belajar keramik dan decal
Visitor Keramik88

View My Stats
Mug Enamel Ultimate
Kertas Decal untuk TATTOO

 

Kertas Decal

Kertas Decal meleleh ketika dicetak dengan printer laser?

Banyak pemilik printer laser yang tidak berani mencetak diatas kertas decal. Mengapa? karena kurang informasi, dan banyak pemilik kertas decal yang juga tidak mengerti, kertas decalnya jenis apa? Agar mengerti, coba anda sempatkan membaca artikel ini dulu.
Susunan kertas decal seperti gambar dibawah ini:


1. Kertas decal asli: Sejak jaman majapahit sampai sekarang, susunan atau prinsip kertas decal yang seperti gambar diatas ( sebelah atas ). Terdiri dari :

Kertas: jenis kertas ini yang mudah meresap air, tetapi mempunyai permukaan yang rata dan agak tebal.
Lem: jenis lem yang digunakan sejenis gum, sifatnya harus mudah larut dalam air. Karena diperlukan larut dalam air, pastinya berbasis air atau dengan kata lain cara mengolahnya menggunakan air.

* Dari bahan yang kita lihat, kertas pastinya tahan panas, kalau lem? Kalau lem yang cara membuatnya diolah dengan air, dan hancur bila tersentuh oleh air, pastinya tahan panas.

* Lem yang tidak tahan panas adalah :
1. Lem yang dibuat dengan campuran minyak atau solvent, misalkan bahan polymer, sejenis castol dll.
2. Lem yang dipakai dengan memanaskan dulu misalkan bahan arpus, resin,
* Kesimpulan:
Kertas decal asli ( bukan yang dimodifikasi ) sangat tahan panas dan bisa dicetak pada printer laser.

2. Kertas decal yang sudah dimodifikasi ( untuk tinta yang tidak tahan air : Tinta dye )
Kalau kita lihat gambar diatas, kertas ini mempunyai lapisan yang lebih banyak dibanding kertas decal asli. 2 ( dua ) lapisan dari bawah adalah kertas decal asli. diatasnya di coating dengan coating ( lapisan ) yang terbuat dari bahan berbasis minyak atau bisa juga sejenis polymer, berfungsi untuk mengisolasi melindungi tinta dye agar tidak tersentuh air dari bawah, Jadi kalau menggunakan kertas decal yang ada lapisan seperti ini, tintanya tidak akan luntur.

Karena lapisan yang berbasis minyak tidak bisa menyatu dengan tinta yang berbasis air, maka di tambahkan lapisan lagi ( Coating ke 2 ) dengan lapisan agar bisa dicetak dengan tinta Inkjet ( biasanya berbasis air ).
* Dari kedua lapisan dari bawah adalah kertas decal asli, tahan panas. Sedang lapisan diatasnya yang berbasis minyak, dan berbahan polymer ini yang tidak tahan panas. Jadi kertas decal yang dimodifikasi, mempunyai lapisan yang tidak tahan panas.

Kesimpulan/ Realitanya: Kertas decal asli boleh/ bisa untuk printer laser. Harganya jauh lebih murah, Kertas decal yang sudah dimodifikasi tidak boleh/ dilarang untuk printer laser, kecuali kalau printernya sengaja mau dirusak!!! Dan harganya jauh lebih mahal karena sudah dimodifikasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Langganan Artikel
Artikel baru akan selalu dikirim ke Email anda bila mendaftar, isi alamat Email yang benar, klik Daftar. Setelah itu cek Email anda untuk konfirmasi dengan klik link yang dikirim. Untuk lebih jelasnya, lihat "Cara Daftar" diatas

Masukkan alamat Email:

Delivered by FeedBurner