Visitor Keramik88


View My Stats

Cairan Coating Mug

Cairan Coating Mug kuat, gambar cemerlang. Harga Rp. 90.000,- Beli sekarang

Supplier kertas decal

Jual Kertas decal dari Inggris Tullis Russell ukuran A4 plus konsultasi gratis sampai sukses . Beli disini
Download ebook gratis

Membuat sendiri Emulsi Obat Afdruk Sablon

Emulsi Screen Peka Cahaya

Emulsi Screen Peka Cahaya

Membuat sendiri Emulsi Obat Afdruk Sablon seperti Ulano? Emulsi Obat Afdruk Sablon  berbentuk pasta yang diberi warna hijau, biru atau merah. dengan kekentalan tertentu yang disertai cairan berwarna kuning secara terpisah, disebut Sensitizer ( yang membuat peka cahaya ). Biasanya dikemas dalam botol berisi 200 gram.  Didalam satu kotak kemasan terdapat satu botol berisi emulsi atau pasta dan sebotol kecil Sensitizer. dengan harga sekitar $ 1.5 atau kurang lebih Rp. 15.000,- . bisa untuk 10 Screen ukuran 40X60 cm, 120 T.

Kalau kebutuhannya sedikit, lebih baik beli aja. ndak usah repot. Tetapi kalau anda pengusaha sablon, mungkin perlu untuk membuat sendiri. Terutama yang sering ganti design, sering menhapus Sreen, pemakaian Obat Afdruk pasti banyak. Mau buat sendiri? baca terus……..

Bahan yang dibutuhkan :

1. PVA atau PoliVinyl Alcohol

2. Chromatin Bichromat

3. Panci untuk masak air

4. Pengaduk dari kayu

5. Pewarna

PVA atau PoliVinyl Alcohol, Bahan baku utama yang digunakan dalam pembuatan  polivinil alkohol adalah monomer vinil asetat.

PVA banyak digunakan untuk:

Polyvinyl Alcohol

Polyvinyl Alcohol

1. Lem kertas PVA
2. Tekstil
3, Pelapis kertas
4. Lem untuk kemasan
5. Lapisan untuk Transfer Paper
6. Pencampur pada larutan tetes mata
7. Penguat pada Semen beton
8. Campuran Ice cream
9. Campuran penguat pada Coklat
10. Campuran pada tablet

Untuk membeli PVA, bisa anda cari di Yellow Pages, kategori Chemical. Gambar ini juga ada alamat link kalau anda klik.

OK, itu sekilas tentang PVA, yang larut didalam air.

Untuk membuat emulsi, campurkan air dengan PVA. Banyaknya bagian air menentukan kekentalan emulsi. Karena untuk mengukur kekentalan menggunakan alat ukur Viscometer yang mahal, jadi untuk mendapatkan kekentalan yang mendekati kekentalan emulsi yang biasa anda beli, musti dicoba dengan cara ditimbang air berapa liter, PVAnya berapa gram. Mulai dengan perbandingan PVA= 1 bagian, Air= 3 bagian.

Masukkan campuran air dan PVA di Panci, letakkan diatas api yang sedang sambil diaduk terus sampai kristal PVA larut semua. Kemudian dinginkan, baru dilihat kekentalannya. Karena semakin dingin semakin kental. Campurkan pewarna. Bisa memakai pewarna makanan atau pewarna pasta untuk Resintapi yang larut dengan air. Bukan Sumba.

Setelah kekentalan cukup dan sudah dimgin bisa di kemas.

Untuk membuat cairan supaya peka cahaya ( Sensitizer ), Chromatin Bichromat dicampur air hangat kira-kira perbandingan air banding bubuk Chromatin = 3 : 1.  sampai larut. Kalau setelah dicampur dan diaduk masih belum larut semua berarti airnya harus ditambah lagi.  Mungkin bisa 4:1.  Dan warnanya kuning bening seperti gambar diatas.

Setelah kedua campuran sudah jadi, anda bisa mulai memasukkan dalam kemasan, siap untuk dipakai sendiri atau dijual. Cara pakainya sama kalau anda pakai Ulano emulsi atau merk lainnya.

Selamat mencoba.

29 Responses to Membuat sendiri Emulsi Obat Afdruk Sablon

  • Thanks, appreciate it.

  • wwn says:

    Thank, good info…..
    boleh saya coba kan?
     

  • wwn says:

    Oh ya kalo cara membuat cat sama minyaknya ada ga yah?

    • Anonymous says:

      yang anda maksud untuk membuat cat apa? kalau yang ready memang ada tetapi mesti import, dan anda tidak leluasa memilih/ mencampur warna.

  • emenk says:

    kalau membuat pasta dasar gelap,dasar warna,tinta karet gimana yach…????saya lagi membutuhkany

  • keramik88 says:

    Pasta dasar yang berwarna gelap, anda bisa beli di toko penjual resin ( fiber ) yang bisa dicampur dengan air ( waterbase ). Tinta karet? bisa anda jelaskan lebih rinci?

  • emenk says:

    tinta karet itu agak timbul di bandingkan dengan pasta yang lain.sifat tinta ini menutupi pori-pori bahan kaos.resin yang di pake itu resin bening atau resin keruh.saya lihat di daftar harga penjual bahan2 kimia fiberglass ada 3 macam resin yaitu resin keruh 108 ,resin keruh 2252 dan untuk membuat pewarna pastanya itu pake apa dan berapa banding berapa untuk pencampuran resin dalam membuat pasta.Thank’s

    • keramik88 says:

      maaf, karena anda komentar di membuat emulsi obat afdruk, saya kira anda akan mewarnai obat afdruk sehingga mudah untuk melihat image, kalau anda akan menyablon kaos, bisa anda tanyakan ke toko sablon, biasanya berbasis air, dan cukup kental, kalau kurang kental untuk pasta, bisa beli pengentalnya, banyak jenis pengental pasta, ada juga bahan pewarna yang setelah disablon , kalau dipanasi akan timbul. saya tidak menjelaskan jenisnya, karena pengalaman saya sudah jadul, dan belum pernah update kecuali kalau anda menanyakan sablon di keramik, sampai sekarang saya masih dibidang ini. Tetapi saya akan membuat ebook untuk sablon, karena banyak yang berminat, jadi tunggu ya? sekarang silahkan bertanya ke toko sablon terdekat. pasti dijelaskan.

  • Purnomo says:

    Mas, klo bisa sekalian resep bikin cat sablon untuk kaos dong, berupa RUBBER atau yang lain. Terimakasih, sukses untukanda.

  • Nur S says:

    Sangat bermanfaat artikelnya, maaf saya mau bertanya obat afdruk yang dibuat sendiri ini isa untuk sablon basis air atau juga bisa untuk basis minyak semacam stiker dll. Mohon informasinya ya pak …. Kemudian yang ingin saya tanyakan lagi saya sudah coba ke toko Kimia membawa daftar barang yang dibutuhan koq pegawai tokonya nggak tahu ya, apakah ada sebutan lain untuk bahan-bahan tersebut, terima kasih.

    • keramik88 says:

      kalau basis minyak pasti bisa karena bahannya berbasis air, untuk sablon kaos yang berbasis air juga tidak masalah, asal pengeringannya di bawah sinar matahari. kalau untuk sablon cat minyak tidak perlu dibawah sinar matahari. yang saya tahu memang PVA, bisa anda lihat pada buku kuning surabaya atau jakarta. atau anda cari di paman Google. atau pada DOW Chemicals.

  • Edwin says:

    Terima kasih artikelnya Mas! Menarik sekali. Apakah Chromatin Bichromat ini dijual bebas di pasaran?
    Sebetulnya saya sedang mencari cara membuat obat afdruk yang bisa menempel di plat logam (bukan screen), untuk keperluan etsa logam. Apakah resep ini bisa digunakan juga untuk di plat stainless dan kuningan? Terima kasih
    Edwin

    • Chromatin Bicromat bisa anda beli di toko electro, bebas. tunggu artikel nya , sering kunjungi blog saya, ya? kalau campuran itu untuk plat, setelah dilapisi harus dijemur dipanas matahari yang lama, atau di panasi diatas kompor tapi jangan terlalu dekat. lebih lengkap tunggu artikel selanjutnya.

  • Edwin says:

    Terima kasih infonya Pak! Kebetulan saya sudah lama mencari-cari di google mengenai obat afdruk untuk logam. Artikel Bapak ini yang paling jelas untuk kebutuhan saya ini. Jadi tidak sabar menunggu artikel selanjutnya Pak! :)
    Selain itu ternyata banyak artikel lain juga yang cukup menarik di sini.
    Terima kasih.
    Edwin

  • Pangeran Alit says:

    Terima kasih untuk artikel membuat obat afdruk-nya
    saya cuma mau sharing pengalaman pribadi saja.
    saya pernah membuat emulsi spt di atas. cepat sekali jebol.
    atas saran dari teman, akhirnya saya tambahkan BINDER.
    (BINDER bisa di beli di toko yg memjual bahan sablon, biasanya binder di pakai untuk membuat cat sablon yg basis air.)
    sekarang screen saya ngak gampang jebol lagi.
    mudah2an bermanfaat.

  • taufiq says:

    pak mohon info tentang cara membuat obat afdruk yang bisa menempel di plat logam (bukan screen), untuk keperluan buat klise foil embos. makasih

  • nicolas deddie says:

    untuk teman2 disolo dan sekitarnya,untuk yg mau belajar sablon afdruk dll.bisa hub aku di no 02718088885 Gratis,wong ilmu akhirnya dibawa mati aja kok,maaf pak numpang berbagi pengalaman

  • sueb says:

    pak mohon infonya tentang cara membuat cat pasta utk sablon?? terima kasih

  • yudi says:

    mas untuk penguat emulsinya menggunakan bahan apa aja?? ( cetakan setelah diafdruk )….cetakannya untuk sablon pasta

  • yudi says:

    untu membuat penguatnya afdruk bhannnya apa saja ( setlah cetakan di afdruk )…thx

    • admin says:

      Untuk menguatkan afdrukan bisa dengan cara melapis ulang dengan sensitiser ( cairan berwarna kuning ) yang disertakan bersama emulsi dengan kuas, kemudian dijemur lagi dibawah sinar matahari, atau kalau saya hanya dijemur dibawah sinar matahari selama 30 menit sampai 60 menit setelah emulsi kering, sudah bisa tahan terhadap sablonan waterbase ( bernasis air ) . dan dipakai selama berbulan.bulan.

      • chapsha says:

        bagaimana dengan sablonan berbasis pasta ( kaos ) ? apakah sensitisernya kuat? dikarenakan saya sedang membuka usaha terima jasa afdruk yg baru di jalanin bebrapa bulan ini seringkali saya terima complain apalagi untuk gambar yg bnyak rasternya ( kain tenun 77 ), biasanya saya menggunakan HARTER E yg saya beli di toko tetapi tetap aja msh rontok. saya pernah dpt info dari teman katanya bhan utamanya spritus, alkohol dan air dicampur jd 1. tetapi krn saya membutuhkan bnyak refrensi sekiranya mas ada masukan buat saya tentang bagaimana cara membuat dan bahan apa saja yg dibutuhkan untuk membuat cairan penguat afdrukan ini ( mudah di hapus )..thx infonya yg kelak berguna buat saya…

  • supriyatna says:

    maaf pak frans,kalau boleh saya minta saran,bagaimana caranya untuk mencetak (secara langsung/tanpa screen) gambar pada keramik datar dengan suhu pembakaran 1050-1150C,haturnuhun

    • admin says:

      Mencetak langsung tanpa screen bisa dilakukan menggunakan plat Etsa. memakai karet silicone rubber untuk mengambil gambar, kemudian di stamp ke keramik.kalau tidak mengerti harap kirim email ke direct contact

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Langganan Artikel

Artikel baru akan selalu dikirim ke Email anda bila mendaftar, isi alamat Email yang benar, klik Daftar. Setelah itu cek Email anda untuk konfirmasi dengan klik link yang dikirim. Untuk lebih jelasnya, lihat "Cara Daftar" diatas

Masukkan alamat Email:

Delivered by FeedBurner

Video keramik88