Visitor Keramik88


View My Stats

Grosir PIN

PIN

Mesin Press Kaos & MUG

Flat-Heat-Press-Machine-CE

Slider

[cycloneslider id="slider1"]

membakar paper clay

Bila paper clay akan dibakar seperti layaknya keramik yang diglasir dan dibakar pada temperatur 1200C

paper clay mengandung tanah liat (clay), kertas (paper) dan perekat seperti PVA (polyvinyl alcohol) atau perekat yang lainnya.

Masalah yang akan timbul :

1. Perekat: Karena paper clay mengandung perekat, pori-pori tanah liat akan tertutup, sehingga daya peresapannya akan berkurang  atau mungkin karena terlalu banyak sehingga tidak meresap. Glasir memerlukan peresapan pada tanah liat yang cukup. Karena kalau daya resapnya lemah, glasir akan tipis menempel pada tanah liat, sehingga akan terlihat buram kurang mengkilap pada hasil pembakaran.

Solusinya: dibakar biskuit dahulu ( 780C )

2. Kertas ( Paper ): Karena didalam tanah liat mengandung kertas, pada pembakaran, kertas akan hilang dan akan membentuk pori-pori yang  cukup besar dibanding pori-pori tanah liat bila tidak dicampur kertas. Akan timbul lubang jarum ( pinhole ) pada permukaan glasir setelah proses pembakaran.

Solusinya: sebaiknya pakai kertas tissue yang seratnya halus, blender sampai benar-benar halus dengan menambahkan air. atau kurangi pemakaian kertas.

Proses pembakaran sama dengan pembakaran keramik biasa, keuntungannya pemakaian bahan bakar akan lebih ngirit atau sedikit, karena berat barang yang dibakar lebih ringgan. Dan lama pembakarannya lebih cepat dari pembakaran keramik biasa.

download link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Enter Captcha Here : *

Reload Image

Langganan Artikel

Artikel baru akan selalu dikirim ke Email anda bila mendaftar, isi alamat Email yang benar, klik Daftar. Setelah itu cek Email anda untuk konfirmasi dengan klik link yang dikirim. Untuk lebih jelasnya, lihat "Cara Daftar" diatas

Masukkan alamat Email:

Delivered by FeedBurner

Video keramik88