Visitor Keramik88


View My Stats

Grosir PIN

PIN

Mesin Press Kaos & MUG

Flat-Heat-Press-Machine-CE

Slider

[cycloneslider id="slider1"]

Membuat dan menggunakan cetakan Keramik

Advertisment

Membuat dan menggunakan cetakan Keramik

Cetakan banyak digunakan di keramik, untuk membuat bentuk yang sama berulang-ulang. Satu cetakan bisa membuat bentuk keramik yang sama sampai 300 kali. Tergantung kwalitas bahan cetakan. Cetakan bisa dibeli dari pabrik pembuat cetakan. Tetapi membuat sendiri cetakan keramik lebih menguntungkan dan bisa disesuikan  dengan keinginan dan bisa membuat dalam jumlah sedikit, bahkan hanya satu cetakan. Juga bisa leluasa membuat cetakan dari yang paling sederhana sampai paling rumit.

Membuat cetakan keramik mempunyai cara sendiri dan memerlukan pengetahuan khusus, dan lebih sulit bila dibandingkan dengan membuat cetakan benda dari resin, yang cetakannya menggunakan karet silicon.

Bahan yang digunakan untuk membuat cetakan adalah Gypsum ( Plaster ). Membuat cetakan duplikat dari boneka atau model yang sudah ada, tidak memerlukan peralatan yang banyak. Tetapi kalau membuat cetakan untuk barang silinder, piring, cangkir, teko dan lainnya, memerlukan peralatan seperti bubut. Ada yang menyerupai bubut besi, posisi tidur, tetapi sangat sederhana dan bisa dibuat sendiri, dan ada yang posisi berdiri, yang banyak digunakan.

plaster wheel for ceramic mould

a whirler (banding wheel)

Jika anda memiliki ruangan yang besar, buatlah ruangan tersendiri jauh dari bahan keramik. Karena potongan gypsum sekecil apapun bila tercampur dengan bahan keramik, butiran gypsum akan keluar dari bahan ketika dibakar dan akan menimbulkan bintik berwarna hijau.

Sisa kotoran gypsum pada waktu pengerjaan, akan membuat alat kerja dari besi mudah berkarat. Selalu bersihkan peralatan dari sisa gypsum dengan menggunakan pisau atau sikat kawat. Karena kalau tidak dirawat, sisa gypsum dibiarkan melekat  pada alat dari besi,  akan termakan karat. Lebih baik setelah bersih, lumasi dengan minyak ( oil ).

Yang dibutuhkan :

  1. Pencil : untuk menandai pada gypsum pada waktu pengerjaan
  2. Plastik lemas : bisa dibuat dari potongan ember, timba plastic bekas, untuk membuang kelebihan bahan gypsum cair pada waktu membuat cetakan dari gypsum
  3. Palu karet: digunakan untuk membuka cetakan yang sudah siap dubuka, dan melepaskan kayu pembatas cetakan.
  4. Gergaji kayu, untuk memotong gypsum bila membuat model
  5. Sabun hijau, untuk melumasi model supaya mudah lepas bila dibuat cetakannya
  6. Kuas lebar : untuk melumasi model dengan sabun hijau.
  7. Karet ban dalam mobil yang dipotong melingkar selebar 2 cm, untuk mengikat kayu pembatas, tuanganan cairan gypsum.
  8. Sketmat atau Caliper : untuk mengukur  demensi model, ini sangat penting untuk mendapatkan ukuran barang keramik yang benar setelah pembakaran, mengingat bahan keramik akan menyusut setelah proses bakar.

Gypsum pertama kali ditemukan di Montmartre, Paris tahun 1770, maka itu disebut “ Plaster of Paris”, proses pembuatannya, dihancurkan, digiling, dan dipanasi untuk menghilangkan bahan yang tidak diinginkan.

Baca juga cara membuat cetakan yang benar disini, dan cara mendaur ulang gypsum disini

Plaster sangat penting  pada produksi keramik, juga berguna untuk perajin untuk menciptakan model yang asli, karena mudah dibentuk. Plaster ( gypsum ) akan mengeras bila dicampur dengan air. Banyak sedikitnya penambahan air akan mempengaruhi kekerasan hasil cetakan. Cetakan dari Gypsum menghasilkan pori-pori dan sangat kuat menyerap air.

Banyak sekali jenis Gypsum yang ada dipasaran. Misalnya Newcast plaster untuk membuat cetakan, Keramicast  plaster untuk membuat model.

Jangan membeli gypsum terlalu banyak, karena kalau terlalu lama akan mengeras sehingga tidak bisa dipakai, atau kadaluarsa  bila dicampur kekerasannya berkurang. Kecuali pembungkusnya kedap udara.

membuat cetakan yang banyak untuk satu model membutuhkan ketelitian menimbang campuran gypsum dan air. Bila timbangan gypsum dan air tidak tepat, menghasilkan cetakan terlalu lunak atau terlalu keras. Sehingga peresapan air pada cairan bahan keramik tidak sama, berarti hasil ketebalan tidak sama.

Setiap gypsum ada aturan pakainya. Berapa perbandingan gypsum dan air.

Gypsum akan mengeluarkan panas bila akan kering dan mengembang sedikit.

NEWCAST 71/80 ( untuk cetakan ). Gypsum 1,3 kg, Air 1 liter.

NEWCAST 96 ( untuk cetakan ) . Gypsum 1,4 kg, Air 1 liter

Keramicast ( untuk membuat model ): Gypsum 1,5 kg, Air 1 liter

CRYSTACAL R ( untuk membuat model ) : Gypsum 2,8 kg, air 1 liter

Cara untuk memulai mencampur gypsum, pakailah tempat dari plastic, masukkan air dulu sesuai yang dianjurkan. Kemudian masukkan bubuk gypsum sedikit demi sedikit dengan cara menabur diatas air, kalau gypsum sudah lama penyimpanannya, gunakan saringan. Jangan memasukkan gypsum duluan, akan berakibat menggumpal. Setelah semua gypsum sudah masuk semua, biarkan 1-2 menit, aduk perlahan, memutar  searah, hindari tangan yang mengaduk keluar keatas, akan menimbulkan gelembung. Putar terus, jangan merubah arah putaran, juga akan menimbulkan gelembung. Sambil memutar, buang gelembungan dengan tangan satunya. Setelah putaran terasa berat, berarti cairan gypsum sudah siap untuk dituang.

Setelah dituang, masukkan jari-jari anda ketempat susut-sudut cetakan yang sempit supaya gypsum merata dipermukaan, sambil tangan digoyang terus agar gelembung mudah keluar. Goyangkan meja cetakan anda dengan pinggul, agak cetakan ikut bergerak  supaya membantu gelembung mudah keluar kepermukaan dan menghindari permukaan model atau bagian dalam cetakan berlubang karena terdapat gelembung yang tidak bisa naik keatas.

Pengringan cetakan maksimum tidak boleh labih dari 60 derajat celcius, atau cetakan tidak akan tahan lama. Dan simpan ditempat yang kering, tidak boleh lembab, karena akan memperpendek umur cetakan.

Menuang gypsum untuk membuat cetakan dari model.

Untuk membuat cetakan dari model gypsum yang sudah ada, model gypsum harus dilapisi dengan cairan pemisah, agar model bisa lepas dari cetakan. Saya memakai sabun hijau, kalau di apotik ( untuk keperluan sedikit ), biasanya disebut sabun bayi, dibungkus plastic, berbentuk kotak, berwarna hijau. Kalau untuk cetak tuang keramik, pemakaian sabun hijau, setelah cetakan jadi bisa langsung dipakai, tetapi lebih baik bila akan dipakai untuk menuang cairan bahan keramik, diusap dengan spon basah dulu, agar sisa sabun hijau bersih dari permukaan. Kalau tidak, untuk menghilangkan sisa sabun hijau, bisa sampai 3 kali cetak. Cara membuat cairan sabun hijau, masukkan sabun hijau kedalam air panas, diamkan semalam. Keesokan harinya sabun akan cair. Untuk melapisi, bisa memakai spon, kuas.

Untuk tempat yang sulit dijangkau dengan spon, gunakan kuas.

Lapisi berulang ulang, sampai pori-pori gypsum tertutup sabun, permukaan mengkilap, Untuk mencapai hasil baik, bisa sampai 15 kali lapisan berulang. Kalau tidak cukup padat lapisan pemisahnya, cetakan sulit dibuka, bahkan mungkin tidak bisa dipisahkan. Untuk membersihkan sisa-sisa sabun dan gelembung dipermukaan model bisa memakai kuas atau angin dari compressor. Lihat disini

Tunggu kelanjutannya……

Lihat juga artikel : tips trik membuat cetakan untuk casting keramik

Advertisment

Dibawah ini adalah aturan pakai dari PRESTIA ROLLER 59 LX5, Gypsum yang baik untuk keperluan Jigger

PRESTIA ROLLER 59 LX5®

Prestle Roller 59tX5 is widely used for tableware jiggering molds on roller machine convex  or small cavities. This product is a mixture of alpha and beta hemi-hydrate plasters noted for the good compromise of strength and abrasion resistance

Technical Properties

Plaster / Water Ratio (P/W)                                               170%

Water / Plaster Rat!o (W/P)                                               59%

Manual  Mixing

Slump (Schmidt ring)                                              210 – 250   mm

Initial Setting time (Knife set)                               8 30 – 12 minutes

Final Setting time (Shore A)                                  17 – 21 minutes

Granulometry :Over 100 µm (dry screen)               < 0.25%

Over 63 µm (under water)                                           < 0.10%

Expansion at 2 hours                                                      < 0.16%

Bending strength                                                            2 65 kg/cm2

Mixing:

Use correct plaster/water ratio as recommend

Use clean mixing bucket & blade

Sprinkle plaster irito water slowly and allow it to soak for 1 minute

Mix 1 – 4 minutes depend on mixing machine performance

Storaae

Bags must be kept in dry and avoid direct to contact with ground, protected from moisture

by kept the plastic wrap as long as possible and the product should be used within 4 months

of manufacturing date.

Quality Policy

At Lafarge Prestia Thailand, we are comnitted to always fulfillmg our customers’ requirements by

Delivering excellent quality products and service, on – time,

Providing appropriate training to enhancmg the competence of all employees.

Improvmg continuously the effectiveness of each department.

Lafarge Prestia Co.,Ltd : 29 M 7 National High way 331. Tha Boonmee. Koh Chan, Chonburi

Tel. (038) 779 – 752 – 4. 209 – 759 – 60 Fax (038) 209 – 439, 209 – 761

Advertisment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel

Artikel baru akan selalu dikirim ke Email anda bila mendaftar, isi alamat Email yang benar, klik Daftar. Setelah itu cek Email anda untuk konfirmasi dengan klik link yang dikirim. Untuk lebih jelasnya, lihat "Cara Daftar" diatas

Masukkan alamat Email:

Delivered by FeedBurner

Video keramik88