HOME
Home » Etsa gelas » PELUANG USAHA » Membuat gambar bening di gelas doff

Membuat gambar bening di gelas doff

Posted at Juni 23rd, 2014 | Categorised in Etsa gelas, PELUANG USAHA

Membuat gambar bening di gelas doff, rupanya diminati untuk hadiah atau cenderamata / souvenir pernikahan. Memang awalnya gelas bening terlihat murah, ya memang harganya murah? Setelah dibuat doff, terkesan lebih mahal dan lebih anggun. Biasanya setelah dibuat doff, permukaan gelas disablon dengan cat gelas. Tetapi ada juga yang hanya dibuat bening gambar atau hurufnya.

Prinsipnya, gambar atau tulisan harus bisa mengisolasi cairan etsa agar tidak menempel/ bersentuhan dengan permukaan gelas yang akan dibuat gambarnya.¬† Misalnya akan membuat huruf “A” bening, maka huruf A ditempel atau dibuat agar cairan etsa tidak menyentuh permukaan gelas yang berada dibawah tulisan “A”.

Ada beberapa cara untuk membuat isolasi agar cairan etsa tidak menyentuh permukaan gelas.

1. Menutup dengan isolasi ( selotip ). cara ini sangat mudah tetapi harus dipastikan tidak ada selotip yang kelipat, karena dilipatan tersebut cairan etsa bisa masuk, tapi kelemahanya tidak bisa membuat gambar yang detail atau rumit.Kelebihannya : setelah di etsa buka selotipnya mudah.

2. Cutting Sticker: Cutting Stiker bisa dipesan pada pembuat jasa sticker. Sebaiknya pilih bahan yang mudah melepasnya ketika ditempel dipermukaan gelas. Karena yang saya beli dipasaran, motif yang sudah ada, sulit menempel di gelasnya, harus di panasi hairdryer, digosok dengan benda tumpul dan ditekan kuat-kuat baru bisa menempel. Kelemahannya, waktu menghilangkan sticker setelah dietsa lebih lama dan lebih sulit.

 

3.Disablon manual : sablon manual digelas ada dua macam caranya:

a. sablon manual tanpa mesin atau alat. Bila screen gambar sudah siap, cat dimasukkan kedalam bidangan screen, sapu dengan karet rakel sampai menutupi semua permukaan gambar. Sehingga ada lapisan cat yang timbul dibawahnya.

Balik screennya yang tadi menghadap kebawah sekarang menghadap keatas. Gulung gelas diatas cat yang timbul tadi, sehingga gambar menempel pada permukaan gelas. keringkan

b. Menggunakan mesin atau alat sablon. Kalau udah punya alat sablon mestinya sudah mengerti caranya sablon di gelas. Cuman bedanya kalau untuk isolasi akan di buat dof ( dietsa ) tidak perlu ditambah pengeras, agar nantinya mudah dihapus lagi.

 

Hasil etsa dengan cutting sticker

Nah setelah gelas yang akan dietsa, atau dibuat dof /buram sudah siap, dan sudah ditutup dengan isolasi seperti ketiga cara diatas, sekarang siapkan cairan etsanya.

Mempersiapkan cairan etsa:

Siapkan dulu bahan untuk etsa gelas, pastikan anda membelinya di sini. dikemas dalam plastik seberat 800 gram, campurkan dengan 400 mili liter HCL ( air keras ). Maksimal 500 ml tidak lebih. Bila lebih banyak lagi HCL membuat proses etsa lebih lambat dan hasilnya lebih sedikit.

Aduk terus, semakin lama semakin baik. Sebaiknya digunakan keesokan harinya. Simpan dalam wadah plastik yang tertutup rapat, karena uapnya berbau juga demi keamanan jauhkan dari jangkauan anak. Bahan yang sudah dicampur asal tertutup rapat bisa bertahan bulanan, bahkan setahun masih bisa dipakai ( bila pemakaian masih sedikit ). Bila memakaian sudah banyak, maka kekuatan menggerus semakin lemah.

Proses etsa:

Siapkan nampan dari plastik, untuk menampung gelas yang baru dicelup. Letakkan wadah plastik yang sudah ada cairan etsa berdekatan dengan nampan plastik. Celup gelas sebatas bibir gelas, setelah terendam, langsung angkat, letakkan dinampan plastik. Tunggu sampai 1-2 menit sudah bisa dibersihkan pakai air yang mengalir ( Dibiarkan lama juga boleh ). Atau gosok dengan spon basah sampai permukaan gelas tidak licin. Karena setelah dicelup, permukaan gelas terasa licin seperti ada lendirnya, yang bila setelah kering terjadi bercak putih, itu menandakan pencucian kurang bersih.

Finishing:

Setelah dikeringkan, isolator yang masih melekat dipermukaan gelas bisa dilepas atau dibiarkan begitu saja. Bila akan dikelupas atau dihilangkan, yang pakai selotip dilepas seperti biasa, juga yang pakai cutting sticker. Yang memakai spidol dan sablon harus dibersihan memakai thinner atau solvent.

Anda bisa mendapatkan bahan untuk etsa gelas ( frosted glass ) berupa bubuk di multisaranacetak.com

 

2 Komentar for Membuat gambar bening di gelas doff

  • iwansa berkata:

    Pak Frans
    Salam hangat

    Untuk mencetak gambar yang paling praktis ( hemat, cepat dan mudah ) diantara pilihat mencetak yang ada dengan cara apa ya pak?
    tks

    • admin berkata:

      Mencetak dipermukaan apa dulu? kalau di mug keramik, sementara ini yang cepat dan praktis adalah proses press panas. yang memakai alat press dan memakai tinta sublime. Anda bisa konsutasi melalui HP, BBM yang sudah saya cantumkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Enter Captcha Here : *

Reload Image

Related Post to Membuat gambar bening di gelas doff

Magic Trans Paper Solusi Transfer gambar ke mug keramik tanpa coating

Posted at Maret 17, 2017

Untuk memindahkan gambar atau image ke benda keramik spt mug, gelas, keramik, piring dll biasanya menggunakan lapisan coating diatas permukaan benda tersebut, agar bisa... Read More

Membuat Tattoo temporer praktis dan cepat

Posted at Maret 7, 2016

Caranya sangat cepat dan mudah, printer> lapisi dengan tattoo coat > keringkan > pasang !! Membuat tattoo temporer sudah ada beberapa artikel sebelumnya, yang... Read More

Kreasi nomor rumah memakai kertas decal

Posted at Juli 20, 2015

Kreasi nomor rumah memakai kertas decal. Terkadang barang dirumah yang sudah sekian lama tergeletak  didalam rumah, suatu saat bisa berguna, malah kadang menolong kehidupan... Read More

Etsa Gelas atau obat doff Pasta

Posted at Mei 8, 2015

Etsa Gelas atau obat doff Pasta ( Frosted Glass Pasta ) Bahan kimia etsa gelas atau etsa kaca ( obat doff kaca/gelas ) adalah... Read More

etsa gelas, coating

Gelas coating lagi ngetrend

Posted at April 18, 2014

Gelas coating lagi ngetrend, beken barangkali ya? belakangan banyak yang minta untuk di buatkan gelas bening yang langsung dicoating. Saya heran juga ya? apakah... Read More