Visitor Keramik88


View My Stats

Grosir PIN

PIN

Mesin Press Kaos & MUG

Flat-Heat-Press-Machine-CE

Slider

[cycloneslider id="slider1"]

Sablon Keramik

Advertisment

Sablon Keramik atau Ceramic Screen Printing

Karena masih banyak yang menanyakan masalah sablon keramik ini, maka sekali lagi saya mencoba untuk mengulas lebih jelas. Semoga..

Ulasan kali ini hanya melengkapi sedikit dari artikel yang telah saya posting sebelumnya. disini. Karena itu gambar tidak saya sertakan lagi.

yang perlu disiapkan:

a. Screen : Screen ada beberapa ukuran kerapatan benang nylon, dengan ukuran seperti 200T, 180T, 165T, 120T, 90T, 60T, 30T. Semakin besar angkanya semakin halus atau rapat. Biasa yang dipakai dikeramik, 180T s/d 30T. Gambar yang memakai raster, biasanya 180T. Garis-garis, huruf halus memakai 120T. Huruf blog memakai 90T atau 80T.

b. Obat afdruk : Obat afdruk banyak macamnya dan bisa dibuat sendiri dari bahan PVA atau PolyVinyl Alcohol.  Yang terkenal dan paling baik adalah merk ULANO. Tetapi sekarang udah banyak sekali merek yang telah beredar. Didalam kemasan biasanya ada dua bahan, yang tempatnya besar adalah lapisan polymer, dan yang kecil cairan sensitizer ( pembuat peka cahaya )

c: Rakel: Rakel adalah untuk menekan cat keluar dari lubang screen ke media cetak seperti kertas dan lainnya. Untuk pegangan terbuat dari kayu, karet rakelnya dijepit didalam kayu.

d: Meja Sablon: Meja sablon untuk tataan pencetakan, diatasnya ada kaca sebagai media untuk melihat passcress serta untuk meratakan hasil cetakan. Rangka Meja Sablon bisa terbuat dari kayu atau besi siku.

e: Rak pengering: di perusahaan sablon yang besar biasanya memakai rak khusus yang kerjanya lebih praktis dan effisien. Tetapi kalau belum punya buat sendiri rangka dari kayu yang dibuat ram-raman dari benang nylon dengan jarak 3 sampai 5 cm.

f: Transfer Paper : Transfer paper, kertas yang dibuat khusus untuk keramik, yang ada lapisan seperi lem, yang mudah larut diair. Bisa anda buat sendiri, lihat disini. Untuk membaca anda harus  minta password dengan mengisi alamat Email anda yang benar, nanti anda akan mendapat password yang dikirim ke Email anda.

g: Warna Keramik : Warna keramik, ada 3 jenis yang dibedakan menurut temperatur pembakaran. yaitu warna untuk 580C, 780C dan 1200C tergantung kegunaan.

Khusus untuk mencetak Foto yang saya tahu hanya ada pada Warna temperature 780C, yaitu warna Cyan, Yellow, Magenta dan Black. Pertama yang harus disablon dulu, urutannya Yellow, Magenta, Cyan dan terakhir Black.

Advertisment

h. Medium dan solution: Medium adalah media pencampur untuk warnanya. Solution adalah coating (penutup) diatas warna atau image hasil sablon.

Pertama harus ada film, bisa pesan ke perusahaan pembuat film. Atau membuat sendiri dengan printer laser.

Screen dilapisi dengan obat afdruk, perhatikan perbandingan pasta polymer dengan sensitizernya, kemudian dicampur, langsung dilapiskan ke screen dengan menggunakan garisan atau rakel. Setelah rata dikeringkan ( selama pelapisan, pengeringan dan afdruk harus berada dikamar gelap).

Kamar gelap tidak perlu harus gelap betul, yang penting tidak kena cahaya langsung.

 

Setelah obat afdruknya kering ( bisa dengan kipas angin atau hair dryer ) film diletakkan diatas screen, kemudian dicahayai beberapa detik. setelah itu masuk kamar gelap lagi untuk mengambil filmnya, lapisi permukaan screen dengan air. setelah itu baru boleh keluar, supaya gambar bisa lubang, digunakan sprey air bisa juga pakai semprotan untuk tanaman yang dari plastik.

Setelah gambarnya keluar, screen dikeringkan dipanas matahari atau hairdryer. Setelah kering screen sudah siap digunakan untuk mencetak.

Lihat gambar posisi screen dan mejanya. disini

Campurkan warna keramik dengan mediumnya 60% dari jumlah warna. Diaduk yang rata. biasanya memakai alat yang disebut rollmill atau triple rollmill ( karena rollnya ada tiga ).

Setelah tercampur rata sudah siap diletakkan diatas screen dan mulai menyablon.

Sablon diatas kertas transfer paper, warna warna yang diperlukan. misalnya sablon warna kuning, setelah kering, sablon warna yang lainnya, setelah warna-warnanya kering, gambar dilapisi lagi dengan solution ( seperti melapisi varnish ), dengan memakai screen 30T. Setelah solutionnya kering, baru siap dipakai dengan mencelupkan kedalam air, sehingga lapisan solutionnya lepas beserta gambarnya dan yang tersisa kertas yang sudah tak terpakai lagi atau dibuang. Lapisan solution beserta gambarnya tadi ditempel diatas barang keramik, digosok sampai tidak ada gelembungnya, siap untuk dibakar. Contoh hasil sablon bisa anda lihat dibawah ini. Yang warna pink menutupi image bunga itu adalah lapisan Solution atau Covercoat.

Decal Ceramic Printing

Decal Ceramic Printing

Sampai disini semoga lebih jelas. Bila ada yang belum mengerti kirim Email dengan mengisi pada Direct Contact pada sebelah kiri Blog ini

Advertisment

7 Responses to Sablon Keramik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel

Artikel baru akan selalu dikirim ke Email anda bila mendaftar, isi alamat Email yang benar, klik Daftar. Setelah itu cek Email anda untuk konfirmasi dengan klik link yang dikirim. Untuk lebih jelasnya, lihat "Cara Daftar" diatas

Masukkan alamat Email:

Delivered by FeedBurner

Video keramik88