HOME
Home » keramik » Keramik Tahan Panas atau Thermal Ceramics

Keramik Tahan Panas atau Thermal Ceramics

Posted at Juni 11th, 2009 | Categorised in keramik

Keramik Tahan Panas atau Thermal Ceramics

Keramik adalah perwujudan dari seni.

Tetapi kebanyakan keramik dibuat dari seni untuk kegunaan/dipakai misalnya tea set, floor tile, wall tile, dinner ware dll. Meskipun tidak sedikit yang membuat keramik dari seni untuk seni misalnya patung keramik, vas bunga yang hanya untuk hiasan, tidak digunakan untuk bunga.

Tetapi tahukah anda, bahwa untuk membuat keramik dibutuhkan kiln/oven/dapur yang harus tahan terhadap temperatur tinggi ( 1200’C atau lebih ).

Seperti kelihatannya permukaan oven terbuat dari plat besi, tetapi plat besi tidak tahan dengan panas yang begitu tinggi, dan akan meleleh.

Untuk itu didalam plat besi dipasang bahan yang tahan panas tinggi, didalam ruangan kiln/oven/dapur pada dinding, dasar, dan bagian atas.

Nah bahan yang tahan panas itu disebut Thermal Ceramic ( Keramik Tahan Panas )

Bukankah, barang keramik seperti cangkir, piring juga tahan panas?

Memang semua barang yang dibuat melalui proses pembakaran akan tahan pada temperatur waktu barang itu dibuat.

Tetapi kalau membuat dinding dari bahan keramik untuk cangkir, piriing, tidak tahan terhadap perubahan temperatur, Mungkin beberapa kali pembakaran saja akan mengalami retak dan pecah. Karena mengalami penyusutan dan pengembangan yang banyak.

Thermal Ceramic memang dibuat dengan peyusutan yang sekecil-kecilnya, ada yang bersifat sebagai isolasi panas antara ruangan dapur dengan diluar bahan Thermal ceramic itu, sehingga penutup oven yang biasanya dibuat dari plat besi tidak panas.

Ada yang sebagai pelapis untuk melindungi saja.

Beberapa jenis Keramik Tahan Panas ( Thermal Ceramic )

1. Insulating Firebricks – saya menyebutnya bata isolasi. Ini sangat tahan terhadap panas.

Biasanya berbentuk batu bata atau plat persegi panjang. Dan bisa mengisolasi panas didalam dapur pembakaran seperti yang saya sebutkan diatas.

Di pakai untuk dasar, dinding dan atap dapur/kiln.

2. Monolithics – Ini adalah Keramik tahan panas, tetapi bukan untuk isolasi, yang bentuknya seperti semen biasa, yang pengolahannya dicampur dengan air dan kemudian dituang setelah kering baru dipakai. Makanya disebut castable. Bahan ini sangat flexible karena bisa dibentuk sesuai kehendak kita. Pengalaman saya castable ini dituangkan diatas kereta barang keramik. Sehingga lebih rapi dan lebih kuat. Lebih bagus daripada kalau pakai beberapa batu disusun diatas kereta yang mudah mengembang dan melar kekanan-kiri.

3. Fibers – Jenis ini bentuknya seperti kapas, yang terbuat dari bahan-bahan keramik juga.seperti silica, alumina dsb. Fiber ini sangat bagus untuk isolasi, lebih bagus daripada Insulating Firebricks. Misalkan pemasangan dinding dengan tebal yang sama, pemakaian Fiber membuat lapisan permukaan dapur/kiln/oven lebih dingin.

Karena berbentuk kapas, tidak padat seperti bata maka Fiber mengalami susut yang sangat sedikit dan lebih tahan terhadap perubahan panas.

download link

2 Komentar for Keramik Tahan Panas atau Thermal Ceramics

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Enter Captcha Here : *

Reload Image

Related Post to Keramik Tahan Panas atau Thermal Ceramics

Types of Pottery

Types of Pottery

Posted at April 19, 2011

Ceramics Originally from the Greek keramos meaning pottery. Of or relating to the manufacture of, or any product such as earthenware, porcelain, or brick, made... Read More

Cara menuangkan lumpur keramik kedalam cetakan

Posted at Maret 24, 2011

Sebelum anda menuang lumpur ( slurry ) keramik, harus di periksa kekentalannya, jangan terlalu cair atau terlalu kental. Cara pengukurannya bisa anda lihat pada... Read More

Studio Keramik PPPPTK Yogyakarta

Posted at Maret 2, 2011

Dalam rangka memenuhi kebutuhan tenaga guru produktif untuk Sekolah Menengah Kejuruan, Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Seni dan Budaya Sleman... Read More

Ceramic Ball mill Machinery

Mencampur bahan keramik

Posted at Februari 15, 2011

Mencampur bahan keramik, pada awalnya hanya dicampur dengan tangan dan cangkul, kemudian diinjak-injak dengan kaki, kemudian ditambahkan air sedikit demi sedikit sampai merata. setelah... Read More

Keramik

Posted at Februari 12, 2011

Di Indonesia keramik dikenal dengan Gerabah, Tembikar atau periuk belanga. Pada jaman Hindu sudah dikenal keramik, dengan peninggalan tembikar, peralatan  untuk makan, tempat penyimpanan... Read More