Visitor Keramik88


View My Stats

Grosir PIN

PIN

Mesin Press Kaos & MUG

Flat-Heat-Press-Machine-CE

Slider

[cycloneslider id="slider1"]

Inkjet Water-Slide Decal Paper

Advertisment

Inkjet Water-Slide Decal Paper atau Kertas decal yang permukaannya dilapisi lem, sehingga bila ada lapisan varnish diatasnya bisa terangkat atau lepas bila dimasukkan kedalam air. Dan lapisan Varnish itu bisa dipindah ( transfer ) ke media apa saja asal permukaannya halus dan tidak meresap.

Dengan menggunakan kertas Decal ini , cetakan bisa di pindah ( transfer ) atau diaplikasikan kepermukaan :

Gelas, metal ( besi, baja, aluminium ), keramik, terracotta, kayu, peralatan rumah tangga, lilin hias, mainan anak-anak dari plastic, peralatan pancing ikan, mobil, sepeda motor, helm, pigura, sampul buku atau sampul album, sabun, ….Waooow banyak sekali yang lainnya.

Beberapa foto percobaan saya dengan Water Slide Decal Paper:

water transfer

Water-Slide Decal  yang diaplikasikan ke Mug Keramik tanpa coating.

Mug Promosi menggunakan Kertas Decal

Beberapa mug diatas memakai Kertas Decal, setelah dipanasi di oven 100 derajat selama 5 menit hasilnya lebih kuat, hampir menyamai mug yang memakai alat press pemanas.

Piring diatas juga menggunakan Kertas Decal

Water-Slide Decal  yang diaplikasikan ke Cangkir dari plat yang sudah dicoating

Water-Slide Decal  yang diaplikasikan ke Cangkir dari Stainless

Water-Slide Decal  yang diaplikasikan ke Botol kecap dari plastic

Water-Slide Decal  yang diaplikasikan ke lilin.

 

Hiasan menggunakan Kertas decal dan printer inkjet ini tidak perlu dibakar, sehingga sangat mudah sekali membuatnya dan sangat menyenangkan.

Tuangkan imaginasimu memakai Kertas Decal dan printer yang tentunya sudah banyak yang punya.

 

Bahan yang diperlukan:

  1. Printer Epson dengan tinta Dye, Durabrite, Sublim.
  2. Water Slide Decal Paper
  3. Acrylic Crystal Clear High Gloss spray

 

 1.Printer Epson dengan tinta Dye, Durabrite, Sublim.

Tinta Epson yang asli sebelum anda mengganti tinta baru, tahan air. Setelah diganti dye infus luntur bila dicelup air. Tinta ini tidak dianjurkan karena waktu dicelup dan akan dipindahkan, gambarnya luntur tidak lengket pada varnish. Tinta Durabrite adalah tinta pigment yang tahan terhadap air, tidak luntur, cocok untuk keperluan ini. Dan tinta ini ( katanya ) soalnya saya belum coba sekian lamanya, tahan sampai 20 tahun. Tidak pudar. Dan terakhir bila memakai Tinta Sublim ada perlakuan yang berbeda. Tinta sublime ini dipergunakan untuk membuat hiasan di mug yang sudah di coating, dan memakai kertas sublime. Tinta ini juga sangat baik untuk gambar dikaos. Untuk water Slide Decal Paper, memang tidak akan luntur karena berbasis minyak, sedang Acrylic Crystal Clear juga berbasis minyak, jadi kalau terlalu tebal lapisannya, gambar  akan sedikit blur. Dan yang juga penting, adalah pengaturan ( setting) di Adobe Photoshop.

Contoh foto diatas semua memakai tinta Sublime, saya bukan mempromosikan tinta sublime untuk keperluan ini, tetapi yang saya punya saat ini ya hanya printer Epson dengan infuse tinta sublime.

2. Water Slide Decal Paper, Kertas ini sebetulnya digunakan di industry keramik, disablon

menggunakan warna yang tahan sampai 600 dan ada yang sampai 800 derajat celcius. Jadi setelah penempelan ( transfer ) dipermukaan keramik memerlukan tungku/oven yang bisa menghasilkan panas sampai 900 derajat celcius, bila tinta cetaknya adalah warna keramik. Tetapi bila tinta cetak memakai tinta inkjet tidak memerlukan tungku. Water Slide Decal Paper ini adalah kertas yang mampu menyerap air, yang dilapisi lem yang mudah lebur bila bersentuhan dengan air, jadi bila diatasnya dicetak, sablon, di timpa varnish, cover coat atau film solution, cetakan atau hasil sablon diikat dengan varnish tersebut bisa dipindahkan ke semua media yang halus dan tidak meresap.

3. Acrylic Crystal Clear High Gloss spray. Ini semacam Varnish dengan berbagai merk yang bisa anda dapatkan ditoko cat atau ditoko besi. Saya membeli beberapa merk untuk menulis artikel ini, karena waktu saya mencoba untuk pertama kali, saya mendapat Clear Acrylic yang keras, maksudnya setelah saya masukkan kedalam air, setelah lepas, lapisan clear mudah sobek dan hancur. Saya membeli 3 macam Clear untuk saya bandingkan, dan untuk mengetahui Clear apa yang cocok dengan Water Slide Decal ini.

Advertisment

Saya tidak bermaksud untuk promosi atau menjelekkan suatu produk, tetapi saya akan share Clear mana yang cocok untuk water slide decals.

Pylox: ( kiri ) adalah produk yang paling cocok karena Soft Type artinya meskipun sudah kering masih lentur tidak mudah sobek.

Suzuka: (tengah)Cukup baik untuk Water Slide Decal, setelah kering juga masih lentur, masih bisa digunakan.

RJ: (kanan) ini adalah clear yang pertama saya dapatkan, tidak bisa digunakan pada Water Slide Decal ini karena Hard Type, yang artinya setelah kering mudah patah, sobek.

 

Cara membuat Water Slide Decal

Hasil cetak menggunakan tinta sublim sebelum dilapisi Clear, terlihat buram.

Hasil cetak menggunakan tinta sublim setelah  dilapisi Clear, terlihat lebih terang dan mengkilap.

Cetak gambar yang anda pilih dari computer anda, yang sudah diolah melalui software pemgolah gambar, seperti Photoshop dlsb.

Quality : Best Photo

Paper : Epson Premium Glossy

Setelah selesai mencetak, keringkan dulu sebentar dengan temperature ruangan.

Semprotkan spray jangan terlalu dekat atau terlalu jauh kurang lebih 20-30 cm. Ulangi secara merata 2-3 kali. Setelah itu keringkan diudara terbuka, atau memakai Hair Dryer, jangan terlalu dekat karena berakibat permukaan kurang mengkilap atau terjadi buble

Setelah kering potong dengan gunting tepi sekeliling gambar jarak tepi gambar 2-5 mm.

Masukkan kedalam air, tunggu beberapa menit sampai lapisan varnish bisa tergeser dari kertas, jangan terlalu lama diair, karena lemnya akan hilang. Karena sisa lem yang masig menempel di lapisan varnish berguna untuk merekatkan ke media.

Basahi dulu permukaan media yang akan ditempel agar waktu ditempel mudah untuk menggesernya.

Gosok perlahan dengan kain atau karet tipis agar gelembung udara bisa keluar.

Agar lebih kuat masukkan kedalam oven roti, panaskan 80-100 derajat celcius selama 5-10 menit.

Bila anda tidak mempunyai oven, Setelah tempelan di mug sudah kering betul, bisa di semprot/spray lagi dengan Pilox.

 

Videonya bisa anda download disini, sudah saya convert ke WMV agar bisa dilihat di Windows Media Player.
Video lainnya bisa anda lihat dibawah ini

Semoga bermanfaat.

 

 

Tunggu apa lagi? buruan ke TKP, klik disini

Sekedar Ide

Hiasan lilin

Semoga bermanfaat. Bila ada yang akan ditanyakan silahkan tulis komentar atau kirim email di direct contact ( sebelah atas blog ini ).

update 12 Agustus 2012: Sekarang tidak perlu digosok Talc dan gambar langsung terlihat terang, hasil lebih bagus dan sempurna, dengan kertas decal khusus Sublime, Art Paper dan Pigment.
Isi 50 lembar ukuran A4 lihat disini
Isi 20 lembar ukuran A4 lihat disini

 

Advertisment

40 Responses to Inkjet Water-Slide Decal Paper

  • efan says:

    nice info pak frans.semoga percobaan kali ini bisa berhasil sempurna.
    RECOMMENDED saler for keramik88

  • iwan says:

    pa klau beli water slide decal pappernya di toko apa ya?mohon infonya,tks

  • asep maryono says:

    trimakasih artikel waterslide decal ,sangat bermanpaat,saya ingin membuat sablon keramik untuk di bakar lagi pada suhu 1000,drajat ,selama ini saya memakai sablon manual pakai screen , pertanyaanya 1.apakah tinta keramic seperti cobal , buat di oven 1000, drajat , bisa di masukan ke priter epson ? …2 bila bisa tinta ceramic di campur air, atau minyak decoplux?, juga apakah ada d sekitar bandung yang menjual covercoat? mohon dengansangat jawabannya , terimakasih sukses selalu, wasalam asep. m

    • admin says:

      Saya belum berani mencoba warna keramik dibuat untuk tinta printer. Kalau cobal untuk keramik akan dibuat tinta, harusnya sehalus ukuran micron, memakai penggiling semacam vibromill ( ini hanya perkiraan). Sehingga tidak mengendap. kelau mengendap, pasti buntu. Dan anda akan beli lagi head yang tidak murah. Anda bisa mendapatkan Waterslide decal di http://shop.keramik88.com

  • Hariesya says:

    Malam pak saya tertarik dengan kertas decal tersebut, apakah ada toko bapak yang di sekitar surabaya karena saya tinggal di surabaya…..Terima kasih

  • ajay says:

    apakah decal sublim ini bisang langsung di tempel di medianya, tampa melalui proses coating, mengingat saya bikin mug menggunakan tintal sublim dengan media kertas injet paper dengan catatan mug tersebut harus sudah di coating. Dengan proses yang saya lakukan membatasi kreasi untuk mug mug bentuk lain selain bulat. semoga ini bisa jadi solusi bagi saya.

    • admin says:

      Memang keterbatasan mug press digital tidak bisa sampai di tepi gagang, dan tidak bisa untuk mug yang banyak tekukan. Sebenarnya Kertas Decal itu untuk sablon keramik, dimana tintanya untuk temperatur 580 dan 780 derajat, dicoating memakai Cover coat, setelah itu dibakar temperatur tsb. sehingga hasilnya tahan lama dan tahan gores.

  • larry says:

    siang pak, saya baru mau mencoba pakai decal ini… saya mau coba pasang decal ini di benda yang uda dicat duco …

    printer epson apa yang disarankan ya pak?
    terus saya masih bignung di tinta nya, apakah harus pakai tinta sublime itu?

    • admin says:

      Kalau diatas cat berwarna atau gelas saya tidak menyarankan pakai tinta printer, sebaiknya pakai Action color. Warna dasar disablon warna putih dulu,

      • larry says:

        maksudnya gimana ya pak?

        kalau ditempel diatas cat duco yang sudah di coating juga ga bisa pakai tinta sublime itu ya?

        misalnya dipasang di body plastik sepeda motor yang uda dicat putih

        • larry says:

          knp harus disablon warna putih dulu ya pak? kalau dasarnya sudah putih apa juga harus disablon dulu?

          alatnya yang dibutuhkan apa aja ya pak? apa alat2nya ini bisa dibeli dari bapak?

          • admin says:

            Yang membutuhkan disablon putih, bila diaplikasikan ke kaca atau gelas. Bila warna dasarnya muda, tidak perlu. Semua keperluan di keramik88.com saya usahakan bisa tersedia untuk pembaca keramik88.com
            Terima kasih

        • admin says:

          Kalau dasarnya warna putih atau warna muda bisa tidak memakai sablon, cukup dengan tinta sublime ( tinta ini tidak tahan terhadap sinar matahari) lebih baik pakai tinta pigmen atau printer laser.

          • larry says:

            oh, kalau tinta sublim tidak tahan sinar matahari ya berarti pakai tinta pigmen aja nanti saya
            kalau gitu saya pesan dari bapak aja buat keperluan2 nya ya pak… printer, tinta, dan kertas nya. gimana cara pesannya ya pak?

          • admin says:

            Sms ke 087858067889

  • ahmad says:

    Cairan pada video diatas pada botol kecil diolesi pada mug sebelum dan sesudah menempel gambar itu namanya cairan apa pak., apakah decal bisa dipakai pada gelas bening utk souvenir.saya minta petunjuknya berupa video / materi.trims.

    • admin says:

      Decal bisa diaplikasikan kesemua permukaan, tetapi harus memakai petunjuk cara yang benar. Bila anda akan mengaplikasikan ke gelas, anda harus mempunyai oven yang bisa mencapai suhu minimal 620 derajat celcius. pakai teknik sablon dan memakai bubuk warna keramik. Kalau memakai tinta printer tidak bisa, kecuali memakai decal dasar putih, tetapi bagaian tepi potongan tidak bagus. Lebih baik jangan. Ada solusi bila anda tidak mempunyai oven suhu tinggi, yaitu memakai Action Color hanya membutuhkan oven roti

  • garr says:

    saya uda beli yg water slide decal untuk pigment/durabrite ini

    kalau tinta asli epson yg dye itu juga bisa dipakai ya?

    • admin says:

      dye tidak bisa dipakai untuk kertas decal saya, meskipun asli epson. Yang bisa dipakai dan bagus untuk keperluan lain adalah tinta durabrite ultra produk SUN

  • tino says:

    *Mau tanya pak KERTAS DECAL UTK INKJET TINTA
    SUBLIMATION itu bisa untuk tinta pigment??

    * KERTAS DECAL yg dijual itu ada kadaluarsanya ga bila tidak dipakai jangka waktu lama??

  • apakah water slide decal A4 bisa di gunakan di, bila menggunakan printer epson c90 tinta Dye.
    harga berapa per lembar ?

  • Raf says:

    mas saya mau tanya, saya sudah beli kertas decal +decal solvent, tapi tanpa di semprot dengan pilox / pernish, eh gagal, apakah harus memakai pernish pak? terimakasih

  • arif says:

    Saya mau tanya nih, coba merintis usaha pembuatan mug yang di print termasuk gelas dll, tapi saya masih bingung dengan printer yang digunakan berikut tintannya. Saya ingin mencoba dengan bahan Decal (yang katanya bahan ini hanya di print kemudian di pilox dan akhirnya di aplikasian ke medai dan setelah itu di masukkan ke ofen, dan 1 lagi saya mau menggunakan mesin hot press mug, yang menjadi pertanyaan saya, apakah bisa menggunakan tinta yang sama untuk kedua aplikasi tersebut (untuk DECAL dan JUGA HOT PRESS MUG) terutama untuk tinta apa yang cocok. Atau apa saya harus membeli 2 buah printer???

    Dan satu lagi apakah tinta art paper dapat digunakan di kedua aplikasi tersebut???

    mohon pencerahannya

    Terima kasih
    Arif

    • admin says:

      Bila anda akan memakai kertas decal dan press mug, anda harus memakai printer epson yang tintanya tinta sublime. Kalau tinta Art paper hanya untuk kertas art paper. Dengan printer epson dan tinta sublime anda bisa belajar kertas decal dan usaha mug digital, kaos, piring hias dan keramik hias

  • arif says:

    Oia saya mau bertanya lagi, saya denger dari teman katanya ada bahan kertas yang untuk baju tapi pengaplikasian ke baju hanya di strika (pertama di print dengan epson, kemudian print-an nya itu di taro diatas baju dan kemudian di strika, dan hasilnya gambar langsung menempel, kalo boleh tau bahan kertasnya apa namanya, dan harus menggunakan tinta apa agar bagus.

    Dan untuk printer epson, jika saya mau usaha untuk buat cetak mug, gelas, plastik gelas spt gelas “kopi”, baju, keramik, printer apa yang cocok untuk warna yang baik, apakah harus printer foto atau printer yang 4 warna saja?

    terima kasih

    mohon pencerahannya.

  • fernando says:

    Saya sudah membeli decal untuk tinta pigmen, saya menggunakan tinta pigment china, setelah decal saya print dan di coating dengan pilox, kemudian pada saat mau dipindahkan ke media, maka ada sisa tinta yang tertinggal di kertasnya, dan saat decalnya mau di ratakan paka sarung tangan, maka tintanya sebagian ada yh ikut bergeser, sehingga hasilnya kotor. Pertanyaannya : kenapa sampai terjadi seperti itu ? Apakah kalau pakai printer laser maka kejadian seperti itu tidak akan ada ? Trims pak….

    • admin says:

      Luntur dan tidaknya bukan disebabkan oleh kwalitas kertas decal, tetapi dari kwalitet tintanya, kalau tintanya atau cat bila di sablon berbasis minyak tidak akan luntur, misalnya tinta sublime dan tinta printer laser. Luntur disebabkan karena tintanya tidak tahan air atau sebelum di tutup dengan coating ( pilox atau cover coat ) kurang kering.

  • rati says:

    saya mau cba buat tpi di majalengka g da kertas decalnya,,,..

  • rico says:

    mau tanya, di atas dijelaskan kalau “Ada solusi bila anda tidak mempunyai oven suhu tinggi, yaitu memakai Action Color hanya membutuhkan oven roti. action color itu apa ya?trimakasih

  • bayu says:

    gw sdh nyoba decal dari pak frans, pertama nya susah, hasil nya tdk bagus tp gw coba berkali kali lumayan bagus. tp gambar kurang tajam, mungkin krn tinta dye.

    • admin says:

      Terima kasih, memang belajar itu memerlukan ketekunan dan kesabaran, sebetulnya tidak susah. Kalau kurang tajam kemungkinan pengaturan ( setting ) kertasnya. Pada setting kertas di printer ada : Plain paper , tinta yang dihasilkan paling tipis. ( settingan ini yang dianjurkan untuk kertas decal ) , Matt Paper : menghasilkan tinta lebih tebal , dan Glossy paper semakin tebal lagi. Semakin tebal tinta akan mudah blobor, blur atau kurang tajam. Sekian semoga bisa membantu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel

Artikel baru akan selalu dikirim ke Email anda bila mendaftar, isi alamat Email yang benar, klik Daftar. Setelah itu cek Email anda untuk konfirmasi dengan klik link yang dikirim. Untuk lebih jelasnya, lihat "Cara Daftar" diatas

Masukkan alamat Email:

Delivered by FeedBurner

Video keramik88