Visitor Keramik88


View My Stats

Grosir PIN

PIN

Mesin Press Kaos & MUG

Flat-Heat-Press-Machine-CE

Slider

[cycloneslider id="slider1"]

Rentang suhu untuk glasir keramik.

Advertisment

Glasir di keramik mempunyai rentang suhu yang berbeda tergantung jenis body dan glasirnya. Jika dibakar dengan suhu yang terlalu rendah, glasir tidak matang. Kalau terlalu tinggi glasir akan meleleh lari kebawah. Agar supaya berhasil dengan baik, harus tahu kisaran suhu berapa yang dibutuhkan pada body dan glasir tertentu.

Glasir Sangat Rendah:

Dari cone 022-cone 013 ( 605-850C)

Kisaran suhu tersebut untuk glasir sangat rendah dan mengkilap, body harus dibakar dulu tanpa atau memakai glasir pada suhu yang lebih tinggi agar kuat dan tidak kalis ( crawling). Biasanya berbentuk Luster perak, emas dll atau glasir yang memakai kandungan borax.

Glasir Rendah:

Dari cone 012- cone 02 ( 882-1120C)

Glasir pada kisaran suhu tersebut sering digunakan, kelebihan pada suhu tersebut, semua pewarna bisa digunakan dengan baik. Misalnya Maron, Pink. Tetapi tidak stabil bila dibakar pada temperature tinggi.

Kelemahannya:

Body keramik tidak kuat, masih kuat meyerap air, berpori-pori

Advertisment

Banyak glasir yang digunakan pada suhu tersebut mengandung racun seperti Plumbum, Borax

Glasir menengah Rendah:

Dari Cone 01- cone 3 ( 1110- 1145C)

Glasir kisaran suhu tersebut termasuk banyak digunakan, pastinya lebih kuat daripada glasir sebelumnya yang lebih rendah. Dan juga banyak warna yang bisa dipakai dengan baik.

Glasir Menengah:

Cone 4- Cone 7 ( 1165-1210C)

Pada suhu tersebut harus perduli pada penghematan bahan bakar, karena lebih banyak energy yang dibutuhkan. Termasuk pengggunakan tungku listrik. Kelebihannya pada kisaran suhu tersebut, keramik dan glasir lebih kuat dan tahan lama, masih banyak pewarna yang bisa digunakan pada suhu tersebut.

Glasir Tinggi:

Dari cone 8- cone 14 (1260-1390C)

Pada kisaran suhu ini termasuk jenis stoneware dan porselen. Glasir dan body lebih padat dan kuat.  Pewarna yang digunakan lebih terbatas, sebagai variasinya bisa digunakan Oksida-oksida lain, seperti cobalt oxide dll

Advertisment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel

Artikel baru akan selalu dikirim ke Email anda bila mendaftar, isi alamat Email yang benar, klik Daftar. Setelah itu cek Email anda untuk konfirmasi dengan klik link yang dikirim. Untuk lebih jelasnya, lihat "Cara Daftar" diatas

Masukkan alamat Email:

Delivered by FeedBurner

Video keramik88