Visitor Keramik88


View My Stats

Grosir PIN

PIN

Mesin Press Kaos & MUG

Flat-Heat-Press-Machine-CE

Slider

[cycloneslider id="slider1"]

Cara membuat cetakan keramik yang benar

Advertisment

Untuk membuat cetakan keramik, disini saya menjelaskan bagaimana cara membuat cetakan keramik untuk casting atau system tuang. Pada prinsipnya semua cetakan yang terbuat dari bahan keras pasti mengikuti prinsip ini. Kecuali bila bahan cetakannya terbuat dari bahan yang lentur seperti Silicon Rubber. Ada juga yang tidak mengikuti prinsip ini yaitu membuat patung dari perunggu, kuningan seperti pada pembuatan patung yang ada di Trowulan, Malang ( Jawa Timur ). Sedikit saya ceritakan mungkin berguna bagi anda. Untuk membuat patung di Trowulan,

pertama patung2 itu dibuat dari lilin yang sudah dicetak dahulu. Setelah itu hasil cetakan berupa lilin itu dibungkus dengan tanah liat yang dicampur pasir agar tidak mudah retak. Kemudian cetakan tanah liat yang didalamnya sudah ada patung lilin dikeringkan dengan sendirinya tanpa di jemur di matahari ( bisa leleh ). Setelah kering, lilin dikeluarkan dengan cara dipanasi dengan api kayu dll. Setelah lilinya tertuang semua, baru cetakan tersebut dituang dengan cairan perunggu atau tembaga. Itulah sekilas mengenai cetakan perunggu.

Advertisment

Kalau cetakan casting atau system tuang, anda bisa lihat kedua gambar dibawah. Warna coklat ditengah adalah model yang akan dibuat cetakan. sedangkan diluarnya adalah cetakan gypsum. Agar modelnya bisa diambil lagi setelah cetakan jadi, dan hasil tuang bisa dikeluarkan, cetakan harus dibagi menjadi dua bagian. Gambar 1 adalah membagi cetakan yang benar. Yaitu bagian atas dan bawah bila dibuka tidak ada yang tersangkut dengan model.

Gambar 2. membagi cetakan yang salah.Bagian A tidak tersangkut, sedang Bagian B tersangkut oleh model atau tidak bisa dibuka.

Gambar 1

Gambar 1

Gambar 2

Gambar 2

Cara membuat cetakan gypsum selengkapnya lihat disini
download link

Advertisment

4 Responses to Cara membuat cetakan keramik yang benar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel

Artikel baru akan selalu dikirim ke Email anda bila mendaftar, isi alamat Email yang benar, klik Daftar. Setelah itu cek Email anda untuk konfirmasi dengan klik link yang dikirim. Untuk lebih jelasnya, lihat "Cara Daftar" diatas

Masukkan alamat Email:

Delivered by FeedBurner

Video keramik88