HOME
Home » Kreasi Lilin Hias » Mengatasi masalah pembuatan lilin hias

Mengatasi masalah pembuatan lilin hias

Posted at September 1st, 2010 | Categorised in Kreasi Lilin Hias

Sebelum saya menambah artikel Membuat lilin hias, mungkin lebih baik kalau mengetahui beberapa masalah atau kesulitan yang timbul kalau anda baru mencoba membuat lilin hias. Sehingga menghasilkan yang terbaik dan tidak membuang waktu percuma. Ada beberapa masalah yang sering terjadi:

1. Api terlalu kecil. Disebabkan sumbu kecil, lilin terlalu keras. Solusi: Pakai sumbu yang lebih besar, kurangi Sterin.

2. Api terlalu  besar: Disebabkan sumbu lilin besar, lilin lunak. Solusi: Pakai sumbu yang lebih kecil, tambahkan Sterin.

3. Api cepat mati karena tenggelam: Disebabkan sumbu kecil, lilin lunak. Solusi: Pakai sumbu yang lebih besar, tambahkan Sterin.

4. Lilin meleleh keluar: Disebabkan lilin lunak, sumbu tidak ditengah, Solusi: Tambahkan Sterin, letakkan sumbu ditengah.

5. Susah dilepas dari cetakan: Disebabkan waktu menuang lilin terlalu panas, lilin lunak. Solusi: Tunggu beberapa saat sebelum menuang, tambahkan Sterin.

6. Permukaan lilin cekung: Disebabkan menyusut pada waktu dingin, belum ditambah ulang. Solusi: Panaskan cetakan, Tambahkan lilin cair setelah agak dingin.

7. Terlihat banyak garis horizontal: Disebabkan waktu menuang lilin kurang panas, cetakan terlalu dingin, campuran sterin kebanyakan, Solusi: Tambahkan suhu, panaskan cetakan sebelum dituang, kurangi jumlah sterin.

8. Bintik gelembung : Lilin waktu dituang suhunya kurang tinggi, menuang terlalu cepat. Solusi: Tambahkan suhu, tuang lebih perlahan

3 Komentar for Mengatasi masalah pembuatan lilin hias

  • Nancy berkata:

    Pak, saya ada coba bikin lilin parafin dengan memakai cetakan silicon rubber, tapi pada saat cetakan dibuka dan lilin dikeluarkan ada banyak gelembung.Kalau mau menaikan suhu, kira kira idealnya berapa derajat baru dituang ke cetakan?

    Thanks,

    • admin berkata:

      temperatur lilin maksimal 70C, maksudnya supaya gelembung bisa cepat naik keatas.setelah diangkat, diamkan selama 5 -15 menit agar gelembung bisa naik keatas dan pecah diatas permukaan. setelah itu tuang perlahan.

  • achmadginanto berkata:

    apa bapak ada jual bahan pembuat lilin hias?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Enter Captcha Here : *

Reload Image

Related Post to Mengatasi masalah pembuatan lilin hias

Cara mudah membuat lilin hias

Posted at Juli 21, 2015

Lilin hias banyak digunakan untuk souvenir pernikahan atau even2 tertentu.  Banyak juga yang usahanya sukses dengan lilin hias. Bagaimana cara membuatnya? Sebetulnya sangat mudah... Read More

Promotion gift

Posted at Desember 20, 2012

Membuat Promotion gift atau Hadiah plus promosi  merupakan suatu kebutuhan produsen untuk memperkenalkan keberadaan  produknya kepada setiap konsumen. Dan tidak diragukan lagi kalau produsen... Read More

Inkjet Water-Slide Decal Paper

Posted at Februari 15, 2012

Inkjet Water-Slide Decal Paper atau Kertas decal yang permukaannya dilapisi lem, sehingga bila ada lapisan varnish diatasnya bisa terangkat atau lepas bila dimasukkan kedalam... Read More

Variasi tempat lilin

Variasi tempat lilin

Posted at September 1, 2010

Banyak macam tempat atau wadah untuk lilin tuang. yang banyak dijumpai adalah tempat lilin dari gelas, mangkuk  dari kaca. Mungkin anda bisa kreasi sendiri... Read More