HOME
Home » Glazing » Tips Trik Keramik » Tips to apply glaze.

Tips to apply glaze.

Posted at November 15th, 2009 | Categorised in Glazing, Tips Trik Keramik

Tips menerapkan Glasir.

Untuk menjaga keamanan dan kenyamanan , selalu bersihkan peralatan yang dipakai setelah bekerja. Terutama bila sering berganti glasir atau memakai beberapa jenis Glasir pada tempat yang sama. Bersihkan  peralatan sebelum Glasirnya kering.

  1. Simpan Glasir pada tempat yang sejuk, jangan meletakkan stok Glasir pada tempat yang panas, misalnya diletakkan didekat Oven atau Kiln. Akan menyebabkan Air di Glasir mudah menguap, dan Glasir akan menjadi tebal karena lebih kental.
  2. Selalu menutup rapat tempat stok Glasir untuk menghindari debu dan penguapan.
  3. Selalu dilakukan pengetesan bila akan digunakan dengan mengukur BD dan kekentalan. Caranya bisa anda pelajari disini.
  4. Gunakan mixer yang memakai motor untuk megaduk Glasir, jangan hanya menggunakan tangan atau pengaduk kayu. Akan membuat glasir tidak rata.
  5. Pastikan bahwa biscuit atau green ware anda bersih, bebas dari debu, minyak yang berasal dari tangan berminyak, tangan bekas makanan berminyak, debu yang melengket di biscuit karena sebelum di bakar biscuit kurang bersih. Akan mengakibatkan keluar gelembung pada Glasir, bintik-bintik putih tanpa glasir setelah pembakaran. Bersihkan biscuit dengan memakai spon basah sebelum dicelup glasir.
  6. Pastikan bahwa glasir sebelum digunakan sudah bebas dari Ferro atau bubuk besi. Dengan menggunakan Ferro Filter atau selalu meletakkan sebuah magnit didalam tempat glasir, dan selalu dibersihkan setiap waktu.

Kesalahan dan cara mengatasinya.

  1. Terjadi gelembung udara kecil didalam glasir, terutama pada tempat dimana Glasir meleleh lebih tebal. Terjadi karena Glasir kekentalan atau waktu mencelup kelamaan. Kurangi dengan menambahkan air. Dan ukur BD nya, waktu celup lebih cepat.
  2. Permukaan Glasir terlihat kasar, disebabkan karena Glasir terlalu encer atau tipis. Kurangi air dengan membiarkan beberapa jam agar air berada diatas, ambil dengan spon kering demi sedikit sampai pada BD yang diperlukan.
Tags :

No comment for Tips to apply glaze.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Enter Captcha Here : *

Reload Image

Related Post to Tips to apply glaze.

Cara menuang cairan/bubur keramik ke cetakan

Posted at Oktober 16, 2011

How to pour the liquid / slurry into the ceramic mold Sebelum anda menuang cairan/bubur keramik kedalam cetakan gypsum, periksa dulu cairan dangan terlalu... Read More

Rentang suhu untuk glasir keramik.

Posted at Oktober 12, 2011

Glasir di keramik mempunyai rentang suhu yang berbeda tergantung jenis body dan glasirnya. Jika dibakar dengan suhu yang terlalu rendah, glasir tidak matang. Kalau... Read More

Cara Membuat tungku Terracotta kecil

Posted at Juni 17, 2011

Tungku Terracotta kecil, hanya membutuhkan waktu 1 jam pembakaran,  ide ini saya peroleh setelah saya pergi ke desa Barat di Madiun, dimana banyak sekali... Read More

Saturation point in ceramic

Saturation point in ceramic

Posted at Juni 2, 2011

Saturation point yang berarti titik kejenuhan, mungkin hanya istilah yang saya buat sendiri, ketika menemukan beberapa masalah di keramik. Ada beberapa masalah yang saya... Read More

Tip untuk pengguna Kiln Listrik

Tip untuk pengguna Kiln Listrik

Posted at Mei 31, 2011

Tip untuk pengguna Kiln Listrik Bila anda akan membuat Kiln Listrik untuk keramik, ada beberapa tip yang berguna untuk anda. Kabel Listrik Hindari kabel... Read More