Visitor Keramik88


View My Stats

Cairan Coating Mug

Cairan Coating Mug kuat, gambar cemerlang. Harga Rp. 90.000,- Beli sekarang

Supplier kertas decal

Jual Kertas decal dari Inggris Tullis Russell ukuran A4 plus konsultasi gratis sampai sukses . Beli disini
Download ebook gratis

Membuat foto di Mug memakai Printer Inkjet

Anda bisa memberikan hadiah untuk sang pacar dengan Mug keramik bergambar foto berdua. Wow, pastinya keren. Apalagi kalau yang buat anda sendiri, merupakan suatu kebanggaan. Sebelum anda mencobanya, saya akan membahas kelebihan dan kekurangannya dulu.

Hasil percobaan membuat foto di mug memakai printer inkjet

Kelebihannya

  1. Tidak memerlukan pembakaran ( tungku, kiln )
  2. Tidak memerlukan penjepit panas ( pemanas khusus mug )
  3. Tidak memelukan Sablon
  4. Bisa selesai dengan cepat
  5. Design lebih leluasa
  6. Hasil cetak setara dengan foto resolusi tinggi.
  7. Bisa ditempel di Helm, kayu, sepeda motor, dinding keramik, mug, gelas, peralatan dapur dan banyak lainnya.

Kekurangannya:

  1. Tidak tahan gores ( yang memakai pemanas juga tidak tahan gores ) kecuali decal keramik yang melalui proses bakar ( 580 C)
  2. Pada waktu penempelan kalau jenis spray clearnya type hardtype mudah robek kalau terlalu kering. Clear pada foto diatas tidak cocok untuk keperluan ini, karena mudah robek. Baca artikel yang baru untuk melengkapi artikel ini.

Bahan yang dibutuhkan :

  1. Printer Inkjet Epson T13
  2. Transfer Paper
  3. Cat Pilox Clear ( produk PYLOX 128 clear )
  4. Mug polos warna putih

Cari foto di computer anda yang akan dipakai untuk diletakkan di permukaan Mug keramik. Edit melalui program Photoshop atau yang lainnya, ukur gambar sesuai bidang barang ( untuk Mug tingginya 8-9 cm ). Usahakan resolusi 300 dpi.

Hasil printer setelah di coating

Cetak melalui Printer Epson T13, setting kertas “ Epson Glossy”, “Best Photo”, setelah selesai, keringkan. Semprot menggunakan Cat Pilox Clear, jaraknya atur kurang lebih 20 cm dari kertas. Jangan terlalu tipis, karena sifatnya keras ( Hard Type ), mudah sobek, bila terlalu kering, perlu percobaan. kalau terlalu cepat, film lunak sekali susah ditempel. Kalau memakai Overcoat yang dipakai untuk Sablon Keramik, lebih baik, karena kuat dan lentur, lebih lama lebih baik, tidak akan robek.

Keringkan sampai permukaan tidak lengket.

Gunting sesuai kebutuhan, yaitu 0,5 cm diluar gambar.

Cara menempel transfer paper di mug keramik

Celupkan kedalam air, sampai lapisan cat Pilox memisah dari kertas. Kalau kertas buatan sendiri agak lama. Kalau memakai Transfer Paper asli tidak sampai satu menit. Tempel diatas permukaan mug dengan menggeser lapisan cat, menempel dipermukaan sedikit, kemudian tarik kertasnya, sehingga lapisan cat tinggal diatas permukaan.

Gosok perlahan dengan kain yang agak basah, ( yang baik pakai bekas kain wool ). Keringkan. Bisa memakai Hair Dryer untuk rambut.

Mengatasi masalah:

  1. Gambar luntur setelah dicelup air : Tintanya tidak tahan air. Saya pakai tinta asli Epson T13 bisa bagus. Coba pakai printer Epson C90 yang sudah pakai tinta infus Premium Ink merk SUN luntur. Cari tinta yang water proof. ( durabrite, pigment, sublim )
  2. Mudah sobek : lapisan kurang tebal, dan terlalu kering. Atau Pakai Covercoat untuk keramik. ( Artikel sudah diupdate disini )
  3. Lapisan sukar lepas: kalau membuat sendiri, lemnya kurang kental atau kurang tebal. Kertas kurang meresap air ( daya resapnya rendah)

Membuat sendiri kertas Transfer Paper klik disini

Transfer Paper untuk keperluan ini bisa anda dapatkan di toko online keramik88

Videonya dibawah ini:

Klik gambar untuk download

Info: Jual Printer Epson Inkjet T13  Selalu Ready Stock  Rp. 590.000,- belum termasuk ongkos kirim. Harga bisa berubah sewaktu-waktu.

Pemanas Mug untuk Mug Foto Sublim : Rp. 1,4 juta ( pesan ) belum termasuk ongkos kirim.

Bila berminat hubungi saya melalui E-mail Direct Contact

51 Responses to Membuat foto di Mug memakai Printer Inkjet

  • Ndoyo says:

    mas,mau tanya.
    yang ditempel yang bagian permukaan lapisan cat, ato bagian hasil cetakan.
    mohon penjelasannya,karna kurang jelas.
    trims

  • irgo says:

    thank banget mas buat infonya,
    sy mau bikin foto di helm dan dimotor, tapi takutnya luntur kena sinar matahari.
    gimana cara ngatasinnya?, apa jenis tinta yang ngga luntur ya dye,pigmen , toner(laser),
    atau yang lain?
    juga jenis kertas yanga di pake print foto itu glossy atau langsung ke transfer paper-nya?
    ohya kebetulan aku hanya punya printer CANON pixma ip1980 , bisa kan dipake ?

  • yosep kurniawan says:

    Pa Frans,
    Apa sudah pernah coba dengan laser printer?

    • admin says:

      Belum, karena kuatir kalau lapisan pada transfer papaer melekat pada printer lasernya. Mungkin lain waktu saya coba. Terima kasih

      • yosep says:

        Sepertinya Pa Frans harus mencoba segera, Pa Frans masih ingat pernah menulis Decal ceramic digital? sebetulnya saya ingin mencoba dengan thermoplastic color, tapi saya tidak bisa menghaluskan candy bar thermoplastic color menjadi toner, saya sudah menyiapkan laser printer monochrome tapi masih bingung buat tonernya. dan satu lagi, resikonya laser printernya bisa rusak, ya anggap saja gambling sih. gimana, apa Pa Frans yang mau coba dulu? saya punya sample thermoplastik, tapi cuma sedikit, kawatir tidak cukup mengisi cartridge.

        • Frans says:

          tetrima kasih, yosep. rasanya saya belum sempat dan printernya saya belum punya. mungkin lain waktu

          • yosep says:

            Oh, kalo begitu baiklah saya yang mencoba lebih dahulu, nanti saya ceritakan hasilnya dan diskusikan dengan Pa Frans setelah saya cobe kerjakan. Trims

  • irgo says:

    thanks infonya…
    mas Frans,
    sy mau cetak gambar barcelona di HELM dan Motor sy, tapi takutnya nanti gambarnya pudar kena matahari atu hujan , giman cara ngatasinnya ya? apa dilapisi pake cat Pilox Clear aja atau ada cara lain ??
    oh ya, gambarnya di print langsung ke transfer paper atau kertas lain dulu? dan kebetulan saya hanya punya printer Canon Pixma ip1980 infus, bisa dipake kan?
    thanks, sori banyak nanya…hihihi

    • admin says:

      Terima kasih komentarnya, kalau pudar karena sinar matahari, pasti. tetapi waktunya agak lama. terutama warna merah. Tapi tidak luntur karena hujan. Percobaan saya diatas sampai sekarang tidak lecet atau terkelupas meskipun sering dicuci, karena saya bangga dengan semua percobaan saya, dan saya pakai terus untuk minum kopi. Memang lebih kuat kalau dilapis pilox tapi tidak harus. Kalau jenis printer saya tidak bisa komentar, karena saya tidak mungkin mencoba beberapa printer, cuman yang saya tahu, kalau tinta infus yang murah setelah transfer paper dicelup air langsung luntur, hilang. Gambar langsung dicetak dikertas transfer paper. Selamat mencoba dan berhasil.

  • Agung says:

    Mas, saya mau nanya ni…fungsi dari pilox clear yg dsemprotkn ke paper trnsfer itu apa ya??sebagai ap pilox clear itu??

    • admin says:

      Sebagai pengikat gambar dan pelapis agar bisa dilepas untuk ditempelkan ke media. Tanpa pelapis gambar akan hancur ketika dicelup ke air. semoga bermanfaat

  • Hengki says:

    Pagi pak frans, saya mau beli printer epson T13, kalo ada epson T11, tp yg sudah sistem infus bisa kena harga berapa? bisa sms saya di 0818726982, terima kasih

  • muzahid says:

    mas,transfer paper clear buat kaos bisa ga?

    • admin says:

      kalau untuk kaos, pakai tranfer paper yang bisa dibeli ditoko komputer, tinggal di printer, langsung di dipanasin diatas kaos bisa pakai strika

  • muzahid says:

    mas pake sembarang secrin selain t90 bisa ga? supaya apa pake secrin t90 itu mas? mohon pjlasannya trima kasih.

  • Andri says:

    Pak Frans,

    Mohon di detailkan kembali, ko’ prosesnya seperti decal yaa..

    Decal blm pernah coba tp sdh liat di videonya aja, bedanya dengan decal apa ?

    trus transper papernya jenis apa ya pak (dipasaran namanya apa)…

    Note Pak:
    Saya pernah beli kertas decal tp sayang blm saya coba :) , waktu itu si penjual kasi contoh hasilnya di keramik piring, saya raba raba media photo nya di piring tersebut, terasa kasar krn media diluar photo ikut menempel.

    apakah decal sprt itu dan bagaimana dg transfer paper sprt penjelasan diatas?

    apakah hanya media gambarnya yg tertempel atau media pembawa gambarnya (photo) ikut tertempel juga..

    Trims utk bantuan penjelasannya, butuh banget krn mondar-ir blm ketemu jawaban yg memuaskan

  • ridho says:

    kalau beli pemanas khusus buat mug dimana, kalau pake printer canon ip1880 di modif dan di kasih tinta sublim bisa gak

  • muzahid says:

    mas mau nanya lagi mudah2an ga bosen. saya udah praktekin hasilnya ok! sya pake kertas koran kosong ,lem Glukol cuman pas kering kertasnya mengkerut jadi pas diprint harus hati2 kadang jadi robek gambar rusak.ada solusinya ga?trima kasih.

    • admin says:

      pakai kertas HII bentuknya seperti kertas manila putih, juga tebal, tetapi waktu mencelup di air agak lama. kertas ini sudah saya pakai untuk produksi dipabrik selama belasan tahun untuk decal

      • yosep says:

        Pa Frans, kertas Hii apa kertas HLL namanya? belinya dimana pak? di toko kertas percetakan biasa ada tidak? saya pernah baca dimana ya, pakai kertas glossy untuk brosur? apakah sejenis dan beda nama nya saja?

        • admin says:

          Belinya di toko khusus kertas mungkin bisa anda cari di Jl. Embong Malang di Surabaya, atau pusat jual kertas didaerah dekat Songoyudan ( maaf udah lupa nih), kertasnya putih, setebal kertas manila, dan permukaannya mengkilap, tetapi bila diatas diberi tetesan air masih bisa basah dibawahnya.

          • yosep says:

            Terima kasih informasinya pak Frans, selama ini saya pakai kertas buat kalender, tapi agak tipis, mau cari yang agak tebal sedikit. nanti saya coba tanya di toko kertas, kertas Hll nya. Trims.

  • admin says:

    Decal bisa diaplikasikan ke plastik, logam, semua permukaan yang tidak meresap air. sisa kelebihan potongan diluar gambar bisa tidak terlihat jelas bila tidak terlalu tebal, dan transparant.

  • ridho says:

    setelah foto nempel di mug biar tidak mengelupas, di kasih apa, ka

    • admin says:

      percobaan saya sampai sekarang belum mengelupas, meski dipakai tiap hari, sedang yang pakai pemanas yang saya dapat dari hadiah ulang tahun, udah baret semua. Tapi pelapis saya pakai film solution atau cover coat yang untuk sablon keramik, tapi kalau anda pakai pilox, abis nempel disemprot lagi pakai pilox, harusnya bisa menolong.

  • efan says:

    tinta yg dipakai harus tinta sublime at tinta epson biasa?
    thx

    • admin says:

      Lebih baik kalau tinta sublime karena tidak luntur kalau dicelup air, kalau tidak ada, beli tinta asli Epson atau tinta bawaan dari epson kalau baru beli

  • efan says:

    klo untuk transfer paper biasa jual di toko ap ya mas?
    atau saya bisa beli dsni?

  • juventus says:

    kalau pakek printer yang laen misalkan canon mp258 gak bisa ya?

  • sarco says:

    mas, kalau pakai transfer paper buatan sendiri bisa buat kaos gak mas?

  • lina says:

    Klo gelasnya mug plastik bisa nempel ga ya?

  • bagus says:

    pak, saya punya usaha mug digital. saya mau tanya, apa bedanya kertas transfer yg bapak sebut diartikel ini dengan Decal ??

    terima kasih

    • admin says:

      Kertas decal adalah kertas yang ada lapisan lem, diatas lapisan lem itu bisa dicetak memakai printer inkjet, setelah itu diatas cetakan tadi dilapis lagi dengan covercoat ( disablon) atau spray cat clear pilox. setelah kering gunting disekitar gambar, celup ke air, setelah bisa digeser, lapisan penutup tadi lepas dari lem, tempel ke permukaan keramik, lilin, helm dll asal permukaan halus dan tidak meresap. oven lagi dengan oven kue 100 derajat selama 5 menit agar lebih kuat. Bila tidak dipanasi juga tidak masalah asal kering betul, pengalaman saya setelah dicuci sekian lama masih lebih kuat daripada cetak digital yang sudah anda buat sekarang.

      • bagus says:

        Terima kasih atas jawabannya.
        Saya mau belajar menggunakan decal.
        Di http://shop.keramik88.com Selain Water Slide Decal Paper Ukuran 50×70 cm seharga Rp. 4.000,- per lembar, saya butuh apa lagi untuk bisa mulai belajar decal? Apa covercoat berfungsi juga untuk mempertebal lapisan decal, karena setahu saya lapisan decal itu sangat tipis (mudah sobek). Mohon Infonya. Terma kasih!

        • admin says:

          Water slide decal saya sedia ukuran 50X70 dan ukuran A4 sekarang harga lagi promo. Kalau untuk inkjet cetak digital, hanya butuh printer epson, water slide decal, spray pilox untuk coating. Covercoat juga seperti spray pilox tapi harus disablon. Kalau anda tidak menggunakan printer, menggunakan sablon, tinta keramik, dan akan dibakar 600 derajat, anda memerlukan cover coat. Kertas decal tebal tidak mudah sobek dan sangat kuat. Mungkin yang anda maksud adalah Tissue paper untuk decal. kalau ini tidak menggunakan coer coat.
          Fungsi covercoat adalah pengikat gambar, sehingga gambar bisa dipindah/transfer ke media lain

          • Bagus says:

            Saya punya rencana untuk menggunakan printer Inkjet Epson.
            Setelah Water Slide Decal di print, lalu saya lapisi dengan Covercoat menggunakan screen untuk sablon manual.
            Tujuan saya hanya untuk menghemat biaya.
            Perkiraan saya pemakaian Spray Pilox akan lebih mahal dari pemakaian Covercoat seperti ide saya ini.
            Mohon masukannya.
            terima kasih sekali lagi saya sampaikan. Salut untuk bapak yang mau berbagi ilmu ke orang banyak. terima kasih!

          • admin says:

            Betul, kalau menggunakan Covercoat lebih irit dan lebih rata. kalau sudah mengerti sablon tidak masalah, tapi kebanyakan belum mengerti jadi saya carikan jalan yang mudah, tapi memang betul harganya mahal 1 kaleng pilox 18000-20000 rupiah. terima kasih , sukses untuk anda

  • Sandy says:

    saya tertarik dengan artikel anda, cm saya baru bl printer epson tx 121. yang saya kuatirkan, ( berarti mencetak / print diatas lem ) apakah lapisan lem tsb tidak menggangu / merusak print head printer tsb pak?

    Kertas HII yang dimaksuds apakah CTS / kunsdruk?

    Terima kasih – salam…

    Sandy

    • admin says:

      printer head tidak menempel pada kertas, hanya mengambang beberapa mm , jadi tidak bersentuhan dengan kertas. Epson 121 juga bisa digunakan asal tinta asli masih ada, kalau udah habis, mesti di sublim dengan durabrite atau tinta pigment atau sublim. Kertas HII ciri-cirinya putih, tebal ( seperti kertas manila) bila ditetes air, baliknya terlihat rembesan airnya. CTS saya kurang mngerti.

      • sandy says:

        terima kasih atas jawabannya pak… saya jadi pensasaran pengen coba. kebetulan saya sendiri basicnya di sablon. untuk pertanyaan bapak bagus ( sebelum pertanyaan saya yang pertama) Dia lebih memilih sistem covercoat.
        covercoat yang dimaksud bapak bagus diatas apak medium yang berbasis M3?
        untuk printer saya, printer sudah saya infus, jadi bkn tinta epsonnya asli / durabrite / sublim, mkg luntur kali ya?

        terima kasih

        Sandy

        • admin says:

          Medium untuk warna keramik tidak bisa memakai M3, sebetulnya ada sendiri pengencernya. Kalau Cover coat sebetulnya hanya digunakan di sablon keramik. Cuman bisa juga digunakan untuk keperluan ini. Tinta Dye yang anda pakai sekarang tidak bisa digunakan untuk water slide decal, krn setelah dicelup akan luber, luntur gambarnya hilang.Kalau anda kedepannya mau bikin mug atau kaos yang memakai pemanas bisa diinfus sublim, tapi mahal. kalau ingin coba2 lebih baik jangan. Kalau anda ingin sekali mencoba, ingin tahu, silahkan kirim gambar/foto saya akan cetakkan untuk anda.

  • noercholis says:

    salam sukses tuk pak frans..
    saya mo nanya pak..saya pemula usaha sablon foto mug..
    bagai mana caranya biar hasil foto mug bagus..
    saya mncoba berulang kali gambarnya kurang memuaskn..
    prnter yg saya gunakn epson T13 tinta sublim,kertas inkjet paper merk blue print ..pake pemanas digital..bagaimana caranya biar hasilnya lebih bagus..terima kasih mohon penjelasan

    • admin says:

      Terima kasih, hasil bagus dan tidak bagus itu relatif, dan tidak akan bisa mengira dimana salahnya kalau saya tidak tahu hasil kerja anda. Pemakaian printer dan kertas sudah betul. Jadi harap anda lebih menfetail atau lebih rinci lagi. atau anda kirim contoh ketempat saya. Terima kasih

  • fajri says:

    salam kenal pak frans, sy pernah beli coating, tp jenis coatingnya sangat kental, sangat sulit melakukan coating, di video sy liat coating sangat encer dan mudah melakukan coating, mohon info, apa jenis coating yg encer tersebut dan bagaimana sy bisa membelinya..trima kasih….

  • malaa says:

    pak.. printer epson inkjet T13 nya msh ada..???
    bapak jual krtas decal jg kan..?
    jual mug jg gag pak..?
    mohon segera balasannya

    • admin says:

      Printer sudah tidak jual karena harga cepat berubah dan tipe juga cepat berubah, tipe T13 sekarang sudah tidak keluar lagi, Kertas decal selalu ready, mug juga banyak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Langganan Artikel

Artikel baru akan selalu dikirim ke Email anda bila mendaftar, isi alamat Email yang benar, klik Daftar. Setelah itu cek Email anda untuk konfirmasi dengan klik link yang dikirim. Untuk lebih jelasnya, lihat "Cara Daftar" diatas

Masukkan alamat Email:

Delivered by FeedBurner

Video keramik88