Visitor Keramik88


View My Stats

Grosir PIN

PIN

Mesin Press Kaos & MUG

Flat-Heat-Press-Machine-CE

Tas Branded Murah

Tas GUESS asli

Download ebook gratis

Membuat Keramik itu Mudah ( bagian I )

Membuat Keramik itu Mudah

I. Kata pengantar

II. Yang perlu disiapkan

1. Bahan untuk membuat barang keramik.

2. Mixer untuk bahan keramik.

3. Glasir

4. Cetakan Gypsum

5. Penggiling Glasir

6. Rak Pengering, Meja untuk kerja

7. Timba untuk mencelup glasir

8. Pisau, Amplas

9. Oven/ kiln/ tungku

III. Cara mengolah bahan keramik

IV. Cara membuat cetakan gypsum

V. Bahan Glasir dan cara mengolahnya.

VI. Cara mengoperasikan Oven/ Kiln/ Tungku

VII. Info tempat jual bahan

VIII. Info tempat belajar keramik


I. Kata Pengantar Kali ini saya akan membagikan Ebook Membuat Keramik itu mudah. Tetapi saya postingkan sekali, kalau mau ebooknya bisa download di link dibawah ini. Ebook ini saya buat, supaya bisa lebih mudah memahami cara membuat keramik. Dalam membuat ebook ini saya kondisikan, bagaimana kalau saya masih awam dalam hal keramik. Sehingga anda tidak menganggap bahwa membuat keramik itu sulit. Bagaimana untuk memulainya? Bagaimana saya mendapatkan bahan untuk membuat keramik? Apa saja yang diperlukan? . Yah! semua nya saya coba untuk membahasnya secara gampang, tidak pakai bahasa yang rumit, saya usahakan bahasa untuk orang awam.

II. Yang Perlu disiapkan.

1. Bahan untuk membuat barang keramik.

2. Mixer untuk bahan keramik.

3. Bahan untuk membuat Glasir

4. Cetakan Gypsum

5. Penggiling Glasir

6. Rak Pengering, Meja untuk kerja

7. Timba untuk mencelup glasir

8. Pisau, Amplas

9. Oven/ kiln/ tungku

1. Bahan untuk pembuatan keramik. Untuk pemula dan seniman, lebih baik beli bahan yang siap pakai ( ready mix ). Jadi anda tidak perlu menggiling, tidak perlu membuat campuran sendiri, tinggal pakai aja. Mengapa? karena kalau membuat sendiri, harus mempunyai penggiling bahan yang cukup besar dan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Untuk membuat bahan keramik sendiri bisa dilihat di sini

2. Mixer untuk bahan keramik Mixer perlu untuk menghancurkan atau mencairkan bahan keramik. Kebanyakan pengerajin, seniman keramik membuat sendiri dengan bantuan bingkil las. Bentuk mixer seperti ini.

pengaduk bahan

pengaduk bahan

Mixer 3. Glasir. Glasir fungsinya untuk bagian luar barang keramik sehingga mengkilap seperti kaca. Ada yang transparent sehingga warna barang keramik terlihat. Ada juga yang warna, atau texture kayu, kristal dll. 4. Cetakan Gypsum. Cetakan Gypsum terbuat dari bahan gypsum, fungsinya kalau bahan keramik dimasukkan, airnya akan diserap oleh cetakan, dan akan membentuk lapisan, yang semakin lama semakin tebal Lihat gambar ini setelah keluar dari cetakan.

membuka cetakan

membuka cetakan

5. Penggiling Glasir Contoh penggiling glasir kecil ( potmill ) cukup untuk 1-2kg bahan glasir kering.

penggiling glasir

penggiling glasir

6. Rak pengering. Rak pengering bisa dibuat dari kayu, fungsinya untuk mengeringkan barang keramik yang masih mentah ( greenware ) Kalau belum ada rak pengering, bisa dijemur dibawah sinar matahari.

7. Timba untuk mencelup glasir. Cairan glasir yang sudah halus dimasukkan kedalam timba plastic, volume glasir diperkirakan cukup untuk mencelupkan seluruh permukaan barang keramik.

8. Pisau dan amplas. Pisau digunakan untuk membuang kelebihan tanah liat yang tidak diperlukan, kemudian untuk menhaluskan memakai amplas.

9. Oven/ kiln/ tungku

kiln

kiln

Tunggu sebentar Bagian II. III. Cara mengolah bahan keramik IV. Cara membuat cetakan gypsum V. Bahan Glasir dan cara mengolahnya. VI. Cara mengoperasikan Oven/ Kiln/ Tungku VII. Info tempat jual bahan VIII. Info tempat belajar keramik IX. Download ebook Membuat Keramik itu Mudah.

11 Responses to Membuat Keramik itu Mudah ( bagian I )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Langganan Artikel

Artikel baru akan selalu dikirim ke Email anda bila mendaftar, isi alamat Email yang benar, klik Daftar. Setelah itu cek Email anda untuk konfirmasi dengan klik link yang dikirim. Untuk lebih jelasnya, lihat "Cara Daftar" diatas

Masukkan alamat Email:

Delivered by FeedBurner

Video keramik88