Visitor Keramik88


View My Stats

Grosir PIN

PIN

Mesin Press Kaos & MUG

Flat-Heat-Press-Machine-CE

Slider

[cycloneslider id="slider1"]

Membuat dekorasi gelas souvenir dengan kertas decal dan tinta sublime

Advertisment

Gelas bening atau dof untuk temanten atau pernikahan mungkin adalah salah satu pilihan disamping bentuk souvenir yang lainnya. Selama ini menghias gelas atau kaca menggunakan kertas decal yang di print menggunakan printer laser atau menggunakan berbagai jenis tinta, hasilnya pasti tipis sekali. Sehingga pemakaian kertas decal untuk gelas kurang memuaskan. Alternatifnya adalah memakai kertas decal yang putih atau pilox putih yang disemprotkan setelah di print. Kedua cara tersebut menimbulkan tepian putih pada sekitar gambar. Beberapa tidak menyukai hasil yang demikian. Sehingga sablon manual menjadi pilihannya, baik itu memakai alat sablon manual atau hanya bermodal bidangan screen yang disablonkan kemudian gelasnya digulung dibawahnya. Atau Sablon manual diatas kertas decal menggunakan cat gelas coates, kemudian dilapis dengan coating yang bisa dikelupas ( strippable coating ).

Tetapi sablon manual sekarang kurang popular, karena pengerjaannya yang ribet dan lama. Kalau untuk jumlah yang besar mungkin bisa dipertimbangkan. Tetapi kalau pesanan sedikit dan minta warna yang full color?

Sebetulnya sudah banyak sekali di Indonesia ini yang sudah memakai kertas decal saya, tetapi selalu saya sarankan pengaturan printernya selalu “ setting kertas : Plain paper, setting quality: High “ itu saja. Memang setting tersebut yang paling  aman.  Tetapi bila ditempel digelas akan menghasilkan gambar yang transparent, tipis dan kurang pekat.

Nah kemarin saya berpikir, bagaimana agar layak ditempel di gelas?  Mungkin beberapa customer saya ada yang sudah sukses dengan cara ini? Tetapi sayangnya tidak dibagikan ke orang lain. Ndak apa apa,  saya aja yang bagi ya?

Yang perlu diketahui bahwa setting kertas “ PLAIN “ adalah menghasilkan tinta yang paling tipis.Sedang kan Glossy mengeluarkan tinta yang lebih banyak/ tebal. Tidak cukup hanya setting itu aja, agar tinta lebih tebal lagi, densitynya ( kepadatan ) ditambah.

 

Cara settingnya spt dibawah ini:

Pilih Printer yang akan anda pakai  ( kalau saya pakai L300 atau L350 ), mungkin type lain pengaturannya juga lain. Setidaknya anda akan mengerti dan bisa mencari  sendiri.

Klik Properties

 

Pilih Paper Type: Epson Premium Glossy

Pilih Quality : More Setting, setelah pilih More Setting, keluar cendela seperti dibawah ini

Pilih
Quality : More Setting, setelah pilih More Setting, keluar cendela seperti
dibawah ini


 

Advertisment

 

Geser Slider menuju ke Quality. Nanti jalannya printer akan lebih lambat dari biasanya ( normal )

Klik OK

Setelah itu klik More Options pada sebelah kiri atas

 

Klik Custom, dan Klik Advanced

 

Bila muncul candela spt diatas, klik Color Controls, maka cendela akan berubah spt dibawah ini

Geser Slider Density kekanan . Klik OK. Sekarang anda sudah bisa mulai mencetak di atas kertas decal khusus untuk tinta sublime.

Garis yang mengganggu

Hasil cetakan anda akan  terdapat garis warna yang mengganggu pada sekitar gambar, disebabkan tinta yang tebal, yang tidak cepat kering, sehingga tergilas oleh roda plastic kecil yang jumlahnya …….> Untuk keperluan percobaan tersebut, saya buka beberapa roda supaya tidak menggangu. ( Simpan yang baik, jangan sampai hilang ).

Cara melapis dengan Pilox

Karena tinta sublime berbasis minyak, mudah sekali lebur/meleleh bila tersentuh Pilox. Sehingga akan menghasilkan gambar yang kabur. Supaya hasilnya tetap dan tidak kabur, caranya: Semprotan pertama harus tipis dan perlu dikeringkan dulu sebelum ditimpa lagi dengan semprotan kedua dan ketiga.

Bila pelapisan langsung tebal dan peletakannya miring

Sifat Pilox bila terlalu kering ( lebih dari sehari ) akan mudah robek, sobek. Apalagi bila lapisan terlalu tipis. Supaya tidak mudah robek, minimal 3 lapis dan jangan lebih dari sehari.

Oven

Setelah kering, gunting dan celupkan ke dalam air, tunggu 3 menit sampai bisa digeser, geser sedikit, tempelkan pada media gelas, tarik kertasnya, gosok dengan karet atau kain bekas, sampai tidak ada gelembung dan sisa air.Keringkan.

Agar hasilnya lebih kuat dan keras, wajib untuk di oven 100 derajat selama 10-15 menit. Tidak boleh lebih dari 150 derajat, bisa menyebabkan gambarnya meleleh. Dengan dioven gambarnya juga akan lebih pekat dan lebih bagus.

Hasil Test:
Warna hitam terlihat pekat, warna lain transparant
Setelah dioven warna hitam terlihat lebih pekat dan lapisan pilox menjadi lebih keras.

Bila gelas souvenir ini akan digunakan untuk minum setiap hari, dianjurkan/ diwajibkan  untuk melapisi pilox atau clear varnish merk lainnya,  disekitar gambar.

Selamat
mencoba, semoga sukses.
Advertisment

4 Responses to Membuat dekorasi gelas souvenir dengan kertas decal dan tinta sublime

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel

Artikel baru akan selalu dikirim ke Email anda bila mendaftar, isi alamat Email yang benar, klik Daftar. Setelah itu cek Email anda untuk konfirmasi dengan klik link yang dikirim. Untuk lebih jelasnya, lihat "Cara Daftar" diatas

Masukkan alamat Email:

Delivered by FeedBurner

Video keramik88