Visitor Keramik88


View My Stats

Grosir PIN

PIN

Mesin Press Kaos & MUG

Flat-Heat-Press-Machine-CE

Slider

[cycloneslider id="slider1"]

Tips trik membuat cetakan untuk casting keramik

Advertisment

1. Gunakan gypsum yang baik: karena partikelnya lebih halus, hasil cetakan lebih tajam dan tahan lama.

2. Pengeringan : Pengeringan yang baik adalah panas matahari tetapi memerlukan sampai 2 hari. Kalau ingin cepat, bisa dibuatkan ruangan panas, sisa pembuangan panas dari tungku, asal tidak lebih dari 150C. karena cetakan akan retak dan pecah. Cetakan lebih besar pengeringan lebih lama.

Advertisment

3. Supaya cetakan mudah dilepas: kalau model dari plastik, mudah dilepas. Tetapi kalau modelnya juga dari gypsum, langsung dituang dengan cairan gypsum, tidak akan bisa di lepas. Supaya bisa dilepas, sebelum dibuat cetakan, permukaan model gypsum perlu dilapisi cairan sabun, supaya mudah dilepas. Saya memakai sabun hijau dicairkan dengan air panas, setelah cair dan masih hangat, lapisi permukaan cetakan gypsum menggunakan spon atau kuas. Tunggu sampai lapisan pertama meresap ke pori-pori model.  Ulangi beberapa kali sampai permukaan mengkilap, keringkan. Setelah kering coba masukkan air sedikit, kalau sudah mersap berarti sudah bisa mulai dituang dengan cairan gypsum.

4. Cetakan gypsum banyak gelembung udara. Anda ingin cetakan yang bebas dari gelembung udara, atau memanag sengaja membuat banyak gelembung udara ? Agar tidak banyak gelembung udara, ketika mencampur gypsum dengan air memakai bor ( electric mixer ), pastikan pisau baling-baling berada didasar wadah pencampur cairan gypsum. Sehingga baling-baling tidak nampak di permukaan. Putar lebih perlahan. Kalau menggunakan tangan ( pakai kaos tangan plastik) waktu mengaduk, telapak tangan berada di dasar wadah pencampur gypsum, sambil di aduk perlahan.

5. Menyambung cetakan yang patah. Cetakan yang pecah atau patah, bisa anda pakai lagi dengan merekatkan dengan lem tetapi cetakan harus kering dulu. Lem tidak boleh berada di permukaan tempai keramik di tuang. Contoh lem Castol dll. Kalau memakai Super Glue, Alteco, tempat daerah yang patah di celup air dulu. Baru di lem dengan Super Glu. ( Kebalikan dari lem Castol )

Advertisment

One Response to Tips trik membuat cetakan untuk casting keramik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel

Artikel baru akan selalu dikirim ke Email anda bila mendaftar, isi alamat Email yang benar, klik Daftar. Setelah itu cek Email anda untuk konfirmasi dengan klik link yang dikirim. Untuk lebih jelasnya, lihat "Cara Daftar" diatas

Masukkan alamat Email:

Delivered by FeedBurner

Video keramik88