Visitor Keramik88


View My Stats

Grosir PIN

PIN

Mesin Press Kaos & MUG

Flat-Heat-Press-Machine-CE

Slider

[cycloneslider id="slider1"]

Membuat patung dari Gypsum

Advertisment

Gypsum, selain untuk cetakan pada industri keramik, juga digunakan untuk, perhiasan atap dirumah, patung, vas bunga, cetakan gigi, kedokteran, dan banyak lagi.

kali ini saya akan membahas masalah membuat patung dari gypsum. ada beberapa cara membuat patung.

1. Membuat patung dengan mengukir langsung bisa menggunakan alat ukir kecil-kecil yang banyak dijual ditoko buku, atau memakai alat ukir yang biasa untuk menyungging wayang. pertama harus ada bahan gypsum yang sudah berupa balok siap untuk diukir. Cara mencampur  gypsum bisa anda baca disini.

2. Membuat patung melalui cetakan berarti menggandakan patung. Cetakan bisa dibuat dengan bahan gypsum, resin, dan silicone rubber.

Cetakan gypsum. Patung yang akan digandakan dilapisi dengan mentega yang dicairkan dulu dan dikuaskan dipermukaan patung, atau bisa menggunakan semacam semir sepatu, vaselin.  gunanya agar patung tidak lengket dengan cetakan gypsum. Cara membuat cetakan, patung harus dipisahkan menjadi dua, tiga, atau empat, mungkin lebih tergantung kerumitan lekukan dan patung yang akan dibuat cetakan. prinsipnya cara membagi bisa dilihat disini. Sehingga hasil cetakan akan terlihat seperti cetakan yang ada disini.
Setelah cetakan udah jadi, keringkan dulu. Kalau sudah kering cetakan bagian dalam atau permukaan patung dilapisi dengan sabun hijau yang dicairkan dulu dengan air hangat dengan cara dikuaskan berkali-kali, syiap akan membuat patung harus selalu dikuas dengan sabun dulu supaya tidak lengket.

Advertisment

Cetakan Resin.

Membuat cetakan dari Resin, lebih sulit dan membutuhkan kesabaran. Pertama anda beli bahan Resin yang biasanya ada ditoko gypsum. Cairan resin dan cairan pengeras ( hardener ). Untuk mencampur harus ditanyakan ketokonya berapa campuran Resin dan pengerasnya. Patung yang akan dibuat cetakan harus dilapisi dengan cairan sabun berulang, kemudian dipisah menjadi beberapa bagian cetakan. Bagian yang akan dibuat dulu, dilapisi campuran resin tadi, bisa dengan kuas ( setelah digunakan untuk melapisi, masukkan kuas ke larutan aceton agar tidak rusak.)  setelah agak kering, lapisi dengan serabut fiber, lapisi lagi dengan campuran resin tadi. begitu seterusnya sampai mencapai ketebalan yang diinginkan. Untuk membuat bagian yang lain, bagian cetakan resin yang sudah jadi dilapisi sabun agar tidak lengket dengan bagian cetakan yang akan anda buat. Setelah semua bagian cetakan selesai, baru anda buka. dan cetakan resin sudah jadi.

Cetakan Silicone Rubber

Silicone Rubber sangat baik untuk membuat cetakan patung gypsum, tetapi harganya juga mahal. Tetapi anda bisa lebih mudah membuatnya. tidak memerlukan kecermatan seperti kedua cara diatas. Dan bisa membuat cetakan dari patung yang sangat rumit.

Kalau anda beli Silicone Rubber yang kalengan, disertakan pengerasnya ( hardener ). Kalau Silicone Rubbernya 1kg, pengerasnya 100 grm, berarti tiap 100 gr Rubber memerlukan pengeras 10 grm. Cara membagi cetakan sama dengan diatas, tetapi tidak perlu terlalu teliti. karena Silicone Rubber sangat elastis. Lapisan permukaan patung juga bisa memakai cairan sabun atau mentega. Usahakan permukaan patung sehalus mungkin, karena mempengaruhi hasil patung yang akan diperbanyak.

Kalau belum mengerti pada artikel ini bisa anda kontak langsung melalui Direct Contact  yang sudah saya sediakan.

Advertisment

38 Responses to Membuat patung dari Gypsum

  • niken says:

    biasanya silicone rubber bisa dibeli dimana??

    • Anonymous says:

      silikon rubber bisa anda beli ditoko resin, atau biasa disebut toko fiber, yang biasanya untuk membuat cetakan gypsum untuk hiasan atap rumah. kalau di surabaya di toko perdana, kalau dulu nama jalannya, Jl. tembakan.

    • Ebomi says:

      Silicone rubber bisa di beli di Toko kimia!!
      harga silicone rubber /kaleng isi 1 kg Rp 135.000 (untuk RTV 683) pasti sudah termasuk hardener. makin tinggi nilai suatu nomor silicone (mis nomor RTV-nya di atas 683, makin bagus kualitasnya. tapi kalau nomornya di bawah RTV 683 mis ‘RTV 586,585’ kualitasnya jelek)
      kalau resin 1 liter Rp. 27.000
      katalis Rp. 5000/ 50cc
      Nb: kalau beli zat kimia yg bersifat kental, bubuk, atau padat hitungan belinya min 1 kilo. kalau zat kimianya berbentuk cair harganya di hitung per liter, cc,atau seperapat.
      saya biasa beli bahan2 kimia di Jakarta Pusat karena dekat dari rumah, cuma jl kaki 20 menit ke toko kimia langganan saya di sepanjang Jl. Gunung sahari raya,utara,selatan banyak toko kimia. modalnya cuma mulut berani bertanya harga dan kegunaan.
      saya tulis harga dan lokasinya sebagai pengetahuan agar anda tidak di bodohi oleh permainan harga dan kualitas oleh oknum2 pedagang yg hanya mengejar untung besar.bahkan saya sering search toko online bahan kimia di Internet yang menjual bahan2 yg saya butuhkan tetapi harga bahan tersebut di tutup2i (tidak terbuka) hanya tercantum hub no…. atau e-mail ke….????? (kalau jualannya benar, ngapain harganya tidak sekalian di cantumi di iklannya biar transparan???? biar tidak mendiskriminasikan pembeli)
      semoga saja jawaban saya ini dapat membuat sektor manufaktur dan industri kecil kreatif tumbuh pesat.  karena banyak sekali usaha kreatif yang baru belajar dengan modal kecil atau pas2an ingin membuat suatu benda atau produk baru. tapi usahanya terkendala bahan baku yg mahal, sehingga menyulitkan sektor industri kreatif bagi pemula sulit untuk berkembang.
      saya miris bahkan ada oknum pedagang yg menjual suatu zat kimia dengan kualitas rendah tapi di jualnya mahal 2x harga kualitas bagus. ada yg jual silicone rubber RTV 585 dengan harga 300 rb sedangkan yg RTV 586 harganya 450 rb atau harga2 yg tidak wajar. sedangkan faktanya yg RTV 683 saja hanya 135 rb.(kalau beli banyak mungkin bisa di kasih lebih murah)
      AYO RAKYAT INDONESIA TERUSLAH BERKREASI DAN KREATIF BANGUN REPUBLIK INI DENGAN IDE2 PRODUK DAN GAGASAN BARU!!!!

      • keramik88 says:

        Terima kasih infonya, semoga sukses

      • masandhi says:

        woih terimakasih infonya! dan ini saya ada kendala mengenai campuran silicon rubber ? dgn kosentrasi sedikit RTV 568 1 gelas 300 ml saya canpur hardener 5 tetes … ga keras2, saya coba lebih banyak 20 tetes sama aja! semisal kita kebanyakn memberi hardener apa pengaruhnya? mohon petunjuk!
        salam

  • helen says:

     

    Dear sir,
     
    Nice day !
     
    May i know do you produce rtv silicone mould ?
     
    Awaiting for your comments.
     
    Thanks
    Helen 

  • adam says:

    malem bos, semakin mantap aja nih…minta tolong dong jelasin cara bikin kaligrafi dari gypsum yang buat di ornament/tempel di dinding masjid atw rumah gtu…makasih bwat dibacanya apalagi di kasih solusi

    • admin says:

      buat dulu frame dari kayu sebesar yang anda inginkan, lapisi bagian dalam kayu dengan cairan sabun hijau atau minyak pelumas agar gips tidak lengket dikayu, buat cairan gips dengan perbandingan campuran gips 1kg, air 800 ml. masukkan gips ke dalam air sedikit sedikit sambil diaduk, sampai hampir mengental, tuangkan kedalam cetakan kayu. setelah mengeras, dan terasa panas, sudah bisa diukir. kalau mau diperbanyak, cetak dengan cetakan karet silicone. (caranya ada di blog ini ), semoga bisa dimengerti, kalau belum, kirim email ke direct contact

  • yunus says:

    Tolong tanya saya memerlukan cetakan rubber silicone yang lentur. Ukuran panjang 25 cm x lebar 8 cm x tinggi 7 cm (tanpa tutup). untuk menampung adonan kental2 seperti adonan kue dengan berat 1200-1400 gram. adonan ini akan mengeras dalam 24-48 jam.

    kira2 ketebalan brp yang disarankan untuk menampung nya?

    and untuk membuat cetakan tersebut kira2 dibutuhkan brp gram RTV 683

    Salam hangat

    Yunus – Surabaya

    Asumsi ketebalan 1cm maka volumenya :
    Penambang bawah 26 cm x 8 x 1 cm x 1 piece = 208 cm3
    penampang panjang 26 cm x 7 cm x 2 piece = 364 cm3
    penampang lebar 8 cm x 7 cm x 2 piece = 112 cm3
    total 684 cm3

    • admin says:

      untuk membuat cetakan silicone rubber, buat dulu balok sebesar yang anda maksud ( ukuran dalam ), bisa dari kayu, gypsum, foam, plastik. kalau dari gypsum, biarkan sampai kering betul, baru dilumuri cairan sabun hijau, atau mentega, siapkan karet silicone yang sudah dicampur dengan pengeras, dan serat fiber ( yang bisa anda beli di toko bangunan), campuran karet dan pengeras secukupnya untuk cukup melapisi permukaan balok, tutup dengan serat fiber, setelah agak kering, buat lagi campuran karet, tutup lagi dengan serat fiber, biarkan serabut tidak teratur keluar gunanya untuk pengikat karena setelah kering, dicetak dengan gypsum, supaya kalau dicetak tidak melengkung. untuk lebih jelasnya nanti saya buat ulasan di artikel berikutnya

  • Afeng says:

    Saya setuju dengan komen Ebomi mengenai RTV 683. Sejauh ini saya puas dengan RTV 683 karena pertama harganya murah dibawah RTV 586 atau RTV 585, kedua kualitasnya juga memuaskan kalau dibandingkan RTV 586 atau RTV 585 dan juga bisa mencetak sampai detil2nya.

  • Yunus Nurhendra says:

    Info Toko Perdana Jl Tembakan 57 C Surabaya, no 545 9378, 531 5734, Fax 531 5735. Barusan beli RTV 683 + Pengeras seharga Rp 165rb. Pemiliknya sangat ramah and enak diajak ngobrol. Awalnya dia bertanya tujuan kegunaan beli RTV tsb. dan dijelaskan panjang lebar juga.

  • didit says:

    mas bro bahan campuran pengeras resin itu apa…tolong makasih banyak… Salam jumpa perdana

  • didit says:

    mas bro bahan pengeras resin entu apa….mohon pencerahan nya… Apa bener resin bahan pembuat gypsum…?maklum masbro aku g tau…mohon pencerahan nya…!!!

    • admin says:

      Pengeras resin atau hardener adalah cairan campuran resin yang fungsinya untuk mengeraskan resin. Semakin banyak pengeras semakin cepat kering dan keras. Tetapi bila terlalu banyak mengakibatkan retak, ada takaran tertentu yang disarankan. Resin bukan bahan pembuat gypsum.
      Gypsum berupa bubuk yang bila dicampur air akan mengeras. Gypsum berdiri sendiri tidak ada hubungannya dengan resin

  • Servo says:

    Siang pak, saya mau mencoba membuat patung dari gipsum.
    Apakah bisa saya membuat cetakannya juga dari gipsum ?
    Sebenarnya campuran bahannya apa saja,
    boleh saya minta, seandainya mas ada ebook atau petunjuk..
    Maaf, karna saya masih awam..
    Terimakasih..

    • admin says:

      Bisa, patung dari gypsum dicetak dengan cetakan gypsum juga, bahannya cuman gypsum dan sabun hijau untuk pelapis patung supaya waktu dibuka dari cetakan tidak lengket. Jadi sebelum dibuat cetakan, patung mesti berulang-ulang di kuas dengan sabun hijau yang sudah dicairkan dengan air panas, sampai permukaan patung tidak meresap air.

    • admin says:

      Membuat patung dari gypsum dan cetakan gypsum memang bisa, setelah cetakan jadi, dilapisi dengan sabun hijau atau mentega cair dulu, baru dituang gypsum untuk membuat patungnya

  • cupid junior robianto says:

    makasih mas infonya
    sudah lama saya cari tempat yang jual bahan silikone rubber tapi susuh banget dapatnya. ada yang jual harus beli banyak haganya juga tidak tau…

    di TRISTAR CHEMICAL JUGA ADA TAPI NGAK TAU HARGANYA TRUS KAYAKNYA HARUS BELI BANYAK…

    SKALI LAGI MAKASIH MAS

    SY BUAT SOUVENIR GANTUNGAN KUNCI & ACECORIS ROHANI DAN SELAMA INI SAYA BUAT CETAKKAN HANYA DARI RESIN FIBER GLASS ATAU LILIN MAINAN (MALAM) ATAU PAKE LEM KACA (SILIKONE JUGA).

    MOGA SLALU SUKSES USAHANYA….!!

  • ripiparker says:

    klo mau bikin patung dr gipsum apakah campurannya cm dr gipsum (powder) dan air saja?coz ak pernah nyoba tp nga bs keras,kena benturan dikit jd penyok>apa ada campuran laen?mohon pencerahaannya terima kasih

    • admin says:

      Betul, campuran hanya gypsum dan air perbandingan Gypsum 10, air 6. ( dalam kg ). kalau kebanyakan air memang tidak kuat dan mudah hancur dan penyok.

  • Dedik Gogon says:

    Mksih info y’ brow

  • yasrul says:

    kalau mau bikin cetakan untuk membuat batu alam buatan sebaiknya dari gypsum atau silicon rtv 683, mohon penjelasan
    tq sebelumnya

  • Robokoplo says:

    Hati-hati kalau buat molding/duplicat 3D pakai resin , sebab ada gas yg keluar dari resin, bau gas nya sangat menyengat pernapasan, bahaya kalo diserap oleh napas terlalu banyak, jadi kalo kerja pakai resin sebaiknya di ruang terbuka, dan sebaiknya pakai kipas angin yg diarahkan agar gas tidak terhisap oleh hidung anda, juga gas akan bahaya bila mengenai mata, mata bisa pedas, seperti iritasi, gas ini tidak berwarna, sehingga tidak bisa dilihat, hanya berbau saja. Tapi sangat berbahaya.
    Saya sudah merasakan, kena mata, pedasnya minta ampyuuuun dah..
    untung matanya gak apa2…

    • admin says:

      Semua pekerjaan pasti ada resikonya, hanya saja selalu berhati-hati. Kalau takutnya jalan dulu, anda tidak akan pernah mau belajar. Dari pengalaman, anda menjadi pintar. Terima kasih saran anda telah membantu pembaca yang lain untuk lebih berhati-hati. Biasanya bau menjadi sangat menyengat karena pemakaian pengeras terlalu banyak.

  • Sely says:

    Mohon bantuan nya mas buat e book cara membuat siliocone rubber

    Salam
    sely

  • faried says:

    Alhamdulillah tulisan anda bermanfaat bagi banyak orang, saya doakan anda mendapat rahmat dan hidayah dari Allah SWT, hormat saya

  • rudianto says:

    ass.wr wb..mas untuk gypsum yg mati( gak mau hangat sma skali wktu buat nyetak..dah trlnjur beli uang pnjam…eh mlh gak bsa d pkai tiap d bka dri ctakan lmbek hancur..!!!!

    • admin says:

      Itu gipsnya sudah mati, kadaluarsa, bisa dihidupkan lagi tapi tidak bisa sekuat asalnya yaitu digoreng diatas wajan almunium. Tapi tanpa minyak, hanya diletakkan diatas wajan sambil diaduk, dipanasi sampai adukannya terasa ringan , baru diangkat

  • Anonymous says:

    tergantung tebal tidaknya cetakan silikon, semakin tebal semakin lama. dan tergantung jumlah hardernernya, lebih banyak hardener lebih cepat kering dan lebih keras. kalau pemakaian hardener terlalu sedikit keringnya akan lama dan silikon akan lengket sekali dan sangat lunak. tidak bisa untuk cetakan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel

Artikel baru akan selalu dikirim ke Email anda bila mendaftar, isi alamat Email yang benar, klik Daftar. Setelah itu cek Email anda untuk konfirmasi dengan klik link yang dikirim. Untuk lebih jelasnya, lihat "Cara Daftar" diatas

Masukkan alamat Email:

Delivered by FeedBurner

Video keramik88