Visitor Keramik88


View My Stats

Grosir PIN

PIN

Mesin Press Kaos & MUG

Flat-Heat-Press-Machine-CE

Slider

[cycloneslider id="slider1"]

Coating mug: Pengaturan suhu oven

Advertisment

Artikel tentang coating mug sudah ada beberapa kali sebelumnya. Tetapi rasanya masih saja banyak yang tidak mengerti dan masih tidak sukses, artinya hanya mencoba-coba dan tidak dikembangkan untuk usaha yang lebih serius. Kebanyakan pemula ingin cepat bisa dan kurang ulet, bila tersandung dikit udah putus asa.

Agar anda tidak mengalami kesulitan untuk usaha coating mug, maka sekali lagi saya membuat artikel ini. Sebaiknya anda juga membaca kembali artikel sebelumnya:

Membuat mug coating sendiri

Digital printing/peluang usaha jasa coating digital

Pengaturan suhu yang tepat adalah kunci sukses usaha coating mug digital.  Banyak beredar jenis coating, yang memerlukan perlakuan khusus pada pengaturan suhu. Penentuan dan pengaturan suhu jenis coating tertentu tidak akan sama dengan jenis coating yang lainnya.  Tetapi semua jenis coating mempunyai sifat yang sama seperti dibawa ini :

1. Hasil oven coating mug, setelah dipress dengan alat press pada  suhu yang sudah ditentukan, kertasnya lengket ( lekat ) pada permukaan coating mug. Disebabkan : Suhu oven kurang tinggi atau waktu oven kurang lama.

2. Hasil oven coating mug gosong ( kecoklatan ). Disebabkan: Suhu terlalu tinggi, misalkan hasil mug gosong pada suhu 200 derajat, coba dikurangi menjadi 180 derajat.

Berapa suhu yang dibutuhkan untuk oven coating mug? Jawab: sekitar 180-200 derajat celcius, tetapi tidak mutlak, dan tidak harus sekian derajat, Mengapa? karena setiap alat ukur tidak bisa sama, dan setiap oven tidak sama ventilasinya dan sebagainya. Jadi…..anda harus mencobanya sendiri dengan coating “A” dicoba dengan suhu dan lamanya oven sekian, dilihat hasilnya seperti apa. Kalau kurang bagus, ya disesuaikan sampai memenuhi syarat seperti yang saya sebut diatas, tidak gosong dan tidak lengket. Nantinya akan ditemukan suhu dan waktu yang tepat untuk bahan coating tertentu.

Cara pemanasan pakai oven roti LPG

Memakai oven jenis ini memang murah, tetapi sayang tidak ada penunjuk suhunya. Karena itu, agar bisa dipakai, harus dibelikan alat pembaca suhu. Alat ini bisa anda beli di toko teknik, dan tidak seberapa mahal, malah ada yang murah bisa ukurannya kecil.

Caranya pemanasan: Tepatkan lubang oven yang berada dibagian bawah, tepat diatas api LPG. Hidupkan LPG dengan api kecil. Naikan secara perlahan, kurang lebih 15-20 menit diusahakan sudah mencapai suhu 180-200 derajat. Setelah mencapai suhu tersebut, kurangi besarnya api supaya tidak naik terus, tetapi diusahakan suhunya menetap, tidak naik tidak turun, sampai selama yang diinginkan. Biasanya dibiarkan suhu tetap selama 20-30 menit, tergantung kebutuhan.

Advertisment

Setelah selesai, mencapai suhu yang ditetapkan dan waktu yang diinginkan, buka dan keluarkan, pakailah kaos tangan karena masih sangat panas. Setelah semuanya keluar, masukkan lagi mug yang belum di oven. Karena waktu pemanasan sudah tidak diperlukan, maka waktunya lebih cepat. Kalau sudah mencapai 180-200 derajat, tunggu 20-30 menit lagi.

Cara pemanasan pakai oven roti Listrik:

Memakai oven listrik pengerjaannya lebih mudah karena bisa mengontrol suhu yang dikehendaki dan bisa ditinggal, karena bila timer sudah ditentukan sekian menit, akan putus  sendiri hubungan ke listrik ( off ). Bila anda memakai cairan coating dari keramik88, setting: 200 derajat, timer pertama 35 menit, timer selanjutnya 25 menit. Bila ternyata warnanya kecoklatan atau terlalu panas, anda bisa mengurangi menjadi 180 atau 190 derajat. Karena setiap oven kemungkinan pengukur panasnya berbeda. Bila masih lengket, tambahkan menjadi 220 atau 250. Timer tetap seperti diatas.

Jadi waktu pemanasan pertama yang lebih lama karena memerlukan pemanasan sampai suhu yang ditentukan, selanjutnya bila sudah mencapai suhu dan timer yang sudah ditentukan, tinggal buka pintu oven, keluarkan, tutup kembali pintunya, ambil mug dari rak oven, isi lagi rak oven dengan mug, buka pintu oven, masukkan mug yang sudah ditata, tutup pintu oven, setting kembali timer 25 menit, tunggu sampai alarm ( bunyi ) timer terdengar.

Cara pemanasan pakai oven roti LPG Besar:


Bila anda sudah pintar, dan sudah mengerti cara coating mug, dan mulai mau membuka usaha coating mug, sudah waktunya untuk membeli oven yang besar. Oven besar biasanya memakai bahan bakar LPG. Cara memakai oven ini, mesti harus hati- hati karena memakai gas LPG, pilihlah ruangan yang banyak ventilasi udara untuk meletakkan oven ini. Periksalah bila tercium bau gas LPG, bila akan akan menyalakan api.

Bahan coating mug bisa anda dapatkan di multisaranacetak.com

 

 

 

Advertisment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel

Artikel baru akan selalu dikirim ke Email anda bila mendaftar, isi alamat Email yang benar, klik Daftar. Setelah itu cek Email anda untuk konfirmasi dengan klik link yang dikirim. Untuk lebih jelasnya, lihat "Cara Daftar" diatas

Masukkan alamat Email:

Delivered by FeedBurner

Video keramik88