HOME
Home » terracotta » How to Paint Terra Cotta

How to Paint Terra Cotta

Posted at Juni 29th, 2011 | Categorised in terracotta

Memang terlihat sangat sederhana, bila anda membeli terracotta, kemudian dicat dengan warna  cat berbasis minyak atau berbasis air, dan selesai. Mengapa saya membahasnya panjang lebar? Tahukah anda bahwa terracotta bisa meresap air dengan kuat ( high water absorbtion ), yang bisa membuat cat mudah mengelupas dan tidak tahan lama.

Untuk beberapa artikel kedepan saya akan membahas lebih banyak artikel mengenai terracotta, gerabah, karena saat ini saya juga lagi senang membuat terracotta. Semua kegiatan dan percobaan akan saya bagikan hanya untuk anda pecinta keramik88. Saya harap anda segera mengikuti nya, dan bisa berdiskusi, karena semua yang saya kerjakan dan saya coba tidak mengeluarkan banyak uang.

OK, kita kembali ke topic bahasan, untuk menghasilkan cat yang baik dan tahan lama, ada beberapa tahapan yang saya anjurkan:

Tahap 1. Bersihkan debu pada permukaan dengan menggunakan angin atau menggunakan kuas. Agar tidak menimbulkan gelembung/ melepuh  karena debu.




Tahap 2.Lapisan dasar dengan acrylic: Acrylic mempunyai sifat bila mengering akan membentuk seperti plastic, mengkilap seperti kaca tetapi lebih buram . Kalau sudah kering tidak larut dalam air. Dengan sifat acrylic tersebut, sangat baik untuk melindungi terracotta dari peresapan air kedalam pori-pori terracotta. Untuk pelapisan pertama, larutkan acrylic dengan air yang lebih banyak agar cairan mudah meresap lebih dalam pada permukaan terracotta. Lapisi bagian dalam dulu secara merata, kemudian keringkan dibawah terik matahari, agar lembab dari air cairan acrylic bisa menguap keluar, karena kelembaban bisa merusak cat yang ada dipermukaan. Acrylic yang saya pakai adalah lem merk Rajawali, anda bisa memakai merk lain asal bahannya PVAc ( Poly Vinyl Acetate).

Setelah bagian dalam kering anda bisa melapisi permukaan bagian luar, dan keringkan. Anda ulangi tahapan ini 2 sampai 3 kali, untuk yang kedua dan ketiga cairan bisa lebih kental dari yang pertama.

Tahap 3. Setelah tahap kedua selesai, anda bisa mulai untuk melapisi cat , bisa memakai cat acrylic, cat kayu, cat besi atau cat duco. Untuk melapisinya anda bisa memakai cara di kuas, spon, semprot, atau dicelup.Anda bisa memilih cara yang mudah bagi anda.

Jadi kesimpulannya, untuk membuat cat lebih baik dan tahan lama, adalah menghindarkan terjadinya kelembaban didalam terracotta, dengan melapisi/melindungi permukaan terracotta dengan lapisan plastik acrylic.

Semoga hari ini membuat anda bahagia, dan sukses.

No comment for How to Paint Terra Cotta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Enter Captcha Here : *

Reload Image

Related Post to How to Paint Terra Cotta

Small ceramic kiln

Posted at Juli 20, 2011

Small ceramic kiln atau Tungku keramik kecil  ini saya buat hanya untuk percobaan saja, dan tidak permanen. Semua bata yang saya pakai tidak direkat... Read More

Cara membuat cetakan Aromatherapy Gerabah

Posted at Juli 18, 2011

Kali ini saya akan mencoba menulis artikel tentang bagaimana cara membuat cetakan untuk Terracotta/ Gerabah/Tembikar, untuk menjelaskannya saya membuat sendiri langkah demi langkah dan... Read More

Cara membuat patung terracotta

Posted at Juni 27, 2011

Membuat patung terracotta, lebih leluasa karena tanah liat untuk terracotta sangat plastis, kalau kurang tebal atau kebanyakan waktu mengukir, bisa di tambal dengan mudah.... Read More

Perkiraan suhu dengan melihat warna tanah liat

Posted at Juni 25, 2011

Thermo control sebagai alat untuk melihat dan mengatur suhu, dan alat untuk mendeteksi suhu Thermocouple, cukup mahal untuk pengerajin genteng atap rumah atau pengerajin... Read More

Cara Membuat tungku Terracotta kecil

Posted at Juni 17, 2011

Tungku Terracotta kecil, hanya membutuhkan waktu 1 jam pembakaran,  ide ini saya peroleh setelah saya pergi ke desa Barat di Madiun, dimana banyak sekali... Read More