Visitor Keramik88


View My Stats

Grosir PIN

PIN

Mesin Press Kaos & MUG

Flat-Heat-Press-Machine-CE

Slider

[cycloneslider id="slider1"]

Cara membuat patung terracotta

Advertisment

Patung Terracotta, Patung tanah liatMembuat patung terracotta, lebih leluasa karena tanah liat untuk terracotta sangat plastis, kalau kurang tebal atau kebanyakan waktu mengukir, bisa di tambal dengan mudah. Dan harganya pasti murah. Untuk perbandingan, harga satu genteng (roof tile) hanya Rp. 500,-

Kekurangannya :

  1. Campuran pasirnya kurang halus, karena memang tidak digiling, hanya dicampur saja. Sehingga sangat mengganggu untuk membuat patung yang kecil. Karena harus mengeluarkan butiran pasir, dan menambal kembali.
  2. Akan mengering bila tidak ditutup rapat dengan plastik.

Alat yang dibutuhkan untuk membuat patung dari tanah liat terracotta bisa anda lihat disini

Pertama yang dilakukan, remas-remas tanah liat seperti membuat adonan roti yang biasa disebut kneading agar gelembung udara didalamnya hilang. Setelah itu bentuk dengan tangan garis besar dari patung yang akan dibuatnya, setelah itu di kerok (scraped) dengan alat seperti dibawah ini agar mendekati design patung yang dibuat. Tetapi pada tahap ini jangan mengukir secara detail pada satu bagian, perhatikan garis besarnya dulu.  Misalkan bentuk lekukan tubuh manusia, atau kalau kepala dada, perhatikan garis besar kepala yang menghadap miring, jangan memikirkan bagaimana detail mata, hidung. Kalau posisi sudah terasa cukup baik, baru mulai menyentuh bagian detailnya.

Untuk sentuhan detailnya anda bisa menggunakan peralatan dari kayu atau stainless steel , yang bisa dibuat sendiri  seperti alat ukir untuk tanah liat  lunak.

Advertisment

Kalau pengerjaan belum selesai, jangan lupa menutup rapat dengan plastik agar bisa dibentuk lagi nanti dan tidak mengeras. Bila ada yang kurang, misalnya pada patung manusia, pipinya kurang gemuk, bisa ditambal dengan tanah liat lagi, ditekan dan dihaluskan. Kalau kelebihan bisa di kerok ( scraped).



Bila pengerjaan sudah dirasa sudah sempurna, bisa dikeringkan dengan suhu ruangan, plastik bisa dibuka, tetapi  jangan dikeringan dibawah terik matahari pada hari pertama. Keesokan harinya baru bisa mulai dikeringkan dibawah sinar matahari, sampai betul-betul kering baru bisa di bakar ditungku.

Agar permukaan terlihat halus dan agak mengkilap, setelah tanah liat setengah kering bisa anda gosok dengan sikat gigi.

Cara membakar Tanah liat Terracotta bisa memakai  tungku mini

Advertisment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel

Artikel baru akan selalu dikirim ke Email anda bila mendaftar, isi alamat Email yang benar, klik Daftar. Setelah itu cek Email anda untuk konfirmasi dengan klik link yang dikirim. Untuk lebih jelasnya, lihat "Cara Daftar" diatas

Masukkan alamat Email:

Delivered by FeedBurner

Video keramik88