Visitor Keramik88


View My Stats

Grosir PIN

PIN

Mesin Press Kaos & MUG

Flat-Heat-Press-Machine-CE

Slider

[cycloneslider id="slider1"]

Lokasi Bahan baku keramik di Indonesia

Advertisment

Bahan baku keramik atau Ceramic Raw Material sebetulnya banyak bertebaran di Indonesia. Tetapi sedikit yang diolah secara baik. misalnya saya pernah memakai Medan Sand yang mengandung Feldspar. Kalau dibakar menyerupai Feldspar. Tetapi sudah lama tidak terdengar lagi. Sayang sekali, mestinya kalau ada yang mengolah bisa menjadi pendapatan negara dan penghasilan penduduk setempat. Kalau perusahaan keramik, tidak akan sempat mengolah bahan baku. Karena memerlukan peralatan yang berat dan laboratorium yang memadai. Misalnya saja Feldspar Semarang, sebetulnya cukup baik. Karena tidak diolah, kalau dipakai di pabrik keramik menjadi tidak konstan karena sebagian baik, sebagian banyak mengandung besi ( ferro). Sehingga tidak berani memakainya. Lain kalau diolah, dari beberapa lokasi dicampur dengan perbandingan tertentu, digiling, dan selalu dianalisa sehingga menghasilkan suatu produk Feldspar tertentu dengan analisa bahan yang konstan. Apalagi di Pacitan, banyak sekali macam tambang. Tetapi apakah ada yang mengolah? Bagaimana usaha pemerintah setempat untuk menyebarkan, mempromosikan, kandungan tambang didaerahnya? yang sekarang terjadi adalah pengusaha keramik yang mencari dimana ada tempat bahan baku keramik.

Contoh lagi adalah Feldspar Trenggalek, Feldspar yang kurang melt atau leleh. Tetapi bisa dipakai dan lebih bagus kalau diolah lagi sehingga lebih leleh misalnya, atau bisa dicampur dengan Feldspar lain, misalnya Feldpar Semarang ( lebih leleh ),  sehingga mendapat campuran bahan baku yang lebih baik. Mungkin ada yang mau mengolah? Semoga.

Tanjung Pandan, Belitung : Kaolin Belitung

Belinyu, Bangka: Kaolin Bangka.

Bandar Pulau, Asahaan, Sumut: Kaolin Bandan Pulau.

Karana, Ciawi, Jabar: Kaolin Karana

Tanjung Pandan, Belitung: Ball Clay Belitung

Sungai Liat, Bangka: Ball Clay Bangka

Parung Panjang, Curuk, Tanggerang: Clay Parung Panjang.

Bantur, Malang: Clay Bantur

W. Pubian, Lampung: Feldspar Lampung.

Bonti, Sanggau, Kalimantan Barat: Feldspar Bonti.

Advertisment

Ludoyo, Belitar: Feldspar Ludoyo.

Banjar Negara, Jawa Tengah: Feldspar Banjarnegara.

Nawangan, Pacitan, Jawa Timur: Piropilite Pacitan

Nglebo, Trenggalek, Jawa Timur: Piropilite Trenggalek.

Talang, Jawa Barat: Toseki Talang.

Trenggalek, Jatim: Toseki Trenggalek.

Banjarnegara, Jawa Tengah: Serpentin Banjarnegara

Bayah, Jawa Barat: Zeolit Bayah.

Bukit Asam, Sumatera Barat: Perlit.

Kabupaten Bogor, Jakarta Barat: Perlit

Bila ada yang tahu tempat lain daerah di Indonesia mempunyai tambang Bahan Baku Keramik mohon contact via email ( direct contact ) yang ada disebelah kanan halaman ini. Terima Kasih atas bantuannya.

Kiriman dari : purcahyo ( alamat email ada di penulis )

ada lokasi bahan tambang felspar di desa nyukang harjo,kec selagai lingga,kabupaten lampung tenggah. perjalanan dari bandar lampung menuju arah pringsewu selanjutnya menuju kalirejo=>BANDAR SARI=>payung rejo terus ke payung batu dan menuju lokasi desa nyukang harjo,semoga bisa menambah koleksi lokasi bahan baku felpar bahan baku keramik

Advertisment

16 Responses to Lokasi Bahan baku keramik di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel

Artikel baru akan selalu dikirim ke Email anda bila mendaftar, isi alamat Email yang benar, klik Daftar. Setelah itu cek Email anda untuk konfirmasi dengan klik link yang dikirim. Untuk lebih jelasnya, lihat "Cara Daftar" diatas

Masukkan alamat Email:

Delivered by FeedBurner

Video keramik88