belajar keramik dan decal
Visitor Keramik88

View My Stats
Mug Enamel Ultimate
Kertas Decal untuk TATTOO

Kertas Decal atau sering disebut Water Slide Decal Paper sebenarnya adalah kertas yang mudah meyerap air, diatasnya dilapis semacam gum, bisa membuat sendiri memakai lem glucol, tacol dan sejenisnya. Pada umumnya dan asalnya dipakai untuk membuat dekorasi di keramik. Sekarang banyak juga digunakan untuk mencetak memakai printer inkjet dan printer laser. Kalau ada yang bertanya:” Apakah decal yang digunakan untuk inkjet bisa dipakai untuk  printer laser ?”. Jawabnya : “ bisa “.  Seorang teman saya di Yokya ( pemilik Restoran Cobra ) sudah membuktikannya memakai Kertas Decal Tullis Russell untuk printer Laser berwarnanya.

Karena banyak yang menanyakan bagaimana caranya membuat background putih pada kertas decal Tullis Russell? Biasanya digunakan pada gelas yang transparent. Dan ada juga yang menanyakan apakah kertas decal ada lapisan tipisnya? OK besok saya akan tulis artikel bagaimna caranya coating transparent diatas kertas decal Tullis Russell dari UK ini.

Sekarang, kita mulai mencoba membuat coating berwarna putih diatas kertas decal. Yang dibutuhkan:

  1. Kertas Decal Tullis Russell
  2. Kain Screen ukuran 120-165T ( bisa beli di toko sablon )
  3. Karet Rakel ( bisa beli ditoko sablon )
  4. Isolasi berwarna coklat ( beli ditoko buku)
  5. Cat Acrylic bisa merk AGA, atau cat tembok putih ( ada ditoko bangunan atau took buku)
  6. Lem PVA ( lem kertas cair ) bisa merk Povinal atau lainnya

Setelah semua ada, pertama tutup kain secreen selebar yang anda butuhkan dengan menggunakan isolasi coklat ( lihat gambar dibawah ini )

Campurkan Cat Acrylic putih dan Lem cair PVA ( PolyVinyl Alcohol) dengan perbandingan 1:1

Masukkan campuran tersebut  sebanyak yang diperlukan saja, letakkan kertas Koran dibawahnya untuk mencoba sablon pertama, dorong dan tekan karet rakel mulai dari sisi kanan ( bila melihat dari gambar diatas) kain screen tetap diangkat setinggi kurang lebih 3-4 cm dari meja, sementara karet rakel didorong dan ditekan kesebelah kiri ( kalau dilihat dari gambar) atau menjauh kedepan. Screen diangkat 3-4 cm tadi gunanya agar kertas decal tidak lekat di kain screen. Bila sampai melekat dikain screen, selain hasil tidak bagus, juga lem pada kertas decal akan tergangggu, yang membuat susah digeser ( slide) setelah dicelup air.

Setelah anda berhasil menyablon campuran lem  tersebut, meskipun perlu latihan agar hasilnya memuaskan. Bagi yang sudah pernah nyablon tidak ada masalah.

Keringkan sampai kering betul, lebih lama lebih baik. Setelah kering baru bisa di cetak dengan printer Inkjet. Karena sudah ada lapisan acrylic, pemakaian tinta Dye yang tidak waterproof bisa digunakan, apalagi tinta sublime dan durabrite. Untuk pemakai Laser ( mungkin teman saya yang sukanya memakai printer laser) harap berhati-hati. Perlu diketahui bahwa Cat acrylic terbuat dari Polyvinyl Acetat ( PVAc)

Setting printer Inkjet yang baik, seperti juga setting untuk Kertas Decal Tullis Russell adalah:

Paper = Plain Paper

Quality = Photo.

Foto diatas gelas yang memakai kertas decal Tullis Russell yang dicoating dengan warna putih. Sebelah kiri menggunakan Kain Screen 165 T ( saya rasa terlalu halus ) sebelah kanan menggunakan Kain Screen 90T ( ketebalan ). Dari percobaan ini anda bisa memperkirakan ukuran kain screen yang baik yang mana.

 

Dari percobaan diatas, memakai screen 165T, juga bagus tetapi sebaiknya  memakai ukuran yang lebih kasar sedikit misalnya 120-150T. Bila hanya memakai Cat Acrylic aja pada waktu selesai sablon dicuci air, lubang screen buntu oleh cat acrylic. Bisa hilang dan bersih setelah digosok menggunakan Thinner A Special, lebih cepat dan lebih bersih menggunakan Paint Remover ( beli di toko cat )

Dengan adanya campuran Lem PVA, pekerjaan menjadi mudah, waktu menyablon lebih licin, dan kain screen tidak mudah buntu dan waktu membersihkan cukup dengan air bisa langsung bersih dan setelah dikeringkan bisa dipakai lagi. Tanpa menggunakan paint remover.

Setelah hasil printer kering, seperti artikel-artikel saya yang terdahulu, disemprot dengan Cat Pilox atau di sablon memakai Cover Coat atau Film Solution menggunakan Screen 30T atau yang mendekati ukuran tersebut.

Bila anda menginginkan Kertas Decal Tullis Russell ini mempunyai lapisan tipis pada waktu dicelup air, pakai aja campuran PVAc ( bahan untuk campuran cat tembok) misalnya lem cap Rajawali, merk Ultra dsb.  dan dicampur dengan lem kertas cair, perbandingan sama dengan diatas.

Tetapi bila hanya digosok dengan Bedak Talc sudah tidak ada masalah, mengapa harus ribet? Anyway, terserah anda.

Selamat berkarya

4 Responses to Membuat sendiri kertas decal background putih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Enter Captcha Here : *

Reload Image

Klik Gambar, Download aplikasi multisaranacetak di HP anda
Langganan Artikel
Artikel baru akan selalu dikirim ke Email anda bila mendaftar, isi alamat Email yang benar, klik Daftar. Setelah itu cek Email anda untuk konfirmasi dengan klik link yang dikirim. Untuk lebih jelasnya, lihat "Cara Daftar" diatas

Masukkan alamat Email:

Delivered by FeedBurner