Visitor Keramik88


View My Stats

Grosir PIN

PIN

Mesin Press Kaos & MUG

Flat-Heat-Press-Machine-CE
Download ebook gratis

Alat ukir tanah liat lunak

Teknik membuat patung dengan tanah liat ada beberapa macam cara.

1. Membuat sejumlah patung keramik dengan motif yang sama,  pertama harus mempunyai model dulu, baik itu dibuat sendiri atau mengcopy dari patung yang sudah ada. Dengan memakai cetakan dari Gypsum. Ini ada beberapa cara mencetaknya:

a. Cara Casting
b. Cara Memijit tanah liat

2. Membuat Patung dengan teknik menambal. Artinya pertama buat bentuk global dulu tanpa detail, setelah itu baru ditambal dengan potongan kecil tanah liat sambil ditekan, ditambal dan ditekan sehingga terbentuk yang diinginkan. Alat pelengkap untuk membantu teknik menambal seperti Gambar (1). yang bisa dibuat dari kayu.

alat-ukir-teknik-tambal

3. Membuat Patung dari Tanah Liat dengan teknik kerok atau mengurangi. Artinya dari bongkahan tanah liat yang dibentuk globalnya, tetapi lebih besar dari teknik menambal, kemudian di kerok sedikit demi sedikit sehingga terbentuk yang di inginkan. Kalau pada Batu sama dengan teknik memahat tetapi  disini dengan bahan yang lunak. Alat pelengkap untuk membantu teknik kerok seperti Gambar (2) bisa dibuat sendiri, dari kawat dan kayu atau batang bambu kecil.

alat-ukir

Kalau membuat patung tanah liat yang pastinya cukup tebal dan padat untuk keramik, yang akan dibakar, sangat disarankan pengeringan yang lambat dengan menutup dengan kain basah. Dan pastikan bahwa sudah kering betul sebelum dimasukkan kedalam oven. Kalau tidak akan pecah dan hancur pada waktu pemanasan awal atau preheating.

9 Responses to Alat ukir tanah liat lunak

  • tari says:

    bagus memang ini yg cara cari thnks yaaaaaa ………………..
    ini sudip atau gak ????

  • yus says:

    kalo pengerjaan memakan waktu berhari – hari caranya membuat si tanah liat bisa tetap lembek/bisa dibentuk atau tidak kering bagaimana?
    cara pengeringan yang baik tanpa pembakaran bagaimana?
    kalo bikin patung dari tanah liat yang agak besar utuh (mis : patung sosok manusia)itu memakai rangka/bagaimana caranya supaya tidak rapuh?thanks

  • admin says:

    Supaya tidak kering dan masih bisa dibentuk, kalau belum selesai harus ditutup rapat dengan plastik dan tempatkan diruangan yang lembab. Jauhkan dari sumber panas. kalau sudah selesai keringkan secara perlahan supaya tidak retak. Kalau tanah liat mestinya tidak rapuh. semakin liat tanahnya, semakin keras hasilnya. Kalau tidak untuk dibakar, setelah kering, lapisi dengan varnish supaya tidak hancur terkena air.

  • udin says:

    bila berminat mempunyai alat ukir tanah liat di atas — kami membuat alat tersebut

  • sigit says:

    Udin : mas minta alamat / contact nya dong…

  • carpet says:

    oh jadi begitu yah ?

  • SYAFNIL says:

    saya tertarik alat ukir nomor 2 gimana cara mengapatkannya
    alamat saya dipalembang, Telp.0711-9396401

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Langganan Artikel

Artikel baru akan selalu dikirim ke Email anda bila mendaftar, isi alamat Email yang benar, klik Daftar. Setelah itu cek Email anda untuk konfirmasi dengan klik link yang dikirim. Untuk lebih jelasnya, lihat "Cara Daftar" diatas

Masukkan alamat Email:

Delivered by FeedBurner

Video keramik88