belajar keramik dan decal
Visitor Keramik88

View My Stats
Mug Enamel Ultimate
Kertas Decal untuk TATTOO

Cold Porcelain, adalah menyerupai paper Clay, juga berbasis air ( waterbase). Tetapi yang ini berbahan dasar tepung Jagung atau Maizena. Mungkin karena hasil jadinya bersih putih dan bisa mengkilap bila dilapisi varnish, maka disebut Cold Porcelain. Kalau Paper Clay mencari bahan dan cara membuatnya agak sulit, kalau Cold Porcelain bahannya mudah didapat dan cara membuatnya sangat mudah.

Bahan yang dibutuhkan:

300 gram maizena

300 gram lem PVAC

2 sdm benzoat

Minyak bayi ( Baby Oil )

Cara mencampur:

Campur Maizena dan benzoat, kemudian masukkan lem PVAC, diuleni ( dicampur ) sampai rata, seperti kalau membuat roti. Tambahkan secukupnya Baby Oil sampai tidak lengket.

Pewarna bisa menggunakan cat air ( water color ), cat poster atau acrylic. dicampur sedikit keadonan, sampai menghasilkan kepekatan warna tertentu.

Maizena bisa dikombinasi dengan tepung lain yang putih, misalnya tepung beras, tapioka ( kanji ).

Benzoat bisa diganti dengan air jeruk nipis, yang berfungsi sebagai bahan pengawet.

Baby Oil bisa digantikan dengan Vaselin atau Gliserin berfungsi supaya tidak lengket.

Bila sudah tidak dipakai, segera masukkan ke palstik tutup rapat, karena sangat cepat kering. kalau masih tidak keras masih bisa dilunakkan dengan air, kalau sudah kerang tidak bisa dipakai lagi.

Selamat mencoba


3 Responses to Cold Porcelain

  • Terima kasih atas postingannya ya pak.
    Saya masih mau bertanya, masih boleh kan pak ?
    Masih sekitar browsing di internet.
    Ada bunga buatan dari dip yang diberinama ” Bunga Dip”, dip mungkin arti harpiahnya celup. Bunga yang buatan ini dibuat dengan mencelupkan kawat yang telah dibentuk seperti kelopak bunga yang ingin kita buat kedalam larutan dip. Dan kebanyakan yang membuat bunga ini orang Malaysia, sebagai bunga hantaran penganten dll.
    Yang ingin saya tanyakan :
    – Apakah dip itu ?
    – Mungkinkah sejenis  cat ?
    – Lalu apakah di Indonesia ada dip itu ? Dimana bisa dibeli ?
    http://bungadip.wordpress.com/  

    Terima kasih

    • Ok, tidak masalah, sebab saya tambah wawasan, ingat, ilmu tidak seperti buah apel. kalau anda mempunyai satu buah apel, diberikan kepada orang lain, anda tidak mempunyai apel lagi. kalau anda memberikan ilmu kepada orang lain, kemungkinan anda akan menerima atau mendapat ilmu yang lebih banyak. contohnya adalah pertanyaan dari anda, saya sudah membuat artikelnya dan saya mempunyai ilmu satu lagi.
      Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Enter Captcha Here : *

Reload Image

Klik Gambar, Download aplikasi multisaranacetak di HP anda
Langganan Artikel
Artikel baru akan selalu dikirim ke Email anda bila mendaftar, isi alamat Email yang benar, klik Daftar. Setelah itu cek Email anda untuk konfirmasi dengan klik link yang dikirim. Untuk lebih jelasnya, lihat "Cara Daftar" diatas

Masukkan alamat Email:

Delivered by FeedBurner