HOME
Home » Digital Printing » Usaha Sablon kaos, piring, keramik dinding Digital

Usaha Sablon kaos, piring, keramik dinding Digital

Posted at September 30th, 2012 | Categorised in Digital Printing

Usaha Sablon kaos, piring, keramik dinding Digital masih bisa dikembangkan dan sudah banyak yang membuka usaha sampingan dirumah dari berbagai profesi. Dengan modal yang tidak begitu besar, anda bisa membuka usaha sampingan dirumah. dengan untung yang lumayan besar, bisa mencapai untung 100% bahkan lebih, dengan modal keahlian yang mengolah gambar, dan sedikit kreatifitas anda, menggunakan perangkat lunak Photoshop. Belum bisa Photoshop? Gampang!! banyak buku dan pelajaran gratis di dunia maya.

Berapa modal yang dibutuhkan? dan siapa yang membutuhkan produk anda? Bagaimana cara memasarkannya? ini yang perlu  anda pertimbangkan.

Perkiraan Modal yang dibutuhkan ( minimal )

1. Komputer atau Laptop. ( sekitar 4 juta )  Kalau udah ada, abaikan.

2. Press T-Shirt  Simple Swing Heat Press harga lihat disini

3. Printer Epson T13 x Rp. 650.000,- + infuse dan catride  Rp. 85.000,- + 4 warna sublime Rp. 440.000,-

4. Ceramic Tiles ( keramik dinding atau lantai ) yang sudah coating  sekitar  Rp. 6000,-/pcs

5. Kaos TC/PE sekitar Rp. 10.000,- s/d Rp. 15.000,-/pcs

6. Piring keramik  ( bervariasi harganya tergantung ukuran ) yang sudah di coating

Siapa yang membutuhkan produk anda?

Produk T-shirt sangat banyak yang membutuhkan, anda harus jeli melihat event ( peristiwa) disekeliling anda. Misalnya ada pertandingan sepak bola, teman ulang tahun, promosi produk perusahaan anda, teman. Event sekolah, promo ketempat pariwisata, kantor dan lainnya dan yang paling banyak menyukai adalah kaum muda, wanita dan anak-anak. Untuk produk keramik ( tile) dan piring, kebanyakan untuk hiasan rumah, hadiah, promosi, kenang-kenangan perkawinan, ulang tahun dsb.

Banyak yang sudah bisa dan banyak yang sudah usaha produk sejenis, tetapi yang paling penting adalah Design, pelayanan dan promosi.Perbanyak teman, promosikan melalui jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Kaskus dll pasti usaha anda akan sukses.Dan yang tidak kalah pentingnya adalah selalu ingat bahwa customer melihat kejujuran dan kwalitas produk anda!!

Nah sekarang bagaimana cara memanfaatkan Simple Swing Heat Press agar bisa digunakan untuk kaos, keramik dan piring.

Simple Swing Heat Press untuk kaos/T-shirt

Kegunaan utama memang untuk kaos/Tshirt.  Sampai sekarang, sejujurnya saya belum mengerti betul jenis kain untuk T-shirt. Sehingga saya tanya kanan-kiri untuk mengetahuinya sekalian membelinya dan mencoba untuk dicetak. Sebatas yang saya tahu dan sudah saya coba adalah jenis kain TC, ini bagus untuk dicetak langsung dengan tinta dan kertas sublime. Jenis kain PE belum saya coba, katanya lebih bagus untuk dicetak dengan kertas sublime. Jenis kertas bisa menggunakan kertas sublime, inkjet paper. Sedang kain jenis katun, tidak bagus untuk cetak langsung dengan kertas sublime maupun kertas inkjet, gambarnya pudar dan tidak tahan lama. Untuk kain katun harus menggunakan Transfer paper tetapi kekuatan transfer paper tidak tahan lama bila tidak dirawat dengan baik, tidak boleh disetrika pada bagian gambarnya.

Cara kerjanya, gambar dicetak pada kertas inkjet atau kertas sublime, ukuran gambar adalah 20,5×29 cm.  Gambar terbalik atau mirror.  Keringkan sebentar, tempel diatas Tshirt, setelah sebelumnya letak T-shirt diatur di alat press. Geser bagian atas press agar leluasa mengatur letak T-shirt maupun gambar agar tepat ditengah dan tidak miring.

Atur posisi kaos tepat ditengah, tempelkan kertas sublime, kertas inkjet, yang sudah dicetak dengan tinta sublime menghadap kepermukaan kaos, atur posisi sesuai kehendak anda.

Press dengan tekanan yang cukup. Atur suhu pertama 280 derajat, suhu kedua/atas 310 derajat, waktu/timer 60. Tekan/ press kaos, biarkan suhu naik sendiri dan setelah mencapai suhu 310, timer bergerak dari 60 menurun sampai 0, dan timer berbunyi. Angkat/buka press. Tshirt bisa langsung diambil.

Simple Swing Heat Press untuk keramik

Yang dimaksud keramik adalah keramik lantai atau dinding. keramik lantai atau dinding banyak ditoko keramik atau bangunan. Keramik ini sebelum dicetak harus dicoating dulu, seperti coating pada mug. Cuman meng coating keramik lebih sulit dibanding coating mug. Bila coating mug bisa dicelup aja, pada keramik hasil yang baik di semprot/spray dengan compressor, dan tempatnya tidak boleh banyak angin dari luar yang mungkin membawa debu yang membuat permukaan kasar.

Tempelkan kertas sublime, inkjet paper yang sudah di cetak dengan tinta sublime gambar menghadap ke atas, menempel pada permukaan keramik yang dibalik. Dibawahnya diletakkan bahan yang lunak, tahan panas, dan tahan tekanan ( perhatikan gambar bahan yang berwarna putih, seperti kapas ). Letakkan diatas keramik kain tahan panas yang akan melindungi bagian atas press agar tidak rusak, lecet dsb.

Setelah dipress, dan dipanasi dengan Setting Panas I = 360 C. Panas II= 380C, Timer 280. Press diangkat, keramiknya dibalik, gambar dikertas sudah pindah ke keramik.

Perhatikan hasilnya bila menggunakan penyanggah/dasaran yang sempurna, juga menghasilkan karya yang sempurna. Selama ini mungkin bagi anda yang sudah pernah mencetak keramik, dengan dasaran asli yang berupa karet, bagian tepinya buram, putih tidak bisa sampai pada bagian lekukan tepi keramik, tidak akan menghasilkan gambar seperti diatas.

Simple Swing Heat Press untuk piring hias

 

 

 

 

Tempelkan kertas sublime, inkjet paper yang sudah di cetak dengan tinta sublime gambar menghadap ke permukaan piring dengan selotip plastik tipis.

 

Siapkan penyangga/bahan penekan yang lunak tapi bisa menahan tekanan alat press, serta tahan panas ( lihat pada foto diatas yang seperti kapas putih) . Fungsinya agar penyanggah tersebut bisa mengikuti bentuk permukaan piring dan tentunya yang bisa menahan tekanan, sehingga bila ditekan dengan kuat, piring tidak menempel pada dasar alat press.

Telungkupkan piring menghadap kebawah, diatasnya diletakkan kain yang tahan panas, agar bagian atas press tidak rusak, lecet dsb. Atur ketinggian press agar bila ditekan cukup kuat tidak longgar atau tidak terlalu keras, ( piring bisa pecah).

Setting panas seperti setting untuk keramik. Panas I = 360 C. Panas II= 380C, Timer 280.

 

 

 

 

 

 

Tags :

11 Komentar for Usaha Sablon kaos, piring, keramik dinding Digital

  • achmadginanto berkata:

    selamat siang Pak Frans, sy mau tanya kalo utk menyeting simple swing heat press nya gmn caranya ya, soalnya barang yg bapak kirim tidak disertai petunjuk pemakaiannya.Trus untuk penyangga agar bisa menyablon piring itu terbuat dari apa ya? trims atas jawabannya

    • admin berkata:

      Untuk kaos 280 dan 320, timer 60. Untuk piring dan keramik 350 dan 360, timer 280 untuk menyangga piring bisa menggunakan kain yang dilipat-lipat atau memakai penyangga yang saya buat sendiri, bisa anda hubungi telpon saya, terima kasih

  • Haning berkata:

    Siang pak..saya mau tanya, kalo untuk bikin undangan bisa nggak?

  • dwi berkata:

    saya mau tanya kalo pakek kertas decal ditempel dimug itu bagusnya pakek tinta apa ya??? klo bisa sebutin merk tintanya???

    • admin berkata:

      Semua tinta bisa bagus, kecuali tinta Dye yang tidak bisa. Dye = tinta biasa. Karena tinta dye luntur ketika dicelup air. Sekarang banyak merk, kalau saya selalu pake merk SUN karena ndak punya yang lainnya.

  • Iwan berkata:

    salam kenal pak frans,
    kalo boleh tau bahan untuk tataan keramiknya dari apa ?
    yang disebutkan diatas seperti kapas, itu bahannya apa ?
    terima kasih

  • kokok berkata:

    permisi pak mau tanya saya tertarik dengan msin hot pressnya.. jika mau pesan contact dmna…???
    lokasi saya di surabaya… apa ada toko di sini… trims.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Enter Captcha Here : *

Reload Image

Related Post to Usaha Sablon kaos, piring, keramik dinding Digital

etsa gelas, coating

Gelas coating lagi ngetrend

Posted at April 18, 2014

Gelas coating lagi ngetrend, beken barangkali ya? belakangan banyak yang minta untuk di buatkan gelas bening yang langsung dicoating. Saya heran juga ya? apakah... Read More

Coating Sublime Putih ( White sublimation coat) untuk gelas bening

Posted at November 22, 2013

Seperti artikel saya terdahulu yang membahas keterbatasan persediaan mug keramik dipasaran pada suatu saat ( baca disini) , membuat beberapa pengusaha cetak digital mencari... Read More

Kertas decal meleleh ketika dicetak dengan printer laser

Posted at September 20, 2013

  Kertas Decal Kertas Decal meleleh ketika dicetak dengan printer laser? Banyak pemilik printer laser yang tidak berani mencetak diatas kertas decal. Mengapa? karena... Read More

Gelas Etsa dan Coating untuk cetak press panas

Posted at September 19, 2013

Mug keramik standard diameter 8 cm, tinggi 9,5 cm sudah menjadi aturan ukuran yang mesti dipakai kebanyakan pengusaha cetak digital mug. Sehingga bila dipasaran... Read More

Kertas decal dan Decal Solvent

Posted at Mei 11, 2013

Berkreasi dengan kertas decal tidak ada habisnya, karena bisa ditempelkan dimana saja. Dengan bermacam cara. Cuman harus mengerti betul cara menggunakannya, dengan lebih sabar... Read More