Visitor Keramik88


View My Stats

Cairan Coating Mug

Cairan Coating Mug kuat, gambar cemerlang. Harga Rp. 90.000,- Beli sekarang

Supplier kertas decal

Jual Kertas decal dari Inggris Tullis Russell ukuran A4 plus konsultasi gratis sampai sukses . Beli disini
Download ebook gratis

Sukses dengan Mozaik Keramik

Ditulis oleh : F Lenny K

.

.

Di tangan Rosita, pecahan keramik yang biasanya dibuang,  bisa menjadi barang bernilai seni tinggi.  Ikuti perjalanan kreatif Rosita Agustini ini.

Keramik biasanya dipakai untuk menghias dinding atau lantai rumah. Itupun harus dipilih yang masih mulus dan tidak cacat.  Kalau ada yang patah atau terpotong sebagian, pasti tidak akan dipakai.

Tapi kalau Anda lihat workshop Kreamoz Art di Pancoran Mas Depok, justru kebalikan. Puing pecahan keramik dengan bentuk yang tidak beraturan, dibuat menjadi  mozaik bernilai tinggi. Pot, lukisan, atau dinding rumah menjadi lebih indah dan artistik.

Diakui Rosita, memang sejak kecil dia sudah senang dengan kerajinan apa saja. Setiap mengerjakan tugas keterampilan di sekolah, ia selalu mendapat nilai bagus. “Mungkin bakat seni mengalir dari orang tua yang pekerjaannya menjahit,” jelas Rosita.

Sebelum terjun ke mozaik, ia dan suami, Soediyantono, membuka restoran di daerah Cawang. Tapi karena terkena pelebaran jalan, ia akhirnya pindah rumah di daerah Depok. Karena pada dasarnya tidak bisa diam, ia sempat ikut beberapa kursus untuk mencari peluang usaha. Kursus yang ia ikuti antara lain:  menjahit,  salon , dan kursus memasak. Dari kursus-kursus itu, ia merasa belum ada yang cocok di hati untuk dijalani.

.

.

Ia tertarik pada mozaik setelah sering melihat puing keramik berserakan. Sisa keramik yang beraneka warna itu membuat dirinya terinspirasi untuk memanfaatkannya.  Maka mulailah ia mengumpulkan puing keramik untuk dibuat eksperimen. Butuh sekitar 2 tahun  untuk eksperimen mulai dari cara memecah keramik, membentuk dan menempel keramik pada media.

Pertama kali mozaik yang dibuat adalah pot, dengan motif batik. Setelah jadi ada tetangga yang tertarik dan membelinya dengan harga Ro 20 ribu.”Walaupun murah, tapi saya cukup puas karena ternyata mozaik dihargai orang,” jelas ibu 2 anak ini. Waktu itu tahun 2003.

Tidak puas dengan pot, ia juga membuat kreasi mozaik untuk lukisan, dinging kamar mandi, teras dan masih banyak lagi. Dengan terus belajar dan belajar, karya mozaiknya mulai dikenal orang. Untuk pot, ia menjual mulai dari harga Rp 17,500 sampai Rp 500 ribu.  Sedangkan lukisa mozaiknya dibandrol dari Rp 1 juta – Rp 5 juta.

Jalan hidupnya mulai mendapat energi baru ketika ia masuk IWAPI (Ikatan Wanita Pengusaha) Cabang Depok. Selain mendapat informasi dan masukan seputar bisnis, ia juga mulai ikut pameran. Dari pameran ke pameran itu, ia banyak sekali mendapat pembeli dan pelanggan baru.

Moment yang tidak terlupakan adalah tahun 2006, ketika ia mendapat kepercayaan artis Meriem Bellna untuk mempercantik rumahnya dengan mozaik. Hampir semua sudut rumah Meriem mendapat sentuhan mozaik. Mulai dari teras, dinding, kamar mandi, sampai tempat sampah. “Selama 2 bulan saya dibantu 6 karyawan mengerjakan rumahnya,” jelas Rosita bangga. Ia juga pernah mendapat pesanan  mozaik pot sebanyak 100 bh untuk hotel, dan harus selesai dalam waktu 1 minggu. Karena waktunya sedikit, ia mengajak 100 remaja tetangganya untuk membantu mengerjakan pesanan itu.
Karena banyak teman dan tetangga yang ingin belajar, ia juga membuka kursus membuat mozaik di workshopnya. “Saya justru senang kalau banyak yang bisa membuat mozaik ini, supaya rumah dan taman mereka menjadi indah semua,” jelas Rosita yang sedang mempersiapkan penerbitan buku tentang mozaik ini.

Disalin dari:

http://klubnova.tabloidnova.com/index.php?option=com_content&task=view&id=176&Itemid=68

download link

One Response to Sukses dengan Mozaik Keramik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Langganan Artikel

Artikel baru akan selalu dikirim ke Email anda bila mendaftar, isi alamat Email yang benar, klik Daftar. Setelah itu cek Email anda untuk konfirmasi dengan klik link yang dikirim. Untuk lebih jelasnya, lihat "Cara Daftar" diatas

Masukkan alamat Email:

Delivered by FeedBurner

Video keramik88