang mampir lagi lihat keramik88 sudah berubah penampilan,
    Pa, mau tanya small electrik kiln pakai bata isolasi, kalau pakai bata api bisa gak? apa harus pakai bata isolasi saja? berapa dimensi satu bata api pak?

    Terima kasih.

    • admin says:

      OK, terima kasih anda telah mampir, kalau memakai batu bata tahan api, 1. agak susah membuat alur kawatnya karena lebih keras, 2. batu bata bagian luar lebih panas waktu pembakaran. 3. Waktu pembakaran lebih lama.
      Semoga bermanfaat

  • yosep kurniawan says:

    Pa Frans, bata isolasi bahannya dari apa ya? beda dari batu api ya? terus kalo mau di rekatkan antara bata isolasi pake apa pak? kalo bata api pake semen api ya? bata isolasi lebih ringan beratnya dari bata api ya pak? kalo bata api saya pernah beli, bata isolasi belum pernah beli. Trims

    • admin says:

      Bata isolasi bahannya dari grog dicampur dengan bahan lain yang bisa hilang pada temperatur tinggi sehingga didalamnya terbentuk pori-pori yang nantinya bisa berfungsi sebagai isolator.Misalnya diisi dengan arang halus, sekam padi dll.Bata api adalah bata yang tahan terhadap suhu tinggi. bukan sebagai isolator. Bata isolasi lebih ringan dan mudah patah. Harga perbiji 10 – 15 ribu

  • Nick Stanke says:

    Fechral is made of three metals – iron, chrome and aluminum. The alloy name combines first letters from it’s components names: Fe – iron, Cr- chrome, Al – aluminum. Iron is the base metal of fechral. There is 70% of iron in this alloy, apart from manganese and silicon.
    Nickel or other elements may be added to this alloy for special characteristics. Various concentrations of main components and additives determine consumer values of Fechral. Fechral is high-resistant metal, it reaches 1,2-1,3 mkOm. Fechral also has high fusion temperature 1500°C and low density – 7.2g/sm3, what makes this alloy slighter than nichrome. Comparatively cheap Aluminium, which is used in this alloy, makes production expences 6 times cheaper than nichrome. Fechral is also corrosion-resistant to oxidation, carbonaceous and sulfuric environments. Also this alloy is resistant to air, vacuum and argon environments.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel

Artikel baru akan selalu dikirim ke Email anda bila mendaftar, isi alamat Email yang benar, klik Daftar. Setelah itu cek Email anda untuk konfirmasi dengan klik link yang dikirim. Untuk lebih jelasnya, lihat "Cara Daftar" diatas

Masukkan alamat Email:

Delivered by FeedBurner

Video keramik88