Visitor Keramik88


View My Stats

Grosir PIN

PIN

Mesin Press Kaos & MUG

Flat-Heat-Press-Machine-CE
Download ebook gratis

Membuat Mug coating sendiri

Mug coating adalah mug yang sudah dilapisi coating. Mug coating ini digunakan untuk membuat cetakan digital agar bisa menempel dipermukaan mug. Bila mugnya belum ada coating, gambar yang dibuat menggunakan printer Epson dan tinta sublime ini tidak bisa menempel dipermukaan mug. Sudah banyak yang menjual mug coating untuk keperluan ini. Mungkin artikel ini sudah terlambat, tetapi saya mencoba menulis dengan bahasa dan percobaan saya sendiri. Tidak ada copy paste disini.

Yang diperlukan:

  1. Mug dari keramik polos
  2. Coating ( berbentuk cairan )
  3. Oven untuk suhu  sampai 200

Mug dari keramik polos: Mug dari keramik dibutuhkan karena bisa tahan panas dan tidak berubah bentuk bisa di press dan dipanasi. Bentuknya bisa bermacam-macam, tetapi yang perlu diperhatikan adalah area tempat gambar harus rata, halus, dan lurus ( tidak cembung atau tidak cekung )

Coating ( berbentuk cairan ): Cairan Coating adalah cairan yang berbasis minyak ( oil base) . Fungsinya agar gambar/printing dari tinta sublime bisa melekat diatas permukaan mug yang nantinya tinta sublime akan menyatu dengan lapisan/coating tersebut. Jadi ini sangat penting, kuat dan tidaknya cetakan pada mug coating tergantung dari coating tersebut. Jangan menambahkan pengencer berlebihan untuk menghemat pemakaian, karena pada cetakan yang gelap pada beberapa saat akan memudar. Kualitas dari mug coating terganting dari jenis coating dan pemanasan coating.

Bila anda akan membeli bahan coating sebaiknya dicoba dulu sebelum membeli dalam jumlah banyak. Karena saya lihat ada teman yang pesan mug untuk ulang tahun anaknya, hanya seminggu udah mengelupas. Sangat disayangkan bahwa ada yang tidak menjaga kualitas, yang nantinya akan merugikan diri sendiri, si pemesan dan citra cetak digital pada umumnya.

Oven untuk suhu 200 derajat Celcius

Oven ini berfungsi untuk menguatkan lapisan coating dan berfungsi agar cetakan tidak lengket/melekat pada waktu dibuka setelah keluar dari alat press mug. Oven untuk pemanas bisa menggunakan oven roti yang ada alat pengukurnya. Saya menganjurkan memakai oven listrik, karena coating berbahan minyak, bila memakai LPJ, kemungkinan yang dekat api akan terbakar coatingnya, dan tidak bisa dipakai lagi. Untuk produksi  dengan jumlah banyak, bisa memakai oven listrik yang bisa menampung banyak mug. Pemakaian listriknya tidak besar karena hanya membutuhkan 150-200 derajat celcius.

Cara membuatnya:

Siapkan ruangan yang bersih dan bebas debu, karena bila debu menempel pada mug yang sedang di coating akan terlihat kasar. Cara melapisi dengan coating ini ada beberapa cara:

  1. Disemprot memakai  Spray Gun yang membutuhkan compressor
  2. Dicelup sampai ujung bibir mug, ini memerlukan cairan coating yang cukup banyak.
  3. Dikuas , cara ini paling praktis untuk pemula, karena hanya membutuhkan sedikit cairan coating.

Karena blog saya ini tutorialnya kebanyakan untuk pemula, dan saya juga pemula dalam bidang ini, maka saya memilih memakai kuas. Tidak semua kuas bisa baik digunakan untuk keperluan ini. Kuas kebanyakan yang didalamnya tidak penuh, kurang bagus. Kebanyak kuas bila dipakai serabutnya mudah lepas, sangat mengganggu. Setelah saya mencoba beberapa kuas, saya menemukan kuas untuk Make Up, serabutnya/bulunya halus dan penuh ( tengahnya tidak kosong). Hasilnya sangat memuaskan, tetapi sebelumnya harus dicelup keseluruhannya untuk menghilangkan cat pada gagang . Karena bila tidak warna cat gagang akan luntur dan akan masuk kedalam cairan coating.

Ok, setelah sudah anda lapisi merata, ( jangan sampai ada bagian yang belum tercoating ) diamkan beberapa saat sampai kering, masukkan kedalam oven, atur suhu 150 derajat dulu, selama 10-15 menit, keluarkan. Dinginkan. Setelah itu bisa anda coba untuk mulai mulai menempelkan kertas yang sudah dicetak diatas kertas sublime, kuatkan dengan isolasi ( selotip), masukkan kea lat press panas. Bila nantinya setelah kertasnya dilepas agak lengket, berarti pemanasan mug coating kurang panas atau kurang lama. Coba lagi naikkan suhu menjadi 180 derajat, kalau belum juga, naikkan 200 derajat. Kalau hasil pemanasan lapisan mugnya berubah menjadi kuning, berarti panas berlebihan. Kurangi suhunya.

Selamat mencoba dan saya berharap bisa bermanfaat untuk anda semua.

Anda bisa mendapatkan coating mug yang kuat dan tahan lama ada disini

9 Responses to Membuat Mug coating sendiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Langganan Artikel

Artikel baru akan selalu dikirim ke Email anda bila mendaftar, isi alamat Email yang benar, klik Daftar. Setelah itu cek Email anda untuk konfirmasi dengan klik link yang dikirim. Untuk lebih jelasnya, lihat "Cara Daftar" diatas

Masukkan alamat Email:

Delivered by FeedBurner

Video keramik88