Visitor Keramik88


View My Stats

Grosir PIN

PIN

Mesin Press Kaos & MUG

Flat-Heat-Press-Machine-CE

Slider

[cycloneslider id="slider1"]

Protection and Strippable Coating ( Coating yang bisa dikelupas )

Advertisment

Setelah mencoba untuk menggunakan kertas decal, beberapa ada yang menanyakan, mengapa coatingnya seperti tempelan stiker? Tidak bisa dihilangkan. Memang bekas guntingan masih terlihat dibagian luar gambar, karena coating tidak bisa di hilangkan.

Bila dirumah anda ada piring yang ada dekorasinya, biasanya gambar bunga, yang tertempel 3 buah.

Piring dengan dekorasi bunga Anggrek, satu piring ada 3 dekorasi bunga . Menggunakan warna keramik untuk suhu 780 derajat

Atau mungkin bila anda suka makan Soto, bakso, yang menggunakan mangkok, coba perhatikan gambar bunga dibagian sisi luar mangkok, atau gambar ayam jago, yang dikenal dengan nama “mangkok ayam”.

Semua hiasan tersebut dibuat juga menggunakan kertas decal. Semuanya juga menggunakan coating yang disebut Covercoat atau film solution. Pertanyaannya: “ Coatingnya kenapa tidak terlihat?” . Coatingnya sudah lari atau menguap pada suhu 500 derajat celcius, yang masih tertinggal warna keramik yang masih tertempel dipermukaan keramik atau gelas, disempurnakan lagi pembakarannya sampai mencapai 600 derajat atau ada yang warnanya membutuhkan suhu 800 derajat. Dekorasi yang dihasilkan dengan cara ini bisa bertahan ratusan tahun, tahan gores, tahan cuaca, tahan minyak, maupun bahan kimia.

Masalahnya sekarang adalah,  harus mempunyai oven minimal harus bisa menghasilkan panas paling sedikit 600 derajat Celcius. Agar coating/lapisan tipis diatas gambarnya menghilang.

Ada beberapa pertanyaan yang sampai ketempat saya:

  1. Apakah oven roti bisa menghilangkan coating? Oven roti hanya mampu 250 derajat sedangkan coating akan menguap pada suhu sekitar 500 derajat.
  2. Kalau saya mempunyai oven yang bisa 600 derajat, apakah gambar hasil printer masih akan terlihat, ketika coatingnya sudah hilang? Jawab: Gambarnya akan ikutan hilang, karena tinta printer tidak tahan pada suhu diatas 300 derajat.
  3. Tinta apa yang tahan pada suhu 600 derajat? Yang bisa tahan hanya warna keramik ada beberapa macam yaitu yang khusus untuk 600 derajat, 800 derajat dan 1250 derajat. Semuanya berbentuk bubuk, ada juga yang berbentuk pasta, bila sudah dicampur Medium.
  4. Saya hanya mempunyai oven roti, bagaimana solusinya agar saya bisa menghasilkan cetakan setara dengan hasil decal keramik seperti pada gambar diatas? Jawab: Saat ini solusinya hanya memakai warna yang suhunya disesuaikan dengan kemampuan oven roti itu menghasilkan panas. Yaitu “ ACTION COLOR
  5. Apa itu ACTION COLOR? Jawab: Action Color adalah warna organic yang bisa mengeras dan bisa menguat pada suhu rendah.
  6. Berapa suhu yang dibutuhkan? Jawab: Ada yang hanya membutuhkan suhu ruangan saja, ada yang membutuhkan suhu 180 derajat.
  7. Apa yang membedakan Action Color suhu ruangan dan Action Color 180 derajat? Jawab: Tergantung bahan Protection yang dipakainya.
  8. Bagaimana daya tahannya? Jawab: Tidak perlu diragukan lagi, karena teknologi ini bukan hanya Jerman yang mengembangkan, tetapi korea juga mempunyai produk yang sama. Dan setelah saya test memakai mangkok yang cekung didalamnya saya tempel Action Color, sampai saat ini juga tidak bermasalah. ( Dipakai setiap hari).
  9. Benda apa saja yang bisa diaplikasikan dengan ACTION COLOR? Jawab: Hampir semua benda bisa ditempel dan daya tahannya  bagus. Memang ada beberapa permukaan yang tidak bisa ditempel dengan baik, misalnya plastik kemasan buram, yang diharuskan untuk melapisi dengan cairan Primer sebelum ditempel agar daya tahannya kuat. Beberapa contoh, misalnya: Helm, kaca, besi, kayu, gerabah, plastic, keramik, mainan anak-anak, dan banyak lainnya.

Ditempel diatas plastic bening keras dan plastic Cutter. Tanpa dioven, memakai protection suhu ruangan

Ditempel kepermukaan Keramik warna gelap. Di oven 180 derajat

Ditempel dipermukaan besi ( ujung dari burner ), tertempel kuat setelah dioven 180 derajat.

Ditempelkan di keramik, oven 180-200 derajat

Gambar dicetak dengan tinta Durabrite Ultra, di tutup dengan lapisan Protection, dicoating pakai Strippable Coat

Advertisment

Ditempel diatas gelas, daya tahan sangat kuat, oven 180-200 derajat.

Gerabah anda akan ditempel nama pabrik atau logo? Tidak masalah!! Bagus dan kuat. Oven hanya 180 derajat

Piring keramik ini. Saya mendapat kiriman dari Ibu Dewi Kusharyati ( Multisarana.com ) dari Bandung, diameter 10 ½ inch atau 27 cm. Hiasan tepi memakai Action Color warna kuning, ( pesanan customer nya ).

Ditempel dikaca mobil, tanpa pemanasan, memakai protection suhu ruangan, disablon memakai Action Color.

Ulasan diatas adalah sedikit prakata untuk membahas Strippable Coating atau Coating yang bisa dikelupas.

Strippable Coating adalah semacam coating berupa cairan kental berbasis minyak. Bila kering tidak bisa melekat pada benda apapun. Tetapi akan melekat ( tidak bisa dikelupas ) pada cat yang berbasis minyak juga, kecuali diatas Warna Action Color.

Strippable akan melekat ( tidak bisa dikelupas ) pada tinta printer, inkjet maupun laser, juga  pada semua cat  kecuali Action Color.

Strippable ada yang berwarna, ada juga yang tanpa warna, keduanya sama transparent. Bedanya bila yang berwarna, hasil sablonnya akan terlihat batasnya, sehingga bisa melihat kerataan dari hasil sablon.

Foto diatas, sebelah kiri: Memakai strippable warna biru, masih belum terkelupas. Sedikit sudah saya kelupas, perhatikan bagian yang terkelupas warna biru lebih tua karena bertumpuk. Kanan: Strippable sudah dikelupas. Yang tertinggal cat warna hasil sablonan. Kalau sudah terkelupas, sekarang bisa mulai di oven.

Pertanyaan dan jawaban:

  1. Bisakah  strippable Coating menggantikan Pilox? Bila memakai tinta printer? Jawab: Tidak boleh. Karena coating ini tidak bisa melekat dengan kuat pada permukaan media. Coating ini bersifat sementara, hanya untuk memindahkan gambar, setelah itu coating ini dikelupas dan dibuang. Jadi coating ini mudah dikelupas setelah kering, sehingga sangat mudah membersihkannya bila ada sisa didalam kaleng, tidak perlu dibersihkan dengan thinner, dibiarkan saja, setelah kering anda tinggal mengelupas saja, dan sudah bersih.
  2. Berapa lama coating ini bisa dilepas setelah ditempel? Jawab: Menurut aturan pabrik yang membuat, setelah ditempel 24 jam atau dipanasi 40 derajat selama 1 jam. ( Mungkin di Jerman sana udaranya dingin ). Kenyataannya dibiarkan 4 jam aja udah bisa dikelupas, memang lebih lama lebih mudah mengelupasnya.
  3. Saya tidak ingin repot dengan sablon untuk mencetak gambar, bisakah saya menggunakan hasil cetak printer, tetapi tidak terlihat coatingnya lagi?  Jawab: Bisa!!, tetapi setiap gambar harus dilapis dulu dengan Protection dulu selebar kurang lebih 1 mm lebih lebar dari besarnya gambar.

Warna hijau, protection yang disablon lebih besar kurang lebih 1 mm atau kalau bisa sama lebih bagus dari besar gambar ( warna biru).

Tinta Durabrite Ultra : Diatas tinta ini Protection bisa dikuas dan disablon

Tinta Laser, Sublime, Artpaper: Diatas tinta ini Protection harus disablon pakai screen 180 T (halus).

Action Color: Diatas warna ini tidak dilapis protection, masih bisa dilepas. Memakai protection lebih baik karena hasilnya lebih mengkilap, dan lebih mudah melepasnya. Kalau Action Color diaplikasikan ke benda yang tidak bisa dipanasi, misalnya plastic dsb. Maka harus dilapisi dengan protection khusus suhu ruangan. (Jadi tidak perlu dipanasi, udah kuat).

Setelah itu baru dilapis lagi dengan Strippable Coating, Screen yang dipakai 30T. ( kasar ).

Advertisment

6 Responses to Protection and Strippable Coating ( Coating yang bisa dikelupas )

  • SUGENG says:

    Mantaap,..dan lengkap sekali pencerahannya Boz !!

    Nanya lagi Pak,??
    1. Untuk pemberian Protection coating pada gambar, sebut saja hasil gbr sablon lebih dari satu macam gambar (maksud x sekali sablon modelnya macam2 gitu..biar ngirit Gan.), menentukan lebar 1mm itu apakah yg dimaksud pada saat menggunting area gambar pada kertas Decal ??..
    2. Protection Coat dan strippable coat apakah boleh ditambahkan thiner A, kira2 berapa komposisinya.

    Pencerahan Bpk, sangat membantu saya untuk pembelajaran ini
    Maju terus Decal Keramik88…!!!
    Tksh.

    • admin says:

      Satu lembar bisa beberapa macam model gambar, yang dimaksud dengan penambahan lebar 1-2 mm dari besarnya gambar adalah protection, maksudnya agar bisa dipastikan semua area gambar tertutup protection. Bila tidak, di khawatirkan gambar yang tidak tertutup protection akan sulit dilepas dari coatingnya.
      Protection dan strippable diusahakan tidak ditambah pencair, bila terpaksa bisa ditambahkan Thinner atau M3 maksimal 10%.,

  • Akhmad says:

    Pak dimana sy bs membeli kertas Cecal, ‘Protection’ dan Strippable?
    Brp harganya yg plg ekonomis?
    Tq :)

  • Elton says:

    Sy pernah beli decal lain produsen apakah decal ini termasuk.decal yg tdk perlu dipanasin sdh kuat..biasa sy pakai decal waktu dipanasin lgsung rekat..tapi yg terkhir sy pesan setelah dipansin malah semua gambar retak2 ..dan gampang terkelupas meskipun suda di cet pake clear.

    • admin says:

      Decal yang bisa retak setelah dipanasi adalah decal yang sudah dimodif. Biasanya decal yang untuk tinta biasa atau tinta dye. Kalau mau main decal secara serius, jangan pakai tinta biasa. Sebaiknya pakai printer laser atau printer inkjet dengan tinta pigment, durabrite, tinta sublime atau art paper. Karena kertas decalnya asli. Belum di modif. Semoga bisa dimengerti. Terima kasih komentarnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel

Artikel baru akan selalu dikirim ke Email anda bila mendaftar, isi alamat Email yang benar, klik Daftar. Setelah itu cek Email anda untuk konfirmasi dengan klik link yang dikirim. Untuk lebih jelasnya, lihat "Cara Daftar" diatas

Masukkan alamat Email:

Delivered by FeedBurner

Video keramik88