Visitor Keramik88


View My Stats

Grosir PIN

PIN

Mesin Press Kaos & MUG

Flat-Heat-Press-Machine-CE

Slider

[cycloneslider id="slider1"]

How to Paint Terra Cotta

Advertisment

Memang terlihat sangat sederhana, bila anda membeli terracotta, kemudian dicat dengan warna  cat berbasis minyak atau berbasis air, dan selesai. Mengapa saya membahasnya panjang lebar? Tahukah anda bahwa terracotta bisa meresap air dengan kuat ( high water absorbtion ), yang bisa membuat cat mudah mengelupas dan tidak tahan lama.

Untuk beberapa artikel kedepan saya akan membahas lebih banyak artikel mengenai terracotta, gerabah, karena saat ini saya juga lagi senang membuat terracotta. Semua kegiatan dan percobaan akan saya bagikan hanya untuk anda pecinta keramik88. Saya harap anda segera mengikuti nya, dan bisa berdiskusi, karena semua yang saya kerjakan dan saya coba tidak mengeluarkan banyak uang.

OK, kita kembali ke topic bahasan, untuk menghasilkan cat yang baik dan tahan lama, ada beberapa tahapan yang saya anjurkan:

Tahap 1. Bersihkan debu pada permukaan dengan menggunakan angin atau menggunakan kuas. Agar tidak menimbulkan gelembung/ melepuh  karena debu.



Advertisment


Tahap 2.Lapisan dasar dengan acrylic: Acrylic mempunyai sifat bila mengering akan membentuk seperti plastic, mengkilap seperti kaca tetapi lebih buram . Kalau sudah kering tidak larut dalam air. Dengan sifat acrylic tersebut, sangat baik untuk melindungi terracotta dari peresapan air kedalam pori-pori terracotta. Untuk pelapisan pertama, larutkan acrylic dengan air yang lebih banyak agar cairan mudah meresap lebih dalam pada permukaan terracotta. Lapisi bagian dalam dulu secara merata, kemudian keringkan dibawah terik matahari, agar lembab dari air cairan acrylic bisa menguap keluar, karena kelembaban bisa merusak cat yang ada dipermukaan. Acrylic yang saya pakai adalah lem merk Rajawali, anda bisa memakai merk lain asal bahannya PVAc ( Poly Vinyl Acetate).

Setelah bagian dalam kering anda bisa melapisi permukaan bagian luar, dan keringkan. Anda ulangi tahapan ini 2 sampai 3 kali, untuk yang kedua dan ketiga cairan bisa lebih kental dari yang pertama.

Tahap 3. Setelah tahap kedua selesai, anda bisa mulai untuk melapisi cat , bisa memakai cat acrylic, cat kayu, cat besi atau cat duco. Untuk melapisinya anda bisa memakai cara di kuas, spon, semprot, atau dicelup.Anda bisa memilih cara yang mudah bagi anda.

Jadi kesimpulannya, untuk membuat cat lebih baik dan tahan lama, adalah menghindarkan terjadinya kelembaban didalam terracotta, dengan melapisi/melindungi permukaan terracotta dengan lapisan plastik acrylic.

Semoga hari ini membuat anda bahagia, dan sukses.

Advertisment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel

Artikel baru akan selalu dikirim ke Email anda bila mendaftar, isi alamat Email yang benar, klik Daftar. Setelah itu cek Email anda untuk konfirmasi dengan klik link yang dikirim. Untuk lebih jelasnya, lihat "Cara Daftar" diatas

Masukkan alamat Email:

Delivered by FeedBurner

Video keramik88