HOME
Home » Ceramic Problems » Ceramic techniques » Avoid clay warp and crack after dry

Avoid clay warp and crack after dry

Posted at Juli 8th, 2011 | Categorised in Ceramic Problems, Ceramic techniques

Menghindari tanah liat melengkung dan retak setelah kering

Tanah liat yang dibentuk kotak dari potongan-potongan lembaran tanah liat lebih rentan untuk retak dari pada bila dibuat bentuk lainnya.

MENGAPA TANAH LIAT YANG DIBENTUK KOTAK BISA RETAK?
Tanah liat yang masih basah menyusut banyak ketika mengering. Jika tanah liat kotak dibiarkan mengering sendiri diatas papan padat, bagian bawah akan mengering lebih lama daripada bagian atas. Ini yang disebut pengeringan tidak merata yang akan mengakibatkan retak.

PRINSIP UMUM
1. Membangun sebuah kotak dari potongan-potongan tanah liat yang semuanya memiliki kekerasan yang sama pada saat merakit. Umumnya, perlu adanya suatu perencanaan.

2. Pada saat membuat potongan2 kotak, tunggu agak kering untuk bisa mulai merakit. Tambahkan sekitar 2 cm pada semua sisi, pada waktu basah, setelah cukup kering untuk disatukan/ dirakit baru dipotong lagi disesuaikan dengan ukuran yang diperlukan, ini untuk menghindari ujung-ujung siku yang bisa mengering dulu sebelum dirakit.

3. Pasang lembaran sebelum lembaran mendapatkan permukaannya mengeras. Gunakan tanah liat yang telah menguat, tetapi sementara Anda masih bisa membengkokkannya sedikit tanpa retak.  Pada kedua sisi yang direkatkan tambahkan tanah liat lunak agar bisa merekat dengan baik. Ini akan membuat tanah liat mempunyai variasi kekerasan yang berbeda.

4. Air dan  tanah liat lunak ditambahkan pada sisi-sisi. Hal ini menyebabkan daerah lebih lembut. Oleh karena itu, bungkus seluruh kotak dalam beberapa hari dengan plastik sebelum mulai dikeringkan. Hal meratakan kadar air diseluruh bagian kotak tanah liat. Sehingga meratakan kekerasan disemua bagian.

5. Kering dengan cara yang memungkinkan air untuk meninggalkan pada tingkat yang sama dari semua permukaan termasuk bagian bawah.

6. Bagian dalam kotak cenderung kering lebih lambat daripada bagian luar. Ini memungkinkan kecenderungan permukaan menjadi  cekung. Untuk menghindarinya dengan cara menggunakan lembaran sedikit cembung dan dengan mengeringkan kotak cukup lambat untuk menghindari permukaan cekung.

7. Mengeringkan  kotak tanah liat di rak kawat  yang memiliki BANYAK ruang udara di bawahnya. Paling sedikit 10 cm ruang udara di bawah setiap lapisan. Setidaknya cara ini lebih memungkinkan bagian bawah dan bagian lain mendapatkan udara dan mencapai pengeringan yang hampir sama. Tetapi tetap bagian luar akan mongering lebih cepat dari bagian dalam kotak.

Tanah liat tidak semua sama, beberapa jenis tanah liat menyusut lebih banyak daripada yang lain. Penambahan grog ( pecahan tanah liat yang sudah dibakar ) dan silika halus, akan mengurangi penyusutan. Penambahan serat kertas seperti paper clay sangat membantu untuk mengurangi penyusutan dan mengurangi keretakan tanah liat

No comment for Avoid clay warp and crack after dry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Enter Captcha Here : *

Reload Image

Related Post to Avoid clay warp and crack after dry

Thermal shock

Posted at Desember 30, 2011

Thermal shock atau kejutan suhu yang mendadak. Kejutan suhu yang menimpa keramik akan berakibat pecah, retak, crazing (retak seribu) atau peeling ( glasir mengelupas... Read More

Bagaimana temperatur bisa merubah tanah liat

Posted at November 7, 2011

Tungku menaikkan dan menurunkankan panas sampai pendinginan, membuat perubahan besar pada tanah liat, yang tadinya lunak, rapuh menjadi keras seperti batu, dan tahan air... Read More

Saya bisa membuat tembikar

Posted at Oktober 30, 2011

Ini adalah cerita dari Robinson Crusoe. Ketika akan membuat roti, saya membutuhkan beberapa wadah. Saya membutuhkan beberapa buah wadah untuk segala keperluan. Membuat wadah... Read More

Cara menuang cairan/bubur keramik ke cetakan

Posted at Oktober 16, 2011

How to pour the liquid / slurry into the ceramic mold Sebelum anda menuang cairan/bubur keramik kedalam cetakan gypsum, periksa dulu cairan dangan terlalu... Read More

How to test your slip

Posted at Agustus 25, 2011

Untuk mendapatkan hasil cetak tanah liat/ clay dengan system tuang ( casting ) sangat penting untuk selalu melakukan pengetesan, sebelum cairan tanah liat/clay (... Read More