Visitor Keramik88


View My Stats

Grosir PIN

PIN

Mesin Press Kaos & MUG

Flat-Heat-Press-Machine-CE

Slider

[cycloneslider id="slider1"]

Cara menuang cairan/bubur keramik ke cetakan

Advertisment

How to pour the liquid / slurry into the ceramic mold

Sebelum anda menuang cairan/bubur keramik kedalam cetakan gypsum, periksa dulu cairan dangan terlalu encer atau terlalu kental. Cara mengukur bisa anda lihat disini

 

Setelah memenuhi syarat yang di anjurkan, siapkan cetakan, buka belahan cetakan satu persatu, bersihkan sisa-sisa bahan yang kering bekas cetakan sebelumnya dengan menggunakan kuas, lebih baik lagi bila anda menggunakan semprotan angin dari compressor.

Bila tidak bersih, bahan sisa yang kering akan menempel dan masuk di hasil cetakan yang baru, mengakibatkan terpisahnya bahan kering dengan bahan yang baru dicetak, akan memisah menimbulkan retak, sehingga tidak bisa dipakai.

Setelah bersih, pasang kembali belahan cetakan menjadi satu, diikat dengan ban dalam bekas mobil, yang digunting selebar 1-2 cm, tergantung besar kecilnya cetakan yang digunakan. Pastikan karet pengikat benar kuat, karena bila tidak tekanan dari cairan keramik akan mendesak keluar, cairan/bubur akan keluar melalui celah cetakan.

Gambar diambil dari http://www.caribicdesign.com/process.php

Sekarang anda bisa mulai menuang cairan/bubur keramik . Tuang perlahan jangan berhenti  jika belum penuh. Karena bila anda berhenti ditengah, aka nada garis melingkar pemisah, terutama bila cairan yang anda gunakan terlalu kental.

Tunggu 10-25 menit , tergantung jenis bahan dan viscosity bahan, sampai pada tepi cetakan membentuk lapisan  yang lebih keras, biasanya sekitar 4-6 cm ketebalan, tergantung besar kecilnya cetakan. Semakin besar, harusnya semakin tebal. Semakin tebal, memerlukan waktu yang lebih lama. Saya biasanya menempatkan jam dinding yang agak besar agar mudah dilihat.

Advertisment

Setelah menunggu beberapa waktu sampai ketebalan yang dikehendaki, atau melihat jam dinding dan waktunya untuk menuangkan kembali cairan/bubur keramik  dari dalam cetakan ke tempat tuangan yang berupa saluran menuju sumur pengaduk cairan/bubur.

Tunggu lagi 20-25 menit, tergantung juga bahan yang dipakai, biasanya yang thixotropynya rendah lebih cepat. Bila terlalu cepat, bahan masih lemah/lembek/lunak bentuknya akan berubah dan susah dikeluarkan dari cetakan, kalau terlalu lama akan retak terutama bila cetakan berukir, cetakan cangkir atau teko.

Cetakan yang sudah dipakai 3-4 kali harus dikeringkan, karena sudah mengandung banyak air. Bisa dijemur di panas matahari selama  1-2 hari, atau dibiarkan di suhu ruangan 3-4 hari, atau dengan pengering buatan, asal tidak lebih dari 60 derajat celcius

Artkel serupa baca disini

Video pendukung:
Casting: Video ini memperlihatkan cara mulai menuangkan cairan/bubur keramik ke dalam cetakan, sampai mengeluarkan dari cetakan. Tahap demi tahap anda akan lebih mudah memahami proses mencetak menggunakan system tuang atau casting.

Klik foto untuk download

 

 

 

Advertisment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel

Artikel baru akan selalu dikirim ke Email anda bila mendaftar, isi alamat Email yang benar, klik Daftar. Setelah itu cek Email anda untuk konfirmasi dengan klik link yang dikirim. Untuk lebih jelasnya, lihat "Cara Daftar" diatas

Masukkan alamat Email:

Delivered by FeedBurner

Video keramik88