Visitor Keramik88


View My Stats

Grosir PIN

PIN

Mesin Press Kaos & MUG

Flat-Heat-Press-Machine-CE

Slider

[cycloneslider id="slider1"]

Etsa Gelas atau obat doff Pasta ( Frosted Glass Pasta )

Advertisment

Bahan kimia etsa gelas atau etsa kaca ( obat doff kaca/gelas ) adalah bahan kimia yang mampu membuat gelas bening menjadi buram ( dof ). Ada bermacam jenis bahan kimia etsa gelas yang ada, berupa bubuk, pasta dan liquid ( cair ). Etsa gelas bubuk ( powder ) bisa anda beli di sini.

Pemakaian bahan etsa bubuk ( obat doff ), setiap bungkus ( 800 gram ) dicampur dengan air keras /HCL/ Asam Klorida sebanyak 400 ml. Penambahan HCL lebih dari 400 ml akan mengurangi kekuatan daya kerja campuran, mungkin akan semakin lama waktu celupnya atau reaksi buramnya berkurang.

Cara kerjanya bisa anda lihat di video saya yang sudah saya unggah di youtube

Cara kerjanya memang sangat mudah dan cepat, bila mungkin anda pernah atau memang melayani jasa dof gelas sebelumnya, silahkan melihat video saya, cara kerja pasti berbeda. Yang jelas beda waktu celupnya. Dengan bahan saya anda hanya mencelup, langsung angkat tidak perlu menunggu beberapa menit didalam cairan etsa, Sehingga bisa menghasilkan lebih banyak dan lebih cepat.

Sekarang saya punya produk baru yaitu Etsa Gelas / kaca berbentuk Pasta. Jadi anda tidak perlu susah-susah lagi mencampur dengan HCL, siap dipakai saja. Tidak berbau dan aman bila bersentuh dengan kulit. Tetapi tetap saja namanya bahan kimia harus segera cuci dengan air dan jauhkan dari jangkauan anak-anak.

Cara kerjanya sangat-sangat mudah sekali dan sangat cepat. Harganya? Wow!! sangat bersaing. Kalau produk lain yang paling murah 150 gram Rp. 55.000,- . Untuk produk baru ini saya tetapkan dengan harga Rp. 30.000,- / per 150 gram.

Nah aturan pakainya sebagai berikut:

1. Siapkan dulu Pasta Etsa gelas yang sudah dikemas didalam wadah plastik kotak, dan ada pengaduk dari kayu, bisa anda ganti dengan plastik, asal jangan dari logam atau kaca.

2. Siapkan kaca atau gelas yang akan di buat dof, kalau mau dibuat gambarnya bening, sampingnya buram, bisa anda sablon dulu atau di tempel cutting sticker dulu.

Advertisment

2a. Sablon: anda bisa menutup dengan cara disablon menggunakan cat yang tanpa pengeras, sebaiknya yang keringnya agak lama agar daya rekatnya lebih kuat. Bisa anda olesi dengan pasta setelah catnya benar-benar kering

2b. Cutting Sticker: menempel cutting sticker kadang susah juga, apalagi bila cutting stickernya udah lama, supaya lengketnya atau mnempelnya kuat digelas atau kaca, setelah ditempel, dipanasi dengan hairdryer dulu, gosok dan tekan, sebelum lapisan plastiknya dilepas. Usahakan benar-benar menempel agar tidak ada cairan yang meresap dibawah lapisan sticker.

3. Siapkan kuas/brush untuk meratakan pasta etsa

4. Tissue untuk membersihkan pasta setelah pekerjaan selesai.

5. Setelah semuanya disiapkan, mari kita mulai etsa kaca atau etsa gelas. Aduk pasta didalam botol sebelum dipakai, ambil dengan kuas lapiskan pada bagian kaca yang tidak tertutup dengan cat atau cutting sticker.

6. Tunggu kurang lebih 1 menit, anda bisa mencoba sesuai dengan selera anda seberapa pekat keburamannya. Semakin lama waktunya semakin buram. Selama anda menunggu, lapisan pasta bisa anda kuas berulang-ulang.

7. Setelah cukup, bersihkan dengan tissue yang sedikit basah, setelah itu keringkan dengan tissue kering. Bila permukaannya luas anda bisa menyiram dengan air yang mengalir sampai bersih dari sisa bahan kimianya. Bila cucinya kurang bersih akan timbul bercak putih setelah kering. Tetapi bisa dibersikan lagi dengan air.

8. Sekarang pekerjaan anda membuat buram gelas atau kaca telah selesai, kelupas bekas cutting sticker, bila memakai cat sablon gosok dengan tinner.

Nah mudah bukan? tunggu apa lagi? buruan mencoba, siapa tahu bisa membuka usaha baru souvenir dikota anda?

Advertisment

2 Responses to Etsa Gelas atau obat doff Pasta ( Frosted Glass Pasta )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel

Artikel baru akan selalu dikirim ke Email anda bila mendaftar, isi alamat Email yang benar, klik Daftar. Setelah itu cek Email anda untuk konfirmasi dengan klik link yang dikirim. Untuk lebih jelasnya, lihat "Cara Daftar" diatas

Masukkan alamat Email:

Delivered by FeedBurner

Video keramik88