Visitor Keramik88


View My Stats

Grosir PIN

PIN

Mesin Press Kaos & MUG

Flat-Heat-Press-Machine-CE

Slider

[cycloneslider id="slider1"]

Aplikasi Decal di media kayu

Advertisment

decal-kayu-2-k

Membuat hiasan diatas permukaan media kayu menjadi sangat mudah. Memindahkan gambar, foto keatas permukaan kayu hanya sekejab. Bila anda akan mencari penghasilan dari metode ini, sangat memungkinkan, misalnya ditempat wisata, anda bisa memotret wisatawan, dicetak diatas kertas decal , langsung bisa dipindahkan ke permukaan kayu, dan bisa menjadi oleh-oleh, nantinya akan menjadi hiasan rumahnya.



Bentuk kayu bisa anda buat sendiri, misalnya berupa gantungan kunci, bulat, oval, kotak sesuka anda. Semakin lama anda membuat usaha nantinya akan mengetahui selera konsumen. Karena saya ingin segera share, penulis beli kayu seadanya dipasar tradisional seharga 5.000- 10.000 rupiah.

Nah apakah anda tertarik ? modal yang paling banyak adalah printer dan komputer tentunya. Kalau kamera ? semua orang mempunyai kamera HP. Apa lagi yang dibutuhkan?

  1. Komputer/laptop
  2. Printer
  3. Kertas Decal sesuai tinta yang dipakai
  4. Kayu, triplek
  5. Varnish bisa politur, cat clear mobil, pilox clear dlsb

Setelah anda menyiapkan kayu, tutupi pori-pori kayu/triplek dengan politur, varnish, atau cat bisa juga pakai lem tembok yang penting pori-pori kayu tertutup. Tujuannya supaya gambar bisa menempel dengan baik. Bila pori-pori tidak sempurna tertutup, maka gambar yang disatukan dengan pilox tidak akan bisa menempel ( melekat ) ke atas permukaan kayu.

decal-kayu-k

Siapkan bahan kayu yang sudah di varnish sebanyak anda butuhkan. Keringkan dulu sebelum ditempel, bisa dijemur, hairdryer dsb.

Setelah anda mempunyai stok kayu yang sudah dipolitur, varnish. Sekarang siapkan foto/gambar yang akan dipindahkan ke kayu. Ukur panjang lebar kayu agar sesuai nantinya.

Siapkan kertas decal yang sesuai dengan tinta/printer yang anda pakai:

Tinta dye ( tinta biasa ) : Bila anda memakai printer canon, atau printer epson yang memakai tinta biasa, maka kertas decalnya memakai kertas decal khusus untuk tinta dye, belinya disini

Tinta Sublime, Art Paper, Pigment, Durabrite keempat jenis tinta tersebut sebaiknya memakai kertas decal sublime. Kertas decal ini hanya ada di multisaranacetak.com tidak ada ditempat lain di seluruh indonesia. Bila anda memakai tinta pigment, memakai kertas decal selain kertas decal sublime, hasilnya masih ada yang luntur. Anda bisa beli disini

Advertisment

Printer Laser: Bila anda mencetak menggunakan printer laser, sebaiknya beli kertas khusus untuk printer laser. Dari kedua jenis kertas decal diatas, kertas decal laser harganya paling murah. Beli disini

Setelah dicetak, semprot dengan pilox clear, atau jenis clear lainnya. Tetapi anda harus test clear mana yang hasilnya tidak mudah robek. Sifat clear/varnish bila terlalu kering akan mudah robek. Bila belum kering terlalu lentur dan lengket, susah meratakannya. Waktu pengeringan sebaiknya setelah 2 jam di suhu ruangan tanpa dijemur dibawah sinar matahari.

decal-kayu-3-k

Setelah kering, gunting, celupkan kedalam air sampai lapisan clear dan gambar sedikit mengambang, sehingga mudah digeser, basahi dulu permukaan kayu sebelum ditempel agar nantinya mudah digeser bila letaknya kurang tepat. Gosok dengan karet rakel khusus dari bagian tengah gambar ke bagian tepian gambar sampai semua lapisan coating, clear melekat rata tidak ada gelembung udara dibawahnya.



Setelah itu keringkan bisa dibiarkan saja di suhu ruangan, dipanas matahari, atau hairdryer. Bila memakai hair dryer jangan terlalu panas, kemungkinan kadar air yang ada didalam kayu akan menimbulkan gelembung pada permukaan gambar.

Bila menginginkan agar gambar lebih kuat lagi, bisa disemprot lagi dengan varnish berulang setebal yang anda inginkan. Atau dilapis lagi dengan resin. Tetapi bila hanya untuk hiasan dinding cara diatas sudah cukup kuat. Hasil terbaik dan tahan lama setelah melalui percobaan test yang saya lakukan adalah memakai printer laser dan memakai tinta duraultra. Sebaiknya jangan memakai tinta sublime, karena jangan waktu lama gambarnya akan buram, dan mekar atau blur.

Beberapa hasil test decal yang diaplikasikan ke kayu :

kayu-di-decal-k

Cat dasar saya pakai cat tembok merk catylac untuk exterior ( luar rumah ) karena untuk luar rumah lem PVAC nya lebih banyak sehingga tidak meyerap air yang membuat pori2 kayu bisa tertutup. Saya beli yang warna putih saja. Untuk pewarnaan bisa memakai sedikit tinta pigment atau tinta duraultra, bila dirumah anda ada. Atau pewarna lain yang berbasis air. Decalnya yang saya pakai bukan decal putih, Karena saya memakai tinta duraultra, agar hasilnya tebal dan tidak luntur, saya memakai kertas decal sublime. Print dengan tinta duraultra, cetak dengan posisi mirror ( terbalik ), semprot/tutupi dengan piloc putih type 102. Setelah kering, ( 2-3 jam ) masukkan ke air, lapisan pilox putihnya yang menempel dipermukaan kayu, gosok dengan rakel khusus decal dari tengah kesamping. Setelah itu keringkan di suhu ruangan saja. atau dijemur di matahari.

kayu-di-decal-2-k

sama dengan cara diatas, hanya lapisan coating memakai pilox clear. Warna saya campur tinta duraultra biru dan tinta kuning.

home-sweet-home

Advertisment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel

Artikel baru akan selalu dikirim ke Email anda bila mendaftar, isi alamat Email yang benar, klik Daftar. Setelah itu cek Email anda untuk konfirmasi dengan klik link yang dikirim. Untuk lebih jelasnya, lihat "Cara Daftar" diatas

Masukkan alamat Email:

Delivered by FeedBurner

Video keramik88