Visitor Keramik88


View My Stats

Grosir PIN

PIN

Mesin Press Kaos & MUG

Flat-Heat-Press-Machine-CE

Slider

[cycloneslider id="slider1"]

Mengatasi masalah pembuatan lilin hias

Advertisment

Sebelum saya menambah artikel Membuat lilin hias, mungkin lebih baik kalau mengetahui beberapa masalah atau kesulitan yang timbul kalau anda baru mencoba membuat lilin hias. Sehingga menghasilkan yang terbaik dan tidak membuang waktu percuma. Ada beberapa masalah yang sering terjadi:

1. Api terlalu kecil. Disebabkan sumbu kecil, lilin terlalu keras. Solusi: Pakai sumbu yang lebih besar, kurangi Sterin.

2. Api terlalu  besar: Disebabkan sumbu lilin besar, lilin lunak. Solusi: Pakai sumbu yang lebih kecil, tambahkan Sterin.

3. Api cepat mati karena tenggelam: Disebabkan sumbu kecil, lilin lunak. Solusi: Pakai sumbu yang lebih besar, tambahkan Sterin.

Advertisment

4. Lilin meleleh keluar: Disebabkan lilin lunak, sumbu tidak ditengah, Solusi: Tambahkan Sterin, letakkan sumbu ditengah.

5. Susah dilepas dari cetakan: Disebabkan waktu menuang lilin terlalu panas, lilin lunak. Solusi: Tunggu beberapa saat sebelum menuang, tambahkan Sterin.

6. Permukaan lilin cekung: Disebabkan menyusut pada waktu dingin, belum ditambah ulang. Solusi: Panaskan cetakan, Tambahkan lilin cair setelah agak dingin.

7. Terlihat banyak garis horizontal: Disebabkan waktu menuang lilin kurang panas, cetakan terlalu dingin, campuran sterin kebanyakan, Solusi: Tambahkan suhu, panaskan cetakan sebelum dituang, kurangi jumlah sterin.

8. Bintik gelembung : Lilin waktu dituang suhunya kurang tinggi, menuang terlalu cepat. Solusi: Tambahkan suhu, tuang lebih perlahan

Advertisment

3 Responses to Mengatasi masalah pembuatan lilin hias

  • Nancy says:

    Pak, saya ada coba bikin lilin parafin dengan memakai cetakan silicon rubber, tapi pada saat cetakan dibuka dan lilin dikeluarkan ada banyak gelembung.Kalau mau menaikan suhu, kira kira idealnya berapa derajat baru dituang ke cetakan?

    Thanks,

    • admin says:

      temperatur lilin maksimal 70C, maksudnya supaya gelembung bisa cepat naik keatas.setelah diangkat, diamkan selama 5 -15 menit agar gelembung bisa naik keatas dan pecah diatas permukaan. setelah itu tuang perlahan.

  • achmadginanto says:

    apa bapak ada jual bahan pembuat lilin hias?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel

Artikel baru akan selalu dikirim ke Email anda bila mendaftar, isi alamat Email yang benar, klik Daftar. Setelah itu cek Email anda untuk konfirmasi dengan klik link yang dikirim. Untuk lebih jelasnya, lihat "Cara Daftar" diatas

Masukkan alamat Email:

Delivered by FeedBurner

Video keramik88