belajar keramik dan decal
Visitor Keramik88

View My Stats
Mug Enamel Ultimate
Kertas Decal untuk TATTOO

Ceramic casting without air bubbles, banyak dialami oleh pembuat keramik, pada hasil cetakan terutama pada cetakan teko atau pot bunga pada bagian atas. Karena gelembung udara terjebak diatas tidak bisa naik. Akibatnya pada tepi atas terdapat lubang kadang lubangnya cukup besar.

Untuk mengurangi dan mengatasi hal tersebut, kekentalannya ( viscosity ) dikurangi dengan menambahkan air, dengan kata lain BD ( berat jenis ) nya dikurangi. Tetapi kalau cara menuangnya dengan memakai gayung yang langsung diambil untuk dituang kecetakan, resiko bergelembung  lebih tinggi.

Dibawah ini saya mencoba membuat gambar bagaimana untuk menghindari hal tersebut.

buble in casting slip

Pertama masukkan bubur keramik kedalam tong stainless, tunggu sebentar agar gelembung naik keatas, sehingga bagian bawah gelembung sudah naik keatas, baru mulai mencetak dengan membuka Ball Valve bagian atas. Setelah itu baru bukalah Ball Valve bagian ujung selang dengandiarahkan ke mulut cetakan. Usahakan ujung selang dekat dengan mulut cetakan, jangan terlalu tinggi karena akan menimbulkan gelembung baru.

Bubur keramik ( slurry ) semakin encer semakin cepat gelembung naik keatas, demikian pula sebaliknya.

Semoga bermanfaat,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Langganan Artikel
Artikel baru akan selalu dikirim ke Email anda bila mendaftar, isi alamat Email yang benar, klik Daftar. Setelah itu cek Email anda untuk konfirmasi dengan klik link yang dikirim. Untuk lebih jelasnya, lihat "Cara Daftar" diatas

Masukkan alamat Email:

Delivered by FeedBurner