Visitor Keramik88


View My Stats

Grosir PIN

PIN

Mesin Press Kaos & MUG

Flat-Heat-Press-Machine-CE

Slider

[cycloneslider id="slider1"]

Mengukur temperatur dengan Pyrometric Cones

Advertisment

Pyrometric Cones

Bagaimana caranya untuk mengetahui bahwa keramik sudah cukup matang atau mencapai temperatur yang anda inginkan? Bagaimana supaya tahu kalau glasir didalam oven cukup matang atau mencapai titik leleh (melting point) yang dikehendaki? Selain memakai temperature control, Pyrometric cones jawabannya.

Apa itu Pyrometric Cones?

Biasanya disebut Cone saja. pyrometric cones biasanya untuk mengukur suhu atmosfer oven terhadap pembakaran glasir. Cone dibuat dari bahan refractori seperti silica, dan dicampur dengan bahan peleleh. Tiap tipe cone dibuat sangat hati-hati dan sangat akurat.

Untuk masalah terperatur, hampir semua ahli keramik mengacu atau berpedoman pada Cone number ( nomor cone ) dimulai dari temperatur rendah cone 022 atau 585C sampai Cone 26 atau 1595C. temperature rendah diawali dengan angka “0”

Cone dan Temperatur

Meskipun kata pyrometric berarti mengukur panas, cone tidak benar-benar mengukur jumlah panas didalam oven. Sebaliknya, cone mengukur berapa banyak energi panas yang diserap oleh barang keramik, glasir bereaksi, bergerak lebih cepat dari temperatur. Perbedaan pembakaran reduksi dan oxidasi, juga harus merubah glasir dan mengganti nomor cone.

Soaking

Soaking kalau ditempat saya bekerja biasa disebut langsam ( mungkin dari bahasa Belanda yang artinya pelan atau bahasa jawa alon-alon ) atau terjemahan bahasa inggris “ perendaman”

Advertisment

Yang artinya pada temperatur yang paling tinggi yang dikehendaki misalnya pada waktu mencapai temperatur 1200C dibiarkan, ditahan beberapa lama, misalnya setengah jam, satu jam, dua jam tidak tentu tergantung dari padat tidaknya keramik dalam satu kereta bakar. Gunanya supaya keramik dan glasir cukup rata menerima panas dan cukup leleh

Biasanya sampai cone melengkung 90 derajat.

Ukuran Cone

Ukuran cone ada dua macam, kecil dan besar. Kalau yang kecil untuk oven listrik,yang besar untuk oven minyak.

Cone untuk oven minyak, bisa diletakkan dibeberapa tempat yang diinginkan untuk memantau perataan dari temperatur. Dan bisa dilihat bila oven sudah dingin, bersamaan pengeluaran keramik.

Kemasan Cone

Biasanya satu kemasan ada tiga macam nomor cone, cara memakai misalnya ketiga cone dibuat condong kekiri, maka yang paling kiri untuk cone temperature yang lebih rendah dari cone yang lain. Sedang paling kanan cone yang paling tinggi.

Membaca Cone

Biasanya kalau oven besar untuk minyak, dibuat lubang yang pas untuk bisa melihat cone, bila cone sudah melengkung 90 derajat, pembakaran sudah cukup. Kalau belum 90 derajat, pembakaran kurang. Tapi kalau melengkung lebih dari 90 derajat, pembakaran berlebih atau disebut over firing.

Cone Number

download link

Advertisment

4 Responses to Mengukur temperatur dengan Pyrometric Cones

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel

Artikel baru akan selalu dikirim ke Email anda bila mendaftar, isi alamat Email yang benar, klik Daftar. Setelah itu cek Email anda untuk konfirmasi dengan klik link yang dikirim. Untuk lebih jelasnya, lihat "Cara Daftar" diatas

Masukkan alamat Email:

Delivered by FeedBurner

Video keramik88