Visitor Keramik88


View My Stats

Grosir PIN

PIN

Mesin Press Kaos & MUG

Flat-Heat-Press-Machine-CE

Tas Branded Murah

Tas GUESS asli

Download ebook gratis

Mencetak gambar di keramik, ceramic printing

Mencetak gambar di keramik, ceramic printing

Mencetak gambar di keramik ada beberapa cara:

1. Sablon

2. Direct print

3. Pad printing

1. Sablon

Seperti sablon pada umumnya, peralatan atau bahan yang dibutuhkan:

a. Screen

b. Obat afdruk

c. Rakel

d. Meja sablon

e. Rak pengering

f. Transfer paper

g. Warna keramik

h. Medium dan solution

Screen : Screen ada beberapa ukuran kerapatan benang nylon, dengan ukuran seperti 200T, 180T, 165T, 120T, 90T, 60T, 30T. Semakin besar angkanya semakin halus atau rapat. Biasa yang dipakai dikeramik, 180T s/d 30T. Gambar yang memakai raster, biasanya 180T. Garis-garis, huruf halus memakai 120T. Huruf blog memakai 90T atau 80T.

b. Obat afdruk : Obat afdruk banyak macamnya dan bisa dibuat sendiri ( akan saya bahan dilain postingan) yang terkenal dan paling baik adalah merk ULANO. Didalam kemasan ada dua bahan, yang tempatnya besar adalah lapisan polymer, dan yang kecil cairan sensitizer ( pembuat peka cahaya )

c: Rakel: Rakel adalah untuk menekan cat keluar dari lubang screen ke media cetak seperti kertas dan lainnya. Untuk pegangan terbuat dari kayu, karet rakelnya dijepit didalam kayu.

d: Meja Sablon: Meja sablon untuk tataan, pencetakan diatasnya ada kaca sebagai media untuk melihat passcress serta untuk meratakan hasil cetakan. Meja Sablon bisa terbuat dari kayu atau besi siku.

e: Rak pengering: di perusahaan sablon yang besar biasanya memakai rak khusus yang kerjanya lebih praktis dan effisien. Tetapi kalau belum punya buat sendiri dari kayu yang dibuat ram-raman dari benang nylon.

f: Transfer Paper : Transfer paper, kertas yang dibuat khusus untuk keramik, yang ada lapisan seperi lem, yang mudah larut diair.

g: Warna Keramik : Warna keramik, ada 3 jenis temperatur pembakaran. yaitu warna untuk 580C, 780C dan 1200C tergantung kegunaan.

h. Medium dan solution: Medium adalah media pencampur untuk warnanya. Solution adalah coating (penutup) diatas warna.

Pertama harus ada film, bisa pesan ke perusahaan pembuat film. Atau membuat sendiri dengan printer laser.

Screen dilapisi dengan obat afdruk, perhatikan perbandingan pasta polymer dengan sensitizernya, kemudian dicampur, langsung dilapiskan ke screen dengan menggunakan garisan atau rakel. Setelah rata dikeringkan ( selama pelapisan, pengeringan dan afdruk harus berada dikamar gelap).

Kamar gelap tidak perlu harus gelap betul, yang penting tidak kena cahaya langsung.

Setelah obat afdruknya kering ( bisa dengan kipas angin atau hair dryer ) film diletakkan diatas screen, kemudian dicahayai beberapa detik. setelah itu masuk kamar gelap lagi untuk mengambil filmnya, lapisi permukaan screen dengan air. setelah itu baru boleh keluar, supaya gambar bisa lubang, digunakan sprey air bisa juga pakai semprotan untuk tanaman yang dari plastik.

Setelah gambarnya keluar, screen dikeringkan dipanas matahari atau hairdryer. Setelah kering screen sudah siap digunakan untuk mencetak.

Lihat gambar posisi screen dan mejanya.

Diagram Screen Printing

meja sablon

meja sablon

1. catok dari besi da yang dari aluminium.

2. screen

3. frame screen terbuat dari kayu atau aluminium

4. karet rakel

5. kayu rakel

6. kaca 5 mm

7. meja sablon terbuat dari siku.

8. lampu neon

Campurkan warna keramik dengan mediumnya 60% dari jumlah warna. Diaduk yang rata. biasanya memakai alat yang disebut rollmill atau triple rollmill ( karena rollnya ada tiga ).

Triple Roll mill

Setelah tercampur rata sudah siap diletakkan diatas screen dan mulai menyablon.

Mesin Sablon

Mesin Sablon

Sablon diatas kertas transfer paper, setelah warnanya kering, gambar dilapisi lagi dengan solution ( seperti melapisi varnish ), dengan memakai screen 30T. Setelah solutionnya kering, baru siap dipakai dengan mencelupkan kedalam air, sehingga lapisan solutionnya lepas beserta gambarnya dan yang tersisa kertas yang sudah tak terpakai lagi atau dibuang. Lapisan solution beserta gambarnya tadi ditempel diatas barang keramik, digosok sampai tidak ada gelembungnya, siap untuk dibakar

2. Direct print

Proses pembuatan screen dan afdruk sama dengan diatas. Bedanya cara menyablon saja. Kalau sablon diatas memakai kertas transfer paper, medium dan solution, disini tidak memakai. Barang keramik langsung disablon atau dicetak diatas permukaan keramik. Kalau barangnya flat atau rata seperti meja langsung bisa disablon.  Tetapi kalau berupa gelas bagaimana?

Ada beberapa cara, kalau tidak punya mesinnya, bisa secara manual tetapi ini perlu ketelitian extra. Pertama screen dilepas tidak dicatok diatas meja. Screen dilapisi cat warna secara merata. sehingga cat warna sudah menutupi gambar. Setelah itu letakkan diatas gelas diluar gambar atau disisi gambar, setelah itu tekan screen supaya gelas ikut bergulir sampai mencapai akhir batas gambar. Image atau gambar akan berpindak ke gelas.

Kalau memakai mesin, gelasnya berputar sediri kearah kiri , screen maju kekiri , rakel tetap diatas gelas.

3. Pad printing.

Pad printing ada yang menggunakan 1. screen dan substrat ( bagian bawah) dari silicone rubber. 2. tidak menggunakan screen, hanya menggunakan rakel dan plat etching.

1. Screen yang digunakan adalah screen stainless stell bukan nylon. framenya terbuat dari aluminium yang diberi aliran listrik DC untuk pemanasan. Mediumnya memakai medium khusus yang bila dipanasi akan mencair ( bisa dibuat sendiri akan saya bahan dilain postingan ). Rakelnya juga tidak memakai rakel biasa, semacam plastik tahan panas.

Substratnya memakai plat kaca, yang dilapisi dengan silicone rubber dengan campuran hardener yang tepat supaya warna bisa diambil oleh karet silicone rubber juga yang menimpanya. Gambar dibawah adalah cara seperti diatas, yaitu memakai screen panas dan substrat.

Mesin Pad Printing

pad printing

pad printing

Keterangan angka kuning bulatan merah:

1. mur baut untuk pegangan pad rubber.

2. pad rubber terbuat dari bahan silicone rubber

3. barang keramik segala bentuk dan texture

4. tataan barang keramik terbuat dari karet keras.

5. tataan aluminium yang melekat di pad rubber

6. rakel

7. screen panas

8. kaca yang ada lapisan substrat.

Kerterangan angka biru:

1. pertama screen dilapisi cat dengan rakel disablon diatas substrat

2. bagian substrat maju dibawah pad rubber.

3. pad rubber turun menekan dan mengambil gambar dari substrat

4. Setelah mengambil gambar pad rubber naik lagi keatas. sementara bagian substrat kembali keposisi semula

5. Pad rubber turun kebawah memindah gambar ke barang keramik

6. Setelah memindah gambar pad rubber kembali keatas. dan kembali keurutan no. 1.

2. tidak menggunakan screen, hanya menggunakan rakel dan plat etching.

Media substrat diganti dengan plat kuningan atau tembaga yang lebih modern memakai plastik .

Membuat Etching diplat tembaga atau kuningan ( dipostingan selanjutnya )

Bila kurang jelas, bisa tulis di komentar. Terima kasih atas kunjungannya.

61 Responses to Mencetak gambar di keramik, ceramic printing

  • rita says:

    Salut buat pak Frans…
    Dizaman sekarang ini yang semua serba dikomersilkan, jarang ada orang yang mau mendedikasikan pengetahuannya dipublikasikan untuk umum.

    Luar biasa…”Ilmu pengetahuan akan hidup & lestari kalau disebarkan”

    Dan kalau bisa, ada video tutorial mungkin lebih bagus kali pak… Biar mudah dipahami gitu..(hehehe, hanya sekedar masukan pak?!).

    Terima kasih Pak Frans atas segala pengetahuan yang dipaparkan di website ini.
    Salam dan sukses selalu

  • ade bur zaman says:

    saya seorang guru…mohon informasi tentang menyablon di gelas atau piring…mau saya ajarkan untuk siswa smp terbuka…siswa smp terbuka,sangat membutuhkan keterampilan…karena mereka adalah anak2 yg kurang beruntung untuk belajar di sekolah reguler… di daerah saya, prospek menyablon di gelas atau piring sangatlah menjanjikan…dengan harapan,setelah mereka lulus bisa bisa mendapatkan keterampilan..dan saya berencana menampung mereka setelah lulus,untuk bekerja di “bengkel Karya SMP Terbuka ” yang akan sy dirikan…terimakasih atas bantuannya

  • ade nur zaman says:

    kalu bapak berkenan,,mohon informasi selengkap-lengkapnya…termasuk alat & bahan apa saja yg harus sy siapkan…

    • keramik88 says:

      Bahan yang disiapkan, seperti sablon biasa, screen 120T untuk tiap warna, 30T untuk solution, meja sablon, rakel karet, warna untuk keramik, kertas transfer paper, dan rak untuk meletakkan hasil sablonan. coba dibaca lagi artikelnya supaya lebih jelas.
      Juga Medium untuk mencampur Warna, dan Solution.

  • syam says:

    terima kasih atas informasinya yg sngt bermanfaat bgi saya. kalo bo leh nanya bagian medium n solution kurang jelas.

    • keramik88 says:

      Medium, campuran bubuk pewarna. perbandingan bubuk warna : medium = 100: 60.
      Setelah dicampur rata, ( biasanya pakai mesin mencampur warna terdiri dari 3 buah roll, yang disebut triple roll mill ). langsung disablon. Setelah kering, ditutup dengan cairan Solution ( oil base ), gambar ditutup semua dilebihkan dari tepi gambar sekitar 2-3 milimeter. Fungsinya menyatukan semua warna sehingga kalau dicelup air tidak cerai berai. Semoga bisa dimengerti, Terima Kasih anda sudah mampir di blog saya.

  • totok ws says:

    mohon info tentang mesin yang gambarnya ada di web, harga dan kelebihannya

  • Pingback: Sablon Keramik | keramik88

  • Yusup says:

    pa Frans saya sudah lama tertarik sama artikel yang bapa tulis ini, terutama tentang sablon decal/transfer dan sudah saya coba tapi hasil nga bagus yg ingin saya tanyakan sablon decal untuk mug keramik hrs pake tinta apa & kenapa vernisnya selalu terlihat kuning di mugnya, terimakasih atas perhatian dari pa frans.

    • Anonymous says:

      Terima kasih, mas yusup mencoba yang melalui proses bakar atau yang hanya pakai vernis? kalau pakai vernish cari yang clear, warnanya transparant dan tidak berwarna. Kalau yang melalui proses bakar, vernishnya khusus yang disebut covercoat, atau film solution. warnanya juga khusus berupa bubuk, minyak nya juga khusus yang disebut Medium.
      Kalau belum mengerti harap tanya lagi atau kirim email.

      • andy says:

        pak mau tanya soltion/medium dan bahan ceramic warna belinya dimana?sy tggl di jogja, apa di jogja ada yang jual?atau bpk pnya alamat tokonya?
        wahh hebat bgt pak fran kasih masukan yg luar biasa buat sy.tengkyu bgt..semoga sy bisa mempraktekan yg bapak ulas. GBU

        • keramik88 says:

          untuk jogya saya belum punya kenalan, kalau mau beli sedikit untuk percobaan, silahkan hubungi
          Bapak Swan:
          jln. tengger I/1
          daerah petemon kali Surabaya
          031 5346803
          Fax: 031 5346803
          HP: 08885378033

  • Ardi says:

    Pak, kalau sablon pada gelas yang dari kaca apa prosesnya sama? Berapa harga mesin sablon gelas dan dimana membelinya?

    Terimakasih.

    Salam,

    • Anonymous says:

      Sablon keramik dengan sablon gelas, cara kerjanya sama, dengan memakai alat yang sama yaitu peralatan sablon biasa. Tetapi warnanya memakai yang untuk temperature 580-620C. Memang banyak mesin sablon, tetapi harganya mahal, saya kira untuk pertama usaha tidak perlu pakai mesin. Hubungi toko peralatan sablon, untuk beli alatnya. Warna, medium dan solution harus beli di tempat special jual warna keramik.

  • Pingback: cara membuat gambar di plat tembaga | keramik88.com

  • bayu says:

    salam kenal pak frans, anda memang ruarrr biasa… saya kagum dg keikhlasan bapak memberikan ilmu pengetahuan khususnya di bidang sablon-menyablon. waktu kuliah dulu saya sering menyablon dengan extender dan pasta/rubber untuk kaos, tapi kalau untuk transfer paper saya harus belajar banya dari bapak, kebetulan anak pertama saya mau ultah… mungkin buat test-drive nya saya mau coba sablon di gelas, mohon informasi pak! trims banyak, salut buat pak frans

    • Anonymous says:

      Kalau anda berada di Surabaya bisa menghubungi Sdr. Swan:
      jln. tengger I/1
      daerah petemon kali Surabaya
      031 5346803
      Fax: 031 5346803
      HP: 08885378033
      disini anda bisa membeli secara eceran, artinya dalam jumlah sedikit untuk pemula.Kalau diluar surabaya, coba ditanya mau kirim apa tidak?

  • Andrew Pelt says:

    This article was very informational.

  • haris says:

    salut dan terima kasih pertama kali yg ingin sy sampaikan utk blog ini. menambah wawasan sy sbg pelaku usaha dibidang percetakan, jarang ada org spt bp frans yg berbagi ilmu tanpa mengharapkan pamrih. sekali lg salut buat bp frans smg Tuhan membalas budi baik bpk…amin.
    satu yg ingin sy tanyakan pd bp, krn stl membolak balik isi blog ini hampir 2 jam ternyata sy blm menemukannya. yg ingin saya tanyakan adl bgm cara membuat medium khusus utk pad print yg bila dipanaskan akan mencair, atas respon nya sy ucapkan trm ksh
    salam

    • keramik88 says:

      sudah komitmen saya membangun website ini untuk menolong yang membutuhkan selama saya mampu. memang medium itu tidak akan didapat dari dalam negeri, biasanya import. karena boss saya dulu selalu mendukung dan menghargai ide saya, dan selalu siap menyediakan bahan-bahan yang dibutuhkan. akhirnya saya leluasa dan bebas mencoba campuran2 yang tidak ada didalam negeri. Tetapi maaf campuran lengkapnya saya sudah lupa, karena setiap saya menemukan campuran, setelah itu saya limpahkan ke karyawan saya dan tidak pernah lagi mencatat. Campuran utama adalah Arpus yang dipanasi dulu, kemudian supaya tidak cepat mengeras lagi ditambahkan minyak kamper. jangan terlalu banyak minyak kampernya karena nanti susah mengeris atau membeku. silahkan mencoba sendiri, kalau ada kesulitan, jelaskan yang mendetail akan saya bantu.

  • MANDA CERAMIC says:

    paK fRANS saya ingin sekali belajar, gimana cara membuat gambar di cerammic, , adakah alat mekanik yang bisa mencetak lsg di ceramic dengan design komputer?

    • admin says:

      yang anda maksud mencetak gambar memakai printer sublimasi? yang anda butuhkan hanya printer Epson dengan tinta Sublim, dicetak diatas kertas Sublim, ditempel dipermukaan Mug, kemudian dipanasi memakai alat press panas ( Harganya Rp. 1,3 juta)

  • Andriyono_sby says:

    Pak Frans,

    pokoknya maturnuwun alias terima kasih atas artikel yang di tulis di blog. Saya belum punya pertanyaan tapi nanti Saya pingin belajar. rumah saya dekat dengan jalan tengger.

    Suwun2 Pak Frans

  • kacir says:

    saya dari surabaya …kalau mau beli cat bubuk yg buat sablon keramik dimana ya ?……

  • kacir says:

    saya mau tanya lagi……kalau setelah di sablon di kertas decal…trus di transfer di mug apa bisa langsung di oven …apa ada resep² yg harus di kerjakan lagi….

    • iwansa says:

      maaf bang mod/adm, numpang jawab mungkin bs membantu.
      semoga makin maju keramik88

      Dear kacir,
      kami bisa membantu untuk pengadaan oven/kiln untuk pembakaran mugnya, ukuran kapasitas kecil maupun besar bs saya buatkan.
      kirim email: iwansa@gmail.com
      sms: 081310492672

      terimakasih

  • admin says:

    bisa langsung dioven, kalau warnannya untuk 580 ya di oven 580C – 620 C

  • kacir says:

    kalau boleh tau….harga oven buat mug itu berapa ya…..trus belinya dimana ?……..terimah kasih atas penjelasannya…..

  • admin says:

    oven untuk pembakaran keramik sekitar 10 jt, temperatur sampai 900C, kalau oven yang memakai printer sublim, temperatur sampai 200C hanya 1,3 juta ( saya masih ada satu ).
    artikelnya bisa dilihat di blog ini. ( mencetak di mug keramik )

  • kacir says:

    saya mau tanya lagi kalau harga oven yg panasnya sampai segitu berapa ya….dan belinya dimana ….atas informasinya saya ucapkan terimakasih……..

  • kacir says:

    kalau boleh tau kalau beli oven buat mug itu berapa ya dan belinya dimana ?………

  • koesby says:

    Gimana caranya buat pad printing? terus dimana saya bisa dapat pad rubbernya?….
    cat yang digunakan untuk pad print jenis apa?
    terima kasih sebelumnya

  • Johnny says:

    Pak Frans mohon petunjuk bagaimana caranya membuat foto di keramik ukuran 20×20 atau 30×30 untuk keperluan foto nisan tentunya tahan terhadap sinar matahari/hujan mohon disertai harga alat-alat dan bahan bakunya
    atas petunjuk saya ucapkan terima kasih

    johnny

    • admin says:

      Untuk membuat foto ini mestinya pesanan hanya satu buah, jadi kiln/tungkunya mestinya kecil agar bisa menghemat bahan bakar dan pembakarannya cepat, lebih praktis kalau memakai kiln listrik. Agar biaya tidak mahal, tidak perlu memakai alat pengukur panas, pakai waktu aja. Mungkin hanya 3-4 jutaan. Untuk mecetak gambar memakai sablon manual, bubuk warna bisa saya belikan, biasanya yang saya lihat hanya satu warna. Kalau memakai 4 warna ( color separasi ), warnanya mahal sekali. Untuk sablon bisa anda cari di artikel lain di blog ini. Kalau anda akan membuat kiln sendiri juga sudah saya tulis.

  • pipin says:

    saya salut dan unjuk jempol untuk Bpk.FRANS HARTANTO.yang mana dalam menyebarkan ilmu pengetahuan ke pada semua orang tanpa pandang bulu,saya bisa pastikan banyak pengungah yang sudah merasakan manfaatnya. barangkali ada yang membutuhkan gambar, ato desain manual untuk alat sablon gelas /mug bakar. kami dapat kirimkan,yang mana desain ini adalah rekayasa sy sendiri, untuk mensiasati harga pabrikan yg cukup mahal. salam sejahtera> GBU

  • ika says:

    pak.. saya pengin usaha sablon di gelas..krn dikota saya
    masih ada 1 orang yang bisa..itupun qta gak bisa tau proses
    pengerjaannya. 2 jempol untuk pak frans yang mau berbagi dengan kita.paket mesin cetak gelas+oven+kursus mengerjakannya nyampe berapa ya pak…??mhn infonya.ato kalo kursusnya aja bisa gak?brp?

  • Dzulkarnaien syahri says:

    Bapak/ibu, bagaimana cara untuk pembuatan medali? dan bahan apakah yang harus dipersiapkan, terima kasih sebelumnya

    • admin says:

      Medali yang anda maksud seperti apa? bisakah anda mengirim foto ke email saya di Direct Contact yang sudah saya sediakan di bagian Page diatas blog ini?

  • luar biasa bapak frans…makasih banyak buat ilmu dan infonya…untuk beli medium, solution dan warna diman bisa didapt pak, ato mungkin kursus kalo ada…saya didaerah ponorogo, jawatimur

    • admin says:

      setengah jam udah sampe ke tempat saya. kalau mau beli sudah saya cantumkan alamatnya, ok,
      saya cantumkan lagi :
      Bapak Swan:
      jln. tengger I/1
      daerah petemon kali Surabaya
      031 5346803
      Fax: 031 5346803
      HP: 08885378033

  • agus says:

    tks banget, g mana caranya transfer foto ke keramic dg peralatan mesin pemanas

  • toni says:

    pak untuk beli medium,solution,warna
    klo dijakarta dimana ya?

  • yosep says:

    Pa Frans, Selamat Natal dan Tahun Baru 2012.
    Pa, saya ada kontak ke ceramik toner dan dapat sample tapi hanya satu, setelah saya oven, hasilnya hitam, entah over firing atau kenapa saya belum tahu, sebabnya kira-kira apa ya pak, tempereatur decalnya 820*C berhubung saya belum punya thermo kontroler jadi saya bakar kira-kira sampai memerah piring keramiknya. Pak, kalo harga satu set thermo kontroler dan thermo sensor berapa ya? Trims,

    • admin says:

      Thercontrol 450 ribu, thermocouple type K ( dibawah 1100C) 600 ribu

      • yosep says:

        Jadi semuanya 1,050 ribu. kalo berat total thermo kontroler dan thermocouple kira kira berapa pak? maksudnya supaya bisa tahu ongkos kirimnya juga? cara instalasi dan pemakaiannya bagaimana pak Frans? apakah ada instruksi manual nya? Trims.

    • admin says:

      Kalau saya belum coba tidak berani menjawab.

  • arif says:

    pak frans…ada nggak cat utk sablon gelas yg tdk usah melalui proses pemanasan.trims

  • yuzma says:

    kalo teknik sederhana bikin permukaan gelasnya jadi buram pake bahannya apa?thx

  • Jhony says:

    slm sjahtera &sukses slalu..! bersyukur & trimakasih yg pling dlm, inilah ungkapan yg png dlm sy rasakan saat ini, hingga sy bs bertemu dg web blog ini dlm asuhan bpk.Frans yg dg tulus ikhlas panjang lebar & tlaten mlayani n mendapingi para pembaca d tanah air kt tercinta. 10 th perjalanan panjang mencari ksempurnaan bahan & cara kerja mudah dlm dunia printing/ sablon tlah sya temukan di sini. kiranx bpk.Frans berkenan memberikan petunjuk n arahan via email/Eebook/ cara kerja manul sablon gelas/mug/ sgl brng pecah belah dlm sgl area( cekung.datar.embung) yg anti rontok & gores. mngingat ap yg tlah sy lakukan slama ini jah dr ksemprnaan, mudah nglupas, rontok, baik ya\g sblon lansung/dg tranfer, walo finishinh kmi jg dg oven LPG. d mana & k mana sy bisa , blajar kilat tehnis cepat mudah + beserta tinta / minyak yg cocok & Pas dg problem yg sy hadapi yg sdh ckp lama ini. beserta OVEN gas nx, n brp harga oven tsb & bserta bhan2/alt pendukung lainx ? ( unt tinta sy mw mencoba yg eceran dl). dmikian , kiranx bpk.Frans berkenan membantu..! slm damai slalu unt bpk bsrta kluarga & sgnap crew.

    • admin says:

      Terima kasih, saya sudah tua, untuk apa menyimpan ilmu yang nantinya hilang ditinggal mati? Saya masih menyusun ebook yang anda maksud, tapi malasnya, sibuknya, amit-amit deh. Dengan penghargaan anda ini semoga saya bisa meyelesaikan ebook saya. Yang jelas printing mug saat ini yang digital tidak bisa menyamai Ceramic Decal. yang tahan gores, tahan sinar matahari, sampai ratusan tahun. Tapi….warna dan oven/tungkunya yang mahal.

  • Jhony says:

    untk hal2 tsb di atas bs SMS d no kmi : 081 23 78 325 17 ( sy Jhony) di Jl.Bandulan.8?K.2. no.4 Malang Jatim) mks slm sukses unt smuanx

  • budi says:

    pak Frans yg super..
    minta sharing dong peralatan apa saja yg dibutuhkan untuk memulai usaha sablon gelas. trus bagaimana cara membuat gelas doff putih jadi warna?
    terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Langganan Artikel

Artikel baru akan selalu dikirim ke Email anda bila mendaftar, isi alamat Email yang benar, klik Daftar. Setelah itu cek Email anda untuk konfirmasi dengan klik link yang dikirim. Untuk lebih jelasnya, lihat "Cara Daftar" diatas

Masukkan alamat Email:

Delivered by FeedBurner

Video keramik88