HOME
Home » Ceramic Printing » Craft » Digital Printing » Ayo membuat TATTOO sendiri

Ayo membuat TATTOO sendiri

Posted at Maret 1st, 2013 | Categorised in Ceramic Printing, Craft, Digital Printing

Kali ini saya mengajak anda untuk membuat Tattoo sendiri, karena saya lihat begitu banyak yang menyukai Tattoo, terutama tattoo yang bersifat sementara ( temporer ). Kalau saya Tatto temporer OK, kalau sungguhan, takut sama jarumnya dan bagaimana kalau hapusnya? Katanya sakit banget. Ternyata sekarang udah banyak yang menjual Tattoo secara online berukuran kecil, seukuran 10×15 cm terisi beberapa tattoo kecil-kecil. Harganya sekitar 15.000 perlembar. Biasanya cewek memasang di pundak, lengan pada waktu pergi ke pesta. Nah kalau saya, pasang di tangan seperti pada foto dibawah, hanya untuk test saja. Tetapi tidak urung selalu menjadi perhatian orang dimana-mana. “Oom, itu tattoo sungguhan?” atau “Oom, kok pasang tattoo gambar kupu? “ Walah macam-macam tanyanya.

OK, sekarang bagaimana cara membuatnya? Sebetulnya artikel serupa pernah saya bahas ada disini.

Jadi sebaiknya anda membaca kedua artikel tersebut. Artikel ini adalah yang sudah diperbarui .

Untuk kali ini saya mencoba memakai printer Epson T13X dengan menggunakan tinta Durabrite Ultra produk SUN.  Bukan berarti tinta lain tidak bisa. Kalau mempunyai printer laser, sebaiknya memakai printer laser lebih baik dan bagus.

Apa lagi yang dibutuhkan untuk membuat TATTOO temporer ini?

Ada dua jenis bahan yang dipakai dan menghasilkan Tatto yang berbeda.

I.Tattoo berbahan Water base ( ber basis air )

  1. Kertas decal Tullis Russell yang khusus Laser, pigment dan durabrite. Bila memakai tinta sublime, pakai kertas decal khusus sublime.
  2. Printer inkjet atau printer laser
  3. Screen untuk sablon dengan kerapatan 54T atau 60 T
  4. Tattoo Adhesive ( Water base )
  5. Kertas lilin ( Release sticker )

Cara membuatnya:

Kertas decal untuk laser, dicetak dengan printer Epson tinta Durabrite Ultra. Setelah itu cetak juga diatas kertas HVS ukuran A4. Gambar diusahakan berada ditengah. Cara ini saya pakai karena hanya mencetak 2 lembar saja, jadi saya tidak memakai obat afdruk untuk membuat gambar screen ( kain kasa). Saya ganti dengan kertas HVS, setelah selesai sablon, tinggal dibuka, sobek dan buang.

Kertas HVS tadi yang sudah dicetak, digunting atau di cutter seperti pada foto diatas, bagian tepi gambar di buat lebih besar sekitar 2 – 3 mm.

Letakkan terbalik seperti pada foto diatas

Kuatkan tepi kertas dengan selotip coklat

Letakkan dimeja sablon, pasang pada ulir penguat untuk memegang screen jangan sampai bisa berubah posisinya. Letakkan Tattoo Adhesive diatasnya, tekan dan dorong dengan rakel dari  depan kebelakang, atau dari belakang ke depan terserah anda

Hasil sablonan Tattoo Adhesive diatas kaca, langsung laburi dengan bedak talc agar tidak melekat pada kertas ketika disablon nantinya

Untuk menyablon diatas kertas decal, tepatkan posisinya dulu, agar gambar tepat ditengah area Tattoo Adhesive. ( foto diatas ). Setelah posisi tepat, turunkan screennya, dan mulai menyablon. ( menekan dan mendorong rakel dari depan kebelakang atau dari belakang kedepan).

Sampai disini pekerjaan anda sudah selesai. Kertas decal yang sudah dilapis dengan Tattoo Adhesive dikeringkan dulu, bisa menggunakan hairdryer atau dibiarkan saja sampai kering. Setelah kering baru ditutup dan dilindungi dengan kertas lilin. Kertas lilin yang mengkilap yang menempel pada permukaan Tattoo Adhesive.

Sekarang pekerjaan terakhir dan terpenting adalah segera membersihkan kain screen dari bekas Tattoo Adhesive, lepas selotipe dan kertas, sambil disiram dengan air dan digosok dengan spon pencuci piring hingga benar-benar bersih. Jangan tunda pekerjaan ini, karena bila Tatto adhesive sudah kering akan sulit membersihkannya.

Kalau ternyata anda lupa dan menunda membersihkan screen sehingga Tatto Adhesive kering, tidak bisa dibersihkan dengan air lagi, hanya bisa dengan Thinner A digosok, dan dibersihkan dengan sabun cuci. Lebih baik segera dibersihkan daripada screen anda tidak bisa dipakai lagi.

I.Tattoo berbahan Oil  base ( ber basis minyak )

Bedanya dengan Water Base adalah :

  1. Tidak mudah kotor: lokasi tattoo tidak mudah kotor dan tidak lengket bila tersentuh. Kalau Tattoo yang water base, mudah kotor pada lokasi gambar karena debu mudah melekat.
  2. Permukaan Tattoo Oil base ini  mengkilap seperti tertempel gambar plastic ( lihat foto diatas). Lebih natural yang water base.
  3. Tanpa sablon, lebih mudah: Tapi ada syaratnya, harus memakai tinta Durabrite Ultra (SUN). Tinta lain dan laser tidak bisa. Pengerjaannya hanya dikuas saja.
  4. Cara menghilangkan Tattoo: Kalau Water base memakai Baby oil, alchohol, kalau Tattoo Oil base hanya dicelup keair agak lama udah bisa dikelupas.
  5. Untuk melindungi Tattoo yang sudah jadi tidak memerlukan kertas lilin , cukup hanya plastic biasa aja.

Bahan yang diperlukan:

  1. Kertas decal untuk laser ( biasa ) produk Tullis Russell
  2. Printer inkjet tinta Durabrite Ultra ( SUN)
  3. Kuas kecil
  4. Tattoo Adhesive Oil Base

Cara membuatnya:

Cetak Gambar Tattoo diatas kertas decal Tulliss Russell, dengan tinta Durabrite Ultra ( SUN ), mengapa? Karena tinta ini tidak luntur, dan tahan minyak.

Keringkan beberapa jam atau dipanasi dengan hairdryer, setelah kering, bubuhkan diatas gambar dengan memakai kuas kecil, Tattoo Adhesive Oil base secara merata tepat diatas gambar saja, lebihkan sedikit keluar dari gambar sekitar 1-2 mm.

Keringkan, bisa dengan hair dryer atau dibiarkan kering pada suhu ruangan, 1-2 jam lebih lama lebih baik, kalau sudah kering bisa dimasukkan kedalam plastic.

Sekarang Tattoo anda sudah bisa dibuka. Cara pakainya saya denbgan Tattoo Water base.

Selamat mencoba.

 

2 Komentar for Ayo membuat TATTOO sendiri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Enter Captcha Here : *

Reload Image

Related Post to Ayo membuat TATTOO sendiri

Magic Trans Paper Solusi Transfer gambar ke mug keramik tanpa coating

Posted at Maret 17, 2017

Untuk memindahkan gambar atau image ke benda keramik spt mug, gelas, keramik, piring dll biasanya menggunakan lapisan coating diatas permukaan benda tersebut, agar bisa... Read More

Aplikasi Decal di Media Kayu

Posted at September 25, 2016

Membuat hiasan diatas permukaan media kayu menjadi sangat mudah. Memindahkan gambar, foto keatas permukaan kayu hanya sekejab. Bila anda akan mencari penghasilan dari metode... Read More

Cara mudah membuat lilin hias

Posted at Juli 21, 2015

Lilin hias banyak digunakan untuk souvenir pernikahan atau even2 tertentu.  Banyak juga yang usahanya sukses dengan lilin hias. Bagaimana cara membuatnya? Sebetulnya sangat mudah... Read More

etsa gelas, coating

Gelas coating lagi ngetrend

Posted at April 18, 2014

Gelas coating lagi ngetrend, beken barangkali ya? belakangan banyak yang minta untuk di buatkan gelas bening yang langsung dicoating. Saya heran juga ya? apakah... Read More

Coating Sublime Putih ( White sublimation coat) untuk gelas bening

Posted at November 22, 2013

Seperti artikel saya terdahulu yang membahas keterbatasan persediaan mug keramik dipasaran pada suatu saat ( baca disini) , membuat beberapa pengusaha cetak digital mencari... Read More