HOME
Home » Ceramic Kiln » Ceramic techniques » Set the correct temperature ceramic furnace

Set the correct temperature ceramic furnace

Posted at Agustus 9th, 2011 | Categorised in Ceramic Kiln, Ceramic techniques

Mengatur suhu tungku keramik yang benar, dengan adanya beberapa kali percobaan yang saya alami pada waktu membakar keramik, pengaturan suhu sangat penting sekali untuk membuat keramik yang bagus, karena pembakaran di tungku adalah proses terakhir yang menentukan hasil keramik itu baik atau tidak.

Kalau anda menggoreng makanan diwajan, apa yang anda hasilkan bila apinya besar , cepat matang atau bagaimana bila apinya kecil lama matangnya. Sama-sama menggoreng tetapi hasilnya tidak sama. Dengan api besar, waktu pendek,  kematangan tidak merata sampai didalam. Apinya kecil waktunya lebih lama kematangan lebih merata sampai didalam.

Besar kecilnya ayam untuk digoreng, membutuhkan panas dan waktu yang berbeda, ayam yang besar pasti membutuhkan waktu yang lebih lama agar bagian dalam juga matang. Demikian juga bila anda membakar keramik, semakin banyak yang dibakar, membutuhkan waktu yang lebih lama bila dibanding bila yang dibakar lebih sedikit. Atau lama pembakaran ditentukan oleh jumlah berat barang yang dibakar.  Semakin berat jumlah barang yang dibakar, semakin banyak energy / bahan bakar yang dibutuhkan.

Contoh membakar Decal Transfer Paper :

  1. Mengggunakan tungku drum  dengan diameter 38 cm, tinggi 55 cm, isolasi memakai ceramic fiber satu lapis, tekanan gas 0,1 bar. Menggunakan satu buah burner. Jenis Decal Transfer Paper untuk 580C, hanya membutuhkan 15 menit, jumlah yang dibakar 2 pcs mug standart.
  2. Menggunakan tungku ukuran 60X60X60 cm, isolasi batu bata, burner 4 buah, tekanan gas 0,1 bar, Jenis Decal Transfer Paper untuk 580C ( sama dengan diatas ), Waktu pembakaran 30 menit, temperature menunjukkan 730C. ( seharusnya membutuhkan suhu 620C ) . Decal masih mentah, kurang mengkilap.
  3. Kesimpulannya, lebih besar ruang bakar, membutuhkan bahan bakar yang lebih banyak, dan waktu yang lebih lama. Bagaimana bisa suhu yang dianjurkan 620C, tetapi  pada suhu 730C belum matang? Berapa derajat lagi yang dibutuhkan agar bisa matang ?

Cara no.2 tidak dianjurkan untuk membakar keramik, karena tidak sesuai dengan temperatur yang dibutuhkan. Yang betul dan disarankan adalah bila sudah mencapai suhu yang dibutuhkan, panas ditahan beberapa waktu, pada suhu tersebut, sampai matang merata.
Dibawah ini adalah target suhu untuk 620C, penambahan tekanan gas untuk menaikkan suhu dilakukan setiap 15 menit.

180

220

300

390

474

537

587

620

620

620

620

Seperti yang anda lihat, setelah mencapai 620C, suhu ditahan sampai 1 jam. Lamanya menahan suhu tergantung berat barang yang dibakar, semakin sedikit barang yang dibakar, semakin pendek waktu yang dibutuhkan untuk menahannya.

Pembakaran bisque adalah pembakaran tahap pertama sebelum dilapisi glasir. Membutuhkan suhu 700-800 derajat Celcius.

Terra Cotta, Earthenware membutuhkan suhu 1050-1160 derajat Celcius.

Decal Transfer Paper untuk gelas 580-620 derajat Celcius

Decal Transfer Paper untuk keramik 780-820 derajat Celcius

Stoneware & porcelain 1180-1240 derajat Celcius.

Setiap tungku yang dipakai mempunyai karakter sendiri, yang harus dipelajari, diamati, dicatat, sehingga nantinya anda akan mengetahui sendiri perlakuan apa yang dibutuhkan agar menghasilkan keramik yang baik.

Yang mempengaruhi perbedaan tungku adalah seberapa luas ruangan untuk membakar keramik, berapa banyak burner yang dipakai, seberapa besar lubang burner, isolasi apa yang dipakai, seberapa baik isolasi menahan panas agar panas tidak menjalar keluar dinding, tinggi rendahnya ukuran diameter cerobong tungku.

Semuanya harus diperhitungkan untuk menghasilkan tungku yang baik dan menghemat bahan bakar.

No comment for Set the correct temperature ceramic furnace

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Enter Captcha Here : *

Reload Image

Related Post to Set the correct temperature ceramic furnace

Jenis tungku keramik

Posted at Januari 30, 2012

Bila anda akan memulai membuat keramik, perlu mengetahui jenis tungku keramik. Dan keramik jenis apa yang akan dibuatnya. Disini ada beberapa jenis Tungku Keramik:... Read More

Bagaimana temperatur bisa merubah tanah liat

Posted at November 7, 2011

Tungku menaikkan dan menurunkankan panas sampai pendinginan, membuat perubahan besar pada tanah liat, yang tadinya lunak, rapuh menjadi keras seperti batu, dan tahan air... Read More

Saya bisa membuat tembikar

Posted at Oktober 30, 2011

Ini adalah cerita dari Robinson Crusoe. Ketika akan membuat roti, saya membutuhkan beberapa wadah. Saya membutuhkan beberapa buah wadah untuk segala keperluan. Membuat wadah... Read More

Cara menuang cairan/bubur keramik ke cetakan

Posted at Oktober 16, 2011

How to pour the liquid / slurry into the ceramic mold Sebelum anda menuang cairan/bubur keramik kedalam cetakan gypsum, periksa dulu cairan dangan terlalu... Read More

Rentang suhu untuk glasir keramik.

Posted at Oktober 12, 2011

Glasir di keramik mempunyai rentang suhu yang berbeda tergantung jenis body dan glasirnya. Jika dibakar dengan suhu yang terlalu rendah, glasir tidak matang. Kalau... Read More